Urutan Tahapan Sintesis Protein Yang Benar Adalah

Langkah langkah sintesis protein yang benar adalah?

  • DNA membentuk mRNA untuk membawa kode sesuai urutan basa N-nya.
  • mRNA meninggalkan inti, pergi ke ribosom dalam sitoplasma.
  • tRNA datang membawa asam amino yang sesuai dengan kode, lalau tRNA bergabung dengan mRNA sesuai dengan kode pasangan basa N.
  • Langkah langkah proses sintesis protein transkripsi?
    Proses transkripsi dalam sintesis protein terdiri dari tiga tahap, yaitu inisiasi (permulaan), elongasi (pemanjangan) dan terminasi (pengakhiran) rantai mRNA.

    Urutan langkah sintesis protein yang benar adalah brainly?

    Urutan-urutan tahapan sintesis protein adalah transkripsi dan translasi. Transkripsi terjadi di inti dimana DNA membentuk RNA duta. Translasi terjadi di sitoplasma dimana terbentuk proteib dari asam amino.

    Apakah hasil akhir dari sintesis protein yang di bawa oleh RNAt?

    b. Translasi, yaitu proses penerjemahan RNAd menjadi asam amino oleh RNAt yang terjadi di ribosom. Kemudian hasil akhir sintesis protein berupa rangkaian asam amino atau polipeptida yang kemudian lebih kita kenal dengan nama protein.

    Jelaskan apa yang dimaksud dengan sintesis protein?

    Sintesis protein merupakan proses pembentukan protein yang melibatkan peran DNA dan RNA. RNA sendiri adalah materi genetik yang basa nitrogennya terdiri dari Adenin (A), Guanin (G), Sitosin (C) dan Urasil (U). Secara sederhana, sintesis protein terdiri dari dua tahap, yaitu transkripsi dan translasi.

    Bagaimana protein dapat terjadi?

    Proses sintesis protein dimulai ketika ikatan hidrogen DNA hasil replikasi dipecah atau diputus oleh enzim RNA polymerase. Kemudian rantai DNA tersebut dikode oleh mRNA. Sintesis protein terjadi melalui dua tahap, yaitu transkripsi yang dilanjutkan dengan translasi.

    Bagaimana proses translasi yang terjadi pada sintesis protein?

    Translasi adalah sintesis polipeptida dari mRNA untuk menentukan urutan-urutan asam amino yang akan membentuk suatu protein. Translasi terjadi di ribosom. Pada tahap ini, sel harus menerjemahkan kode gentik atau kodon. Kodon adalah tiga nukleotida pada urutan mRNA yang dapat diterjemahkan menjadi urutan asam amino.

    Baca Juga :  Membuang Sampah Sembarangan Dapat Mengakibatkan

    Bagaimana proses transkripsi dan translasi yang berlangsung dalam sel?

    Proses transkripsi terjadi di dalam inti sel, sedangkan translasi berlangsung di sitoplasma, sehingga RNA harus dikeluarkan dari inti sel ke sitoplasma. Transkripsi merupakan proses pembentukan molekul RNA dengan menggunakan DNA sebagai cetakannya.

    Jelaskan apa yang dimaksud dengan transkripsi dan translasi?

    Transkripsi adalah proses menyalin datayang terdapat pada rantai sense (3′–>5″) DNA.Translasi adalah proses proses penerjemahan kodon menjadi asam aminodan menyambungkan setiap asam amino yang sesuai kodon dengan ikatan peptida menjadi protein.

    Jelaskan apa yang dimaksud translasi?

    Translasi (Pergeseran)

    Translasi merupakan jenis transformasi yang memindahkan suatu titik sepanjang garis lurus dengan arah dan jarak. Artinya, translasi itu hanya perpindahan titik ya.

    2 apa hasil akhir dari sintesis protein?

    Adapun hasil akhir dari sintesis protein ini adalah terbentuknya protein fungsional, seperti enzim, hormon, keratin, dan haemoglobin.

    Apa yang dimaksud dengan sintesis protein brainly?

    Jawaban: Sintesis protein adalah proses pembentukan protein di dalam tubuh oleh RNA atas perintah dari DNA.

    Apa yang dimaksud dengan sintesis lemak?

    Sintesis (pembentukan) maupun pembongkaran lemak terjadi dengan bantuan enzim lipase. Apabila gliserol ditambah tiga molekul asam lemak akan tersusuk suatu ester yg disebut lemak. Enzim lipase juga dapat membongkat lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Oleh sebab itu, reaksi ini berlangsung secara bolak-balik.

    Protein diproduksi dimana?

    Sintesis protein berlangsung di dalam ribosom (juga nukleus) dengan menghasilkan protein yang nonspesifik atau sesuai mRNA yang ditranslasi.

    Bagaimana protein bisa terbentuk dari asam amino?

    Untuk membentuk peptida dan protein, asam amino akan membentuk ikatan peptida dengan molekul asam amino lainnya. Peptida terbentuk karena adanya ikatan antara amida pada gugus amino dengan gugus hidroksil pada molekul lainnya melalui proses kondensasi.

    Baca Juga :  Bagaimana Cara Pemerintah Meningkatkan Mutu Tenaga Kerja Indonesia

    Manakah pernyataan berikut yang benar a pada sel padi transkripsi berlangsung di dalam inti sel sedangkan translasi berlangsung di sitoplasma?

    Pada soal, pernyataan yang sesuai adalah sel padi merupakan sel eukariotik, sehingga transkripsi berlangsung di dalam inti sel, sedangkan translasi berlangsung di sitoplasma.

    Jelaskan langkah langkah dalam proses transkripsi?

    Transkripsi merupakan proses pembentukan RNA dari salah satu pita cetakan DNA (DNA sense). Pada tahap ini, akan menghasilkan 3 jenis RNA, yaitu mRNA, tRNA dan rRNA. Tahap ini dapat berlangsung di dalam sitoplasma dengan diawali proses pembukaan rantai ganda yang dimiliki oleh DNA dengan bantuan enzim RNA polimerase.

    Proses translasi dirangkum dalam tiga tahap, yaitu inisiasi, elongasi (pemanjangan) dan terminasi (penyelesaian).

    b. Translasi, yaitu proses penerjemahan RNAd menjadi asam amino oleh RNAt yang terjadi di ribosom. Kemudian hasil akhir sintesis protein berupa rangkaian asam amino atau polipeptida yang kemudian lebih kita kenal dengan nama protein.

    About tissa

    Check Also

    Bagaimana Cara Mengukur Kuat Arus Listrik Dengan Amperemeter

    Bagaimana cara mengukur kuat arus listrik? cara mengukur kuat arus dan tegangan listrik adalah dapat …

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.