Portugis Mencapai Malaka Pada Tahun 1511 Dibawah Pimpinan

Kapan dan di bawah pimpinan siapa Portugis mencapai Malaka?

Bagi Portugis, cara termudah menguasai perdagangan di sekitar Malaka adalah dengan merebut atau menaklukkan Malaka. Portugis lalu mengirimkan ekspedisi ke Malaka di bawah pimpinan Afonso d'Albuquerque. Ekspedisi ini yang kelak menaklukkan Malaka pada 1511.

Siapa tokoh Portugis yang berhasil menguasai Malaka Myanmar dan Maluku?
A. Vasco da Gama.

Portugis mencapai Malaka pada tahun 1511 di bawah pimpinan siapa dan apa hasilnya?

Perebutan Malaka 1511 berlangsung setelah laksamana Portugal Afonso de Albuquerque menundukkan kota Malaka pada tahun 1511. Kota pelabuhan Malaka merupakan pusat perdagangan di selat Malaka yang berada di jalur dagang antara Tiongkok dan India.

Bangsa barat mana yg pertama kali berhasil mencapai Malaka tahun berapa dan dibawah pimpinan siapa?

Kolonisasi Portugis di Nusantara dimulai ketika Afonso de Albuquerque menaklukkan Malaka pada tahun 1511. Kota Malaka di Selat Malaka ini sangat penting sebagai pusat perdagangan rempah-rempah saat itu.

Kapan dan di mana Portugis berhasil menanamkan kekuasaannya di wilayah Indonesia?

Jawaban Pendek: Portugis berhasil menanamkan kekuasaannya di wilayah Indonesia di Ternate, Maluku dan di Flores, Nusa Tenggara Timur. Di Ternate, Portugis mulai menanamkan kekuasanya pada tahun 1512 dan berakhir setelah bentengnya diserahkan ke Kesultanan Ternate pada 1575.

Di bawah pimpinan siapa bangsa Portugis berlayar sampai Maluku diterima baik oleh Ternate?

Dari Malaka, bangsa Portugis berlayar ke Maluku di bawah pimpinan d'Abreu pada 1512. Para pelayar Portugis diterima dengan baik oleh Sultan Ternate yang saat itu bermusuhan dengan Tidore. Bangsa Portugis saat itu berhasil mendirikan benteng dan mendapatkan hak monopoli perdagangan rempah-rempah.

Di bawah pimpinan siapa Portugis berhasil mendarat di Indonesia?

Oleh Bartholomeus Diaz tanjung itu dinamakan Tanjung Pengharapan (Cape og Good Hope atau Tanjung Harapan sekarang).Pada tahun 1498, raja Portugis mengirim ekspedisinya di bawah pimpinan Vasco da Gama. Ekspedisi ini berhasil mendarat di Kalkuta (India) pada tahun 1498.

Baca Juga :  Apakah Dampak Rendahnya Tingkat Pendidikan Masyarakat Terhadap Pembangunan

Di bawah pimpinan siapa bangsa Portugis berlayar sampai Maluku dan diterima baik oleh?

Periode kolonialisme portugis di indonesia

Pada tahun 1511, ekspedisi Portugis di bawah pimpinan Alfonso d'Albuquerque berhasil menaklukkan Malaka. Dari sana, mereka menuju Maluku dan diterima dengan baik oleh raja Ternate. Mereka diperkenankan berdagang dan membangun benteng di Ternate.

Usaha apa yang dilakukan Portugis untuk menguasai perdagangan di Nusantara?

Pembahasan: Pada 15 Agustus 1511, Portugis memulai usahanya menguasai perdagangan rempah-rempah di Nusantara, dengan menyerang kota Malaka. Expedisi ini menjadi expedisi Eropa pertama yang berhasil menjangkau Maluku, pusat produksi rempah-rempah di dunia.

Tahun berapakah Portugis datang ke Indonesia?

Portugis tercatat berlayar ke Nusantara pada abad ke-16 Masehi. Pada awal abad ke-16 tepatnya di tahun 1509 Masehi, bangsa Portugis yang dipimpin oleh Diogo Lopes de Sequeira hadir di Malaka. Kedatangan bangsa Portugis disambut baik oleh pihak Kesultanan Malaka.

Siapakah tokoh dari negara Portugis yang datang di Maluku dan tahun berapa?

Portugis masuk ke Nusantara di bawah pimpinan pelaut terkenal Alfonso de Albuquerque(1453–1515).

Apa yang melatarbelakangi bangsa Portugis melakukan penjelajahan dunia?

Tujuan utama mereka melakukan penjelajahan samudera adalah untuk menemukan tempat asal rempah-rempah. Sejak abad ke -13, rempah-rempah memang merupakan bahan dagang yang sangat menguntungkan.

Siapakah nama penjelajah Portugis pertama dan sampai dimana?

Pembahasan. Tokoh Penjelajah Samudra dari portugis: 1) Bartholomeus Diaz, adalah seorang penjelajah yang berhasil mencapai Tanjung Topan atau Tanjung Harapan di ujung selatan Benua Afrika pada tahun 1486. 2) Vasco da Gama, seorang penjelajah yang berhasil sampai ke Calcutta, India pada tanggal 22 Mei 1498.

Mengapa bangsa Portugis disebut sebagai pelopor penjelajahan samudra yang dilakukan bangsa Eropa pada awal abad XV *?

Dengan demikian, Portugis disebut sebagai pelopor penjelajahan samudera karena Portugis adalah bangsa yang memulai dan mengetahui pertama kali rute pelayaran bangsa Eropa ke Asia Tenggara.

Baca Juga :  Apa Yang Dimaksud Perjanjian Ekstradisi

Siapa bangsa Barat yang pertama kali mencapai Maluku?

Portugis dan Spanyol adalah dua bangsa awal yang datang ke Maluku.

Dimana tempat Barat pertama kali mendarat di Indonesia?

Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511.

Dimana bangsa Barat mendarat pertama kali mendarat di Indonesia?

Portugis mengendalikan perdagangan di Asia Tenggara di bawah pimpinan Alfonso de Albuquerque. Portugis bergerak menuju negara yang kaya akan hasil laut dan rempah-rempah. Pada tahun 1511, bangsa Portugis pertama kali mendarat di Indonesia, tepatnya di daerah Malaka.

Dimana bangsa Portugis pertama kali menduduki wilayah Indonesia brainly?

Jawaban terverifikasi ahli. Lokasi pertama kali bangsa barat mendarat di Indonesia adalah di wilayah Malaka pada tahun 1511. Portugis adalah bangsa barat yang pertama kali datang ke Indonesia. Pertama kali bangsa ini mendarat di Malaka pada tahun 1511.

Pada tahun berapakah armada Portugis menguasai Malaka?

Portugis tiba di Malaka pada 1509. Ini setelah Raja Portugal mendengar laporan-laporan pertama yang berasal dari pedagang Asia mengenai kekayaan Malaka yang sangat besar. Kemudian Raja Portugal mengutus Diogo Lopes de Sequeira untuk menemukan Malaka guna menjalin persahabatan dengan penguasanya.

Bagaimana hubungan antara Portugis dan Kerajaan Ternate?

Ketika tiba di Maluku, awalnya Portugis diijinkan untuk berdagang di Ternate oleh Sultan Ternate, sehingga pasukan Portugis dipimpin oleh Antonio de Azevedo membangun benteng atau feitoria di Bacan,Ternate. Setelah kepergian Portugis, Ternate berkembang menjadi kerajaan Islam terkuat di Maluku.

Apa alasan Kerajaan Maluku menerima bangsa Portugis?

Jakarta - Kedatangan bangsa Portugis di Maluku bertujuan untuk mencari rempah-rempah.

Baca Juga :  Apa Itu Kompetensi

Mengapa ketika sampai di Ternate Portugis diterima baik oleh Sultan Ternate?

Kedatangan bangsa Portugis diterima baik oleh sultan ternate karena , sebagai berikut: 1) Portugis dianggap sebagai pembeli rempah-rempah dengan harga tinggi. 2). Portugis dimintai bantuan untuk bersama sama menyerang tidore.

Apakah nama benteng pertama yang dibangun oleh Portugis?

Benteng pertama yang dikunjungi ialah Benteng Kalamata. Benteng itu dibangun Portugis pada 1540. Benteng Kalamata juga dikenal dengan nama Benteng Kayu Merah karena berada di Kelurahan Kayu Merah, Ternate Selatan. Waktu dibangun Portugis, benteng itu diberi nama Santa Lucia.

Siapa bangsa Eropa yang pertama kali datang ke Indonesia?

Masuknya bangsa Eropa ke Indonesia pertama kali ditandai dengan kedatangan bangsa Portugis pada abad 16 M kemudian diteruskan dengan kedatangan bangsa Belanda yang merupakan negara paling lama menjajah Indonesia, menyusul Inggris yang juga pernah menjajah Indonesia.

Siapa orang Portugis pertama yang melakukan ekspedisi pelayaran mencari jalan ke sumber rempah rempah?

Dipanggillah pelaut ulung Portugis bernama Vasco da Gama untuk melakukan ekspedisi menjelajahi samudra mencari Tanah Hindia atau tanah jajahan. Vasco da Gama mencari jalan lain agar lebih cepat sampai di Tanah Hindia tempat penghasil rempah-rempah di Timur.

Penjelajahan berikutnya dipimpin oleh Vasco da Gama yang berhasil mencapai daratan Calicut, India pada tahun 1497. Di bawah pimpinan Alfonso de Albuquerque pada tahun 1511 berhasil menguasai Malaka.

Kolonisasi Portugis di Nusantara dimulai ketika Afonso de Albuquerque menaklukkan Malaka pada tahun 1511. Kota Malaka di Selat Malaka ini sangat penting sebagai pusat perdagangan rempah-rempah saat itu.

About tissa

Check Also

Bagaimana Cara Mengukur Kuat Arus Listrik Dengan Amperemeter

Bagaimana cara mengukur kuat arus listrik? cara mengukur kuat arus dan tegangan listrik adalah dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *