Termometer Raksa Tidak Dapat Mengukur Suhu Yang Sangat Tinggi Karena

Apakah raksa dapat mengukur suhu yang sangat tinggi?

Hal ini karena pada suhu yang sangat tinggi pemuaian raksa menjadi.. a. lebih besar.

Mengapa raksa tidak dapat digunakan dalam termometer untuk mengukur suhu 60 derajat?
Jawaban terverifikasi ahli. Termometer raksa hanya dapat mengukur hingga suhu -39°C. Jadi, raksa akan membeku saat mencapai suhu -39°C dan tidak dapat dipergunakan untuk mengukur titik beku raksa yang mencapai -112°C.

Mengapa termometer air raksa tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat tinggi?

Jawaban: Termometer air raksa tidak dapat mengukur suhu yang sangat tinggi, sebab pada suhu yang sangat tinggi pemuaian air raksa menjadi tidak teratur.

Mengapa air raksa dan alkohol digunakan untuk mengisi termometer jelaskan?

Mudah dilihat karena air raksa dapat memantulkan cahaya. a. Alkohol segera dapat mengambil kalor dari benda yang diukur walaupun tidak secepat raksa, sehingga suhu alkohol segara sama dengan suhu benda yang diukur.

Apa kerugian air raksa dan alkohol sebagai pengisi termometer?

Kekurangan: - Harganya relatif mahal. (<−39°C). - Bahannya bersifat beracun.

Apa kelebihan dan kekurangan raksa sebagai pengisi termometer?

Air Raksa tidak membasahi dinding pipa kapiler, sehingga pengukurannya menjadi teliti. f. Air Raksa cepat mengambil panas dari suatu benda yang sedang diukur. - Kekurangan dari Termimeter Air Raksa, antara lain : c. Air Raksa termasuk zat beracun sehingga berbahaya apabila tabungnya pecah.

Apa keuntungan dan kerugian air raksa sebagai pengisi termometer?

- Memiliki ketelitian untuk perubahan suhu sangat kecil karena pemuainnya cukup besar. - Mampu mengukur suhu rendah karena titik bekunya rendah, yaitu -112°C. Kekurangan: - Titik didihnya termasuk rendah yaitu 78°C, tidak cocok mengukur suhu tinggi.

Baca Juga :  Badan Semakin Kurus Apa Penyebabnya

Apakah pemuaian raksa teratur?

Raksa adalah logam yang pemuaiannya Linear, dan akan memuai (memanjang bila dipanaskan) secara teratur, sehingga akurat dalam mengukur suhu.

Berapa lama cek suhu tubuh dengan termometer?

Tunggu sekitar 20-30 menit agar hasil yang didapat lebih akurat. Selesai berolahraga dan mandi air panas, jangan langsung mengukur suhu tubuh menggunakan termometer. Beri jeda waktu sekitar satu jam. Jika menggunakan termometer mulut, letakkan termometer di bawah lidah dan katupkan bibir erat-erat.

Langkah langkah penggunaan termometer air raksa?

Termometer air raksa

Cara menggunakan jenis termometer ini di bawah lidah untuk mengukur suhu tubuh. Namun, pastikan Anda membersihkan termometer air raksa sebelum memasukkannya ke area mulut. Saat diletakkan di bawah lidah, air raksa yang berada dalam tabung gelas kaca akan naik ke ruang kosong dalam tabung.

Raksa tidak membasahi dinding kaca ketika memuai atau menyusut. Titik bekunya rendah (-40°C) dan titik didihnya tinggi (350°C), sehingga bisa mengukur suhu yang relatif rendah ataupun suhu relatif tinggi. Mudah menyerap panas, sehingga cepat menunjukkan suhu.

Mudah dilihat karena air raksa dapat memantulkan cahaya. a. Alkohol segera dapat mengambil kalor dari benda yang diukur walaupun tidak secepat raksa, sehingga suhu alkohol segara sama dengan suhu benda yang diukur.

About tissa

Check Also

Jadi Mengapa Diare Dapat Sangat Berbahaya

Mengapa diare sangat berbahaya jelaskan? Kenapa diare bisa sebabkan kematian? Saat diare, tubuh akan kehilangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *