Mengapa Terjadi Pencemaran Lingkungan

Mengapa terjadi pencemaran lingkungan brainly?

Pencemaran ini biasanya terjadi karena kebocoran limbah cair atau bahan kimia industry, penggunaan pestisida, masuknya air ke permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan, kecelakaan kendaraan pengangkut minyak dan zat kimia, air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung di

Apa dampak pencemaran tanah air dan udara?

Dampak pencemaran udara adalah global warming (pemanasan global). Dampak pencemaran air adalah makhluk hidup perairan mati. Dampak pencemaran tanah menyebabkan tanah tandus atau tidak subur.

Apa akibat yg terjadi dari pencemaran lingkungan?

Lingkungan yang tercemar menyebabkan ketidakseimbangan lingkungan. Pencemaran merusak berbagai ekosistem di air, tanah, serta udara. Pencemaran udara dapat menyebabkan menipisnya lubang ozon. Saat lubang ozon menipis, sinar ultraviolet akan menyinari bumi secara langsung.

Penyakit apa saja yang ditimbulkan dari penumpukan sampah?

Sampah yang dibuang secara sembarangan dapat mengundang berbagai jenis bakteri, virus dan parasit. Penyakit yang disebabkan bakteri dari sampah contohnya, salmonellosis, shigellosis, keracunan makanan stafilokokus, infeksi kulit, dan tetanus.

Apa yang menyebabkan orang orang membuang sampah sembarangan?

Menurutnya ada beberapa faktor yang mendasari masyarakat Indonesia sering membuang sampah sembarangan. Paling utama, faktor itu adalah tidak adanya rasa tanggung jawab dari masyarakat terhadap lingkungan sekitar seperti halnya jalanan dan tempat-tempat lainnya.

Apa dampak bagi lingkungan pencemaran sungai?

Terjadinya banjir akibat penumpukan sampah di dasar sungai. Timbulnya berbagai penyakit dari mikroba pathogen yang berkembang di air sungai tercemar. Berkurangnya ketersediaan air bersih. Air sungai kekurangan oksigen dan membahayakan kehidupan ikan-ikan di dalamnya.

Apa dampak pencemaran bagi manusia?

Pencemaran udara memiliki dampak terhadap kesehatan diantaranya adalah gangguan saluran pernafasan, penyakit jantung, kanker berbagai organ tubuh, gangguan reproduksi dan hipertensi (tekanan darah tinggi). Sumber pencemaran udara dapat diklasifikasikan menjadi sumber diam dan sumber bergerak.

Baca Juga :  Apa Bahasa Inggrisnya Berapa

Apa dampak pencemaran tanah terhadap pertumbuhan tanaman?

Tanah akan menjadi tidak subur karena zat- zat polutan sudah merusak jaringan kesuburan tanah tersebut. Akibatnya, banyak tanaman yang tidak akan bisa tumbuh dengan baik. Masih serangkaian dengan dampak pencemaran tanah yang akan menurunkan tingkat kesuburan. Hal ini juga akan berakibat pada masa hidup tanaman.

Masyarakat menjadikan sungai untuk tempat pembuangan sampah. Ada beberapa alasan yang menyebabkan warga membuang sampah ke sungai. Di antaranya, membuang sampah ke sungai dinilai lebih praktis dan gratis, kurangnya sarana tempat membuang sampah di sekitar sungai dan sudah menjadi budaya (Setiawan, 2009).

Sampah yang dibuang secara sembarangan dapat mengundang berbagai jenis bakteri, virus dan parasit. Penyakit yang disebabkan bakteri dari sampah contohnya, salmonellosis, shigellosis, keracunan makanan stafilokokus, infeksi kulit, dan tetanus.


Leave a Reply 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *