Sungai Kapuas Terdapat Di Pulau

Sungai Kapuas terdapat di pulau apa?

Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Dinobatkan sebagai sungai terpanjang, sungai Kapuas memiliki panjang mencapai 1.143 kilometer dengan lebar 70-150 meter. Aliran sungai Kapuas dimulai dari Pegunungan Muller sampai Selat Karimata (Laut China).

Sungai Musi ada di mana?

Sungai Musi adalah sebuah sungai yang terletak di provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Dengan panjang 750 km, sungai ini merupakan yang terpanjang di pulau Sumatera dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian.

Sungai Barito terletak di pulau apa?

Barito River

Sungai Kapuas melewati kabupaten kota apa saja?

Sungai besar utama dan terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas yaitu 1.086 km (daerah yang dilalui adalah Kabupaten Kapuas Hulu, Kab. Sintang, Kab, Sanggau, Kab.

Hulu Sungai Musi ada dimana?

Sungai Musi merupakan Sungai terpanjang di pulau Sumatra, dengan panjang 750 kilometer dengan lebar antara 200-300 meter. Hulunya berada di Ujan Mas Kabupaten Kepahyang Bengkulu dan hilirnya bermuara menuju selat Bangka.

Apakah Sungai Musi merupakan sarana transportasi utama di Indonesia?

Sungai Musi sendiri merupakan sebuah sungai yang pemanfaatannya salah satunya adalah sebagai sarana transportasi utama di Indonesia. Ada beberapa objek wisata yang terletak di sekitar sungai Musi seperti halnya Kampung Kapitan, kampung Arab, Benteng Kuto Besak, Pulau Kemaro dan Jembatan Ampera.

Berapakah panjang Sungai Citarum?

Citarum River

Apa itu DAS Citarum?

Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum merupakan DAS terbesar dan terpanjang di Provinsi Jawa Barat, secara geografis berada pada 106°51'36” - 107°51' BT dan 7°19' - 6°24' LS. Daerah Aliran Sungai Citarum memiliki luas 661.015 Ha dengan panjang sungai utama 269 Km ini terdapat 12 Sub DAS yang terdiri dari Sub DAS Citarum

Baca Juga :  Kapan Hari Buruh Nasional

Berapa lebar Sungai Citarum?

Semua waduk tersebut berada dalam satu aliran Sungai Citarum dan berada di 4 kabupaten (Cianjur, Bandung Barat, Purwakarta, dan Karawang).

Kondisi Fisik dan Spasial.

Dibangun pada tahun 1957
Lebar Puncak 10 m
Elevasi Puncak 650,5 m
Volume Tubuh Bendungan 2,79 juta m3
Manfaat Irigasi Pertanian, Pembangkit Listrik 700 MW

Sungai Kahayan melewati kabupaten apa saja?

Sungai Kahayan bermuara pada 3 kabupaten/kota antara Kota Palangkaraya, Kabupaten Gunung Mas, dan Kabupaten Pulang Pisau dan juga berakhir bermuara di Laut Jawa.

Apa nama sungai Palangkaraya?

Di wilayah Kota Palangka Raya terdapat tiga sungai/anak sungai besar, yaitu Sungai Kahayan, Sungai Rungan dan Sungai Sabangau.

Apa manfaat sungai di kalimantan?

Selain sebagai sarana transportasi, sungai juga digunakan untuk berbagai hal. Salah satu hal yang penting bagi pemanfaatan sungai di Banjarmasin adalah pengairan dan irigasi yang banyak dilakukan di tempat-tempat pertanian khusus yang digunakan sebagai salah satu manfaat utama sungai ini.

Sungai di Kalimantan digunakan untuk apa?

Jawaban: Sungai Kapuas, Sungai Barito, Dan sungai Mahakam adalah Sungai yang dimanfaatkan sebagai Sarana Transportasi Air Di Pulau Kalimantan.

Siapakah Pencipta Lagu Daerah Kalimantan Barat yang berjudul Sungai Kapuas?

Lirik lagu Sungai Kapuas karya Paul Putra Frederick adalah lagu Melayu yang dimodifikasi musiknya menjadi lagu daerah Kalimantan Barat. Lagu tersebut berkisah tentang Sungai Kapuas yang ada di kota Pontianak.

Apa nama Provinsi Kalbar?

Kalimantan Barat (disingkat Kalbar) adalah sebuah provinsi di Indonesia, yang berada di pulau Kalimantan, dengan ibu kota atau pusat pemerintahan berada di kota Pontianak.

Dimana hulu sungai Batanghari?

Batang Hari River

Apakah Sungai Musi adalah sungai terpanjang?

Sungai Musi terletak di provinsi Sumatera Selatan, sekaligus merupakan sungai terpanjang di Sumatera dan salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Panjang sungai ini mencapai 750 kilometer. Hulu sungai ini terletak di Pegunungan Bukit Barisan, yang kemudian alirannya bermuara ke Selat Bangka dan Laut Cina Selatan.

Baca Juga :  Dc Lapangan Kredit Pintar

Kenapa Sungai Musi dinamakan Sungai Musi?

Lalu, ia pun mulai memberi tanda serta memberikan nama sungai tersebut dengan Mu Ci yang dalam bahasa tua Cina yang berarti ayam betina. Mu Ci sendiri nama bagi dewi ayam betina yang memberikan keberuntungan kepada manusia. Sejak saat itu, ia mulai memberikan nama Mu Ci di peta.

Sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia yaitu apa?

Dilansir buku 'Seri Pendalaman Soal IPS' terbitan Grasindo sungai Mahakam masih dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama. Sebab, kondisi jalanan di daerah belum sebaik yang ada di pulau Jawa dan di Sumatera sehingga masyarakat biasa memanfaatkan sungai sebagai transportasi utama.

Pulau apa saja di Indonesia yang masyarakatnya memanfaatkan sungai sebagai alat transportasi?

Wilayah di Indonesia yang paling intensif memanfaatkan sungai sebagai sarana transportasi adalah

  • Sulawesi.
  • Bali.
  • Kalimantan.
  • Papua.
  • Jawa.
  • Sungai di Indonesia dimanfaatkan untuk apa saja?

  • Kebutuhan Sehari-hari. Sungai dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
  • Sumber Irigasi. Sungai juga dimanfaatkan oleh petani untuk mengairi sawah-sawah di daerah pegunungan.
  • Pembangkit Listrik.
  • Sebagai Sarana Perjalanan Transportasi.
  • Lokasi Pariwisata.
  • Kapuas River

    Sungai besar utama dan terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas yaitu 1.086 km (daerah yang dilalui adalah Kabupaten Kapuas Hulu, Kab. Sintang, Kab, Sanggau, Kab.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *