Thalasemia Adalah Penyakit Yang Tidak Dapat Dicegah Karena Merupakan Penyakit

Apa penyebab terjadinya penyakit thalasemia?

Penyebab Thalassemia

Mutasi yang terjadi pada DNA yang membuat hemoglobin pembawa oksigen ke seluruh tubuh merupakan penyebab seseorang bisa mengidap thalassemia. Penyakit ini terjadi akibat kelainan pada faktor genetik, tetapi penyebab pasti mutasi gen ini bisa terjadi belum diketahui.

Apakah penyebab penyakit thalasemia dan anemia?

Thalasemia terjadi akibat kelainan genetik. Gen yang mengalami kelainan (mutasi) adalah gen yang menghasilkan komponen sel darah merah (hemoglobin). Kondisi ini menyebabkan gangguan produksi sel darah merah yang sehat, sehingga sel darah merah akan lebih cepat dihancurkan.

Apakah penyakit thalassemia dapat dicegah?

Penyakit ini menarik perhatian dunia lantaran tak bisa disembuhkan, namun sebenarnya dapat dicegah. Dokter ahli hematologi onkologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Pustika Amalia menjelaskan thalassemia merupakan kelainan bawaan sel darah merah yang tidak memiliki protein.

Apa pantangan thalasemia?

Oleh para dokter, para penderita thalassemia biasanya diminta menjalankan diet zat besi. Karena itu, cukup banyak makanan yang harus dipantang oleh mereka. Makanan pantangan itu antara lain daging berwarna merah, hati, ginjal, sayur-mayur berwarna hijau, roti, gandum, alkohol, serta telur ayam dan telur bebek.

Apakah penyakit hemofilia dan thalassemia dapat dicegah?

Karena itu, kedua kondisi ini belum bisa juga dicegah 100% kemunculannya. Yang jelas, risiko Anda mengalami hemofilia dan thalasemia akan meningkat jika ada kerabat dekat Anda yang juga mengalami penyakit serupa.

Bagaimana Cara Cek Thalasemia?

  • Complete Blood Count (CBC) Complete Blood Count digunakan untuk mengukur jumlah haemoglobin dan berbagai jenis sel darah merah.
  • 2. Tes Hemoglobin.
  • Uji Prenatal.
  • Transfusi Darah.
  • 2. Terapi Kelasi Besi.
  • Mengonsumsi Makanan Sehat.
  • Mengapa thalasemia bisa menyebabkan gagal jantung?

    “Thalasemia atau kelainan darah bisa menimbulkan komplikasi serius, salah satunya gagal jantung. Kondisi ini disebabkan oleh kelebihan zat besi yang memicu kardiomiopati atau kelainan pada otot jantung. Bila dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini bisa berujung pada gagal jantung.”

    Baca Juga :  Kenapa Bisa Terjadi Mimisan

    Apa beda anemia dan Thalasemia?

    "Anemia defisiensi besi disebabkan oleh kekurangan zat besi dan hemoglobin. Sedangkan talasemia merupakan penyakit turunan yang mana bentuk hemoglobinnya tidak beraturan,” kata Dr Khaled El-Ghariani, seorang konsultan hematologi yang berbasis di Rumah Sakit Pendidikan Sheffield Royal Hallamshire.

    Apa yang dimaksud dengan penyakit thalasemia?

    Thalassemia merupakan penyakit keturunan (kelainan genetik) akibat kelainan sel darah merah dimana rantai globin-α atau β pembentuk hemoglobin utama tidak terbentuk sebagian atau tidak ada sama sekali.

    Apa penyebab dan gejala anemia?

    Penyebab Anemia

    Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehat atau hemoglobin. Akibatnya, sel-sel dalam tubuh tidak mendapat cukup oksigen dan tidak berfungsi secara normal (hipoksemia). Secara garis besar, anemia terjadi akibat tiga kondisi berikut ini: Produksi sel darah merah yang kurang.

    Kapan seseorang membutuhkan transfusi darah?

    Secara umum, dikutip dari American Family Physician, tanda atau indikasi seseorang memerlukan transfusi darah adalah: Anemia dengan gejala sesak napas, pusing, gagal jantung kongestif, dan tak dapat menoleransi aktivitas olahraga. Penyakit anemia sel sabit akut.

    Kenapa orang butuh donor darah?

    Donor darah seringkali dibutuhkan untuk menggantikan darah yang hilang akibat operasi atau cedera. Namun, selain itu, sumbangan darah ini juga dibutuhkan bagi orang yang mengidap penyakit tertentu yang mencegah tubuhnya membuat darah atau beberapa komponen darah dengan benar.

    Kenapa orang harus transfusi darah?

    Mengganti darah yang hilang karena perdarahan misalnya perdarahan saat melahirkan, Mengganti kehilangan plasma darah misalnya pada luka bakar, Mencegah dan mengatasi perdarahan karena kekurangan/kelainan komponen darah misalnya pada penderita thalasemia.

    HB 7 apakah perlu transfusi?

    Sekali lagi umumnya kadar hb <7 sudah merupakan indikasi untuk dilakukan tranfusi darah. Sebaiknya tanyakan / konsultasikan kembali dengan dokter yang menangani Anda untuk penanganan lebih lanjut. Jangan lupa untuk menanyakan penyebab anemia itu dapat terjadi.

    Baca Juga :  Penyakit Cacar Berapa Lama

    Penderita thalasemia harus mengurangi konsumsi vitamin apa?

    Namun, ada juga makanan yang sebaiknya dihindari oleh orang yang terkena thalasemia. Di antaranya vitamin C, daging, unggas, makanan laut, acar, kecap, cuka dan minuman beralkohol karena makanan ini menyerap zat besi yang sangat tinggi dalam tubuh.

    Mengapa terjadi perubahan bentuk pada tulang wajah pasien thalasemia?

    Perubahan ini terjadi akibat sumsum tulang yang terlalu aktif bekerja untuk menghasilkan sel darah merah, pada Thalassemia bisa menyebabkan penebalan dan pembesaran tulang terutama tulang kepala dan wajah, selain itu anak akan mengalami pertumbuhan yang terhambat.

    Apa penyebab hemofilia dan thalasemia?

    Halodoc, Jakarta - Hemofilia dan thalassemia merupakan penyakit darah manusia yang disebabkan oleh kelainan genetik.

    Apa penyakit kelainan darah yang tidak dapat disembuhkan?

    Thalassemia adalah kelainan sel darah merah yang hingga kini tak dapat disembuhkan, tetapi bisa dicegah. Ini caranya. Klikdokter.com, Jakarta Mungkin banyak yang merasa asing dengan thalassemia (talasemia). Padahal, penyakit ini menempati urutan kelima kasus terbanyak di Indonesia.

    Berapa biaya tes Thalasemia?

    "Skrining hanya sekitar Rp 400 ribu, tapi bisa mencegah thalassemia yang menghabiskan biaya pengobatan Rp 400 juta.

    Pemeriksaan laboratorium apakah yang dapat dilakukan untuk menegakkan diagnosis thalassemia?

  • Pemeriksaan darah lengkap.
  • 2. Blood smear.
  • Pengamatan zat besi.
  • Pemeriksaan elektroforesis hemoglobin.
  • Pemeriksaan genetik keluarga.
  • 6. Tes prenatal.
  • Cek retikulosit untuk apa?

    Pemeriksaan hitung retikulosit dilakukan untuk mengukur jumlah sel darah merah muda dalam volume darah tertentu.

    Gangguan atau penyakit yang menyerang pada darah Diantaranya adalah thalasemia dimana kondisi ini ditandai dengan?

    Thalasemia adalah ketidakmampuan memproduksi sel darah merah dan hemoglobin, merujuk kepada sekelompok penyakit kelainan darah genetik atau penyakit bawaan yang ditandai oleh kerusakan produksi sel darah atau struktur hemoglobin, protein ditemukan di dalam sel-sel darah merah.

    Baca Juga :  Apa Itu Kelenjar Tiroid

    Apakah Thalasemia termasuk kanker darah?

    Berdasarkan definisinya sudah terlihat perbedaan bahwa thalassemia adalah gangguan pada sel darah merah sedangkan leukemia merupakan kanker sel darah putih.

    Kelahiran pasien Thalassemia mayor dapat dihindari dengan mencegah perkawinan antara dua orang pembawa sifat Thalassemia. Pada pasangan orang tua yang salah satunya pembawa gen Thalassemia Minor, berisiko mempunyai anak pasien Thalassemia Minor 50%.

    Oleh para dokter, para penderita thalassemia biasanya diminta menjalankan diet zat besi. Karena itu, cukup banyak makanan yang harus dipantang oleh mereka. Makanan pantangan itu antara lain daging berwarna merah, hati, ginjal, sayur-mayur berwarna hijau, roti, gandum, alkohol, serta telur ayam dan telur bebek.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *