Teratai Dapat Terapung Diatas Air Karena Memiliki

Teratai dapat terapung diatas air karena memiliki apa?

Daun teratai lebar dan tipis, sehingga mempermudah penguapan air dari tanaman tersebut dan penyerapan cahaya matahari. Batang dan akar teratai memiliki rongga-rongga udara. Karena itulah teratai dapat tumbuh terapung di air.

Mengapa teratai mampu bertahan hidup di dalam air?

Teratai memiliki kantong apung yang berguna sebagai tempat untuk menyimpan udara. Fungsinya seperti pelampung. Kantong apung juga berguna untuk menjaga keseimbangan di permukaan air, sehingga tumbuhan ini tidak terbalik bila terkena arus atau gelombang. Teratai dapat tumbuh di air yang kotor dan berlumpur.

Mengapa tumbuhan teratai dan eceng gondok dapat terapung di atas air?

Pembahasan: ⇒ Teratai memiliki batang berongga yang berfungsi sebagai keluar masuknya udara. Dengan demikian teratai dapat bernafas meski akar dan batangnya berada di dalam air. Batang menggelembung inilah yang menyebabkan eceng gondok dapat mengapung di air seperti halnya teratai.

Mengapa tumbuhan eceng gondok dapat terapung di air?

Ternyata, eceng gondok dapat mengapung di air karena memiliki batang berongga yang berisi udara.

Mengapa tanaman bunga teratai tumbuh di air?

Teratai termasuk tumbuhan yang hidup di air yang biasanya disebut hidrofit. Daun teratai lebar, tipis, dan terletak di permukaan air. Bentuk daun seperti itu berguna untuk memenuhi kebutuhan udara dan cahaya matahari serta memperbanyak penguapan. Itulah sebabnya, teratai tidak membusuk walaupun hidup di air.

Mengapa tumbuhan eceng gondok dapat mengapung di perairan brainly?

Jawaban: eceng gondok merupakan tumbuhan yang hidup di air. Eceng gondok dapat terapung karena mempunyai tangkai daun menggembung yang berisi udara. Selain untuk mengapung, rongga udara tersebut juga berfungsi untuk bernapas atau pertukaran gas.

Baca Juga :  Tumbuhan Yang Dapat Dicangkok

Mengapa tumbuhan eceng gondok dapat bertahan hidup di perairan?

Jawaban: karena, Enceng gondok hanya dapat hidup di air(habitatnya di air) terutama di air yang mengandung nutrien yang tinggi, kaya akan nitrogen, fosfat dan potasium (Laporan FAO).

Bagaimana teratai dapat bernapas dengan akar dan batang yang berada di dalam air?

teratai bisa bernafas karena akar dan batangnya berongga.

Bagaimana cara batang dan akar teratai bernapas di dalam air?

Cara batang dan akar pada teratai bernapas dalam air adalah dengan menggunakan rongga-rongga udara yang terletak pada batang juga akar tersebut. Dalam hal ini, batang dan akar pada teratai memiliki rongga-rongga udara.

Bagaimana cara bunga teratai mengambil oksigen?

karena memiliki batang yang berrongga, rongga udara yang terdapat dalam batang teratai berfungsi agar oksigen dapat terbawa secara sempurna ke batang dan akar teratai. Karena akar teratai berada di air maka batang teratai yang berongga akan membantu mengantarkan oksigen ke akar dan tetap bisa bernafas.

Bagaimana cara teratai menyerap cahaya matahari sebanyak banyaknya?

Bunga teratai memiliki daun yang bundar dan lebar agar dapat menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya. Ketika mendapatkan cahaya matahari, bunga teratai dapat menguapkan air dan melakukan fotosintesis.

Teratai merupakan tumbuhan air berdaun lebar dan memiliki stomata yang banyak untuk beradaptasi terhadap lingkungan air apa tujuan adaptasi dari tumbuhan teratai?

DAUN LEBAR DAN TIPIS pada tanaman teratai merupakan bentuk adaptasi yang bertujuan untuk MEMPERCEPAT PENGUAPAN air dan juga untuk penyerapan sinar matahari yang lebih baik. Teratai merupakan tanaman air yang hidup mengambang di atas permukaan air yang tenang.

Apa ciri khusus dan manfaat dari tumbuhan teratai?

Ciri khusus tumbuhan teratai dan fungsinya adalah memiliki daun tipis dan lebar untuk mempercepat penguapan, daun teratai memiliki banyak stomata untuk mempercepat penguapan, permukaan daun teratai tidak memiliki lapisan lilin untuk mempercepat penguapan.

Baca Juga :  Berapa Bagian Tubuh Cacing

Apa ciri khusus yang dimiliki oleh cicak?

Ciri

  • Ciri-Ciri Hewan Cicak. - Dapat memutuskan ekornya untuk melarikan diri dari pemangsa. - Memiliki kaki yang merekat untuk memanjat. - Memiliki panjang 7 sampai 15 cm. - Memiliki warna cokelat. - Memiliki lidah yang lengket dan panjang untuk menangkap serangga. Apa ciri-ciri habitat cicak?
  • Ciri-Ciri Habitat Cicak:
  • Apa ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh bunga mawar?

    Ciri-ciri bunga mawar merah yaitu sebagai berikut:

  • Kelopak bunganya berwarna merah dengan bentuk yang sangat indah.
  • Bagian batangnya berduri tajam dan daunnya bergerigi di bagian samping.
  • Teratai dan eceng gondok dapat selalu mengapung di permukaan air karena memiliki batang yang berongga/ menggelembung (batang pengapung) yang berisi udara.

    Ternyata, eceng gondok dapat mengapung di air karena memiliki batang berongga yang berisi udara.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *