Mengapa Sumber Daya Tambang Harus Dijaga Potensinya

Mengapa sumber daya tambang harus dijaga potensi nya?

karena sumber daya tambang termasuk sumber daya alam yg tidak dapat diperbaharui. maka harus digunakan dengan sebijak mungkin.

Apa potensi barang tambang golongan C?

Bahan yang termasuk tambang golongan C adalah : garam , pasir , marmer , batu kapur , tanah liat dan asbes dilihat dari golongannya kita dapat mengambil bahwa potensi yang dimiliki adalah bisa dipasarkan misal untuk pasir cukup banyak peminatnya.

Mengapa sumber daya tambang Indonesia melimpah?

Hal ini dikarenakan Indonesia dilalui oleh 2 rangkaian cincin api dunia yang mengakibatkan Indonesia kaya akan bahan tambang. Adapun beberapa kekayaan tambang yang bisa ditemukan di Indonesia adalah minyak bumi, batu bara, gas alam, pasir besi, baja, timah dan sebagainya.

Mengapa sumber daya tambang di Indonesia melimpah tetapi masih sebagian besar dikelola oleh orang asing?

Akan tetapi hampir sebagian besar perusahaan tambang di Indonesia di control oleh Negara asing, sebab adanya kesenjangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, Teknologi dan pendanaan untuk pemanfaatan SDA tersebut sehingga harus memanfatkan sumber dari luar negeri.

Mengapa Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah?

Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam. Kayanya Indonesia akan sumber daya alam banyak dipengaruhi oleh letak Indonesia sendiri secara geologis, geografis, maritim, dan geomorfologis. Berbagai letak dan posisi Indonesia tersebut banyak dipengaruhi oleh proses geologis yang terjadi.

Apakah potensi sumber daya alam di Indonesia melimpah jelaskan?

potensi sumber daya alam di Indonesia sangat besar. Selain hutan dan minyak bumi, Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah laut sangat luas juga memiliki sumber daya alam perikanan yang sangat melimpah.

Apa itu galian Golongan C?

7. Bahan Galian Golongan C adalah Bahan Galian yang tidak termasuk Bahan Galian Golongan A (Strategis) dan Bahan Galian Golongan B (Vital) sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1967 dan Peraturan pemerintah Nomor 27 Tahun 1980.

Apa saja potensi sumber daya pertambangan?

sumber

  • Minyak Bumi dan Gas. Minyak bumi dan gas merupakan sumber utama yang dipakai untuk keperluan industri, transportasi, dan rumah tangga.
  • Batu Bara. Batu bara adalah batuan sedimen yang terbentuk dari sisa tumbuhan yang telah mati dan mengendap selama jutaan tahun lalu.
  • Bauksit.
  • Pasir Besi.
  • Emas.
  • Timah.
  • Tembaga.
  • Nikel.
  • Perhatikan barang tambang berikut ini yang mana yang disebut barang tambang strategis?

    a. Barang tambang golongan A (strategis) merupakan bahan galian yang berperan penting dalam kelangsungan kehidupan negara. Contoh dari bahan tambang ini adalah minyak bumi, gas, batubara dan nikel. Contoh dari bahan tambang ini adalah emas, perak, platina, intan, belerang, besi, dan tembaga.

    Baca Juga :  Kenapa Indonesia Tidak Mencetak Uang Banyak

    Apa yang terjadi pada sisa lahan pertambangan yang tidak dikelola dengan baik?

    Apabila tidak dikelola dengan baik, penambangan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan secara keseluruhan dalam bentuk pencemaran air, tanah dan udara. Tak pelak industri pertambangan baru tersebut melakukan sesuatu hal yang merusak lingkungan agar mendapatkan keuntungan yang besar.

    Wilayah pegunungan biasanya menyimpan berbagai barang tambang apa saja?

    Beberapa komoditas tambang yang bisa ditemukan di wilayah pegunungan adalah sebagai berikut :

  • Belerang.
  • Batu Apung.
  • Tras.
  • Pasir.
  • Sebutkan dan jelaskan apa saja akibat dari usaha pertambangan bagi lingkungan alam?

    Secara umum dampak pertambangan terhadap lingkungan adalah penurunan produktivitas lahan, kepadatan tanah bertambah, terjadinya erosi dan sedimentasi, terjadinya gerakan tanah atau longsoran, terganggunya flora dan fauna, terganggunya kesehatan masyarakat serta berdampak terhadap perubahan iklim mikro.

    Apa yang terjadi jika pengelolaan sumber daya alam tidak dilakukan dengan benar brainly?

    Jawaban: Sumber daya alam yang tidak digunakan dengan baik akan menyebabkan hilangnya sumber daya alam tersebut. Bila sumber daya ini hilang atau habis maka generasi mendatang tidak dapat lagi memanfaatkannya.

    Terletak Di Manakah tambang teratas di dunia yang ada di Indonesia?

    Indonesia

    Tambang emas Grasberg di Papua adalah yang terbesar di dunia. Diperkirakan cadangan emas Grasberg ada di angka 106,2 juta ounce.

    Bagaimana manfaat sumber daya alam yang dimiliki Indonesia kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat jelaskan?

    Manfaat sumber daya alam bagi masyarakat adalah: 1)sebagai sumber energi dan bahan bakar. 2)sebagai pembangkit listrik. 3)sebagai sumber matapencaharian dan pendapatan.

    Mengapa SDA di Indonesia sangat melimpah hasilnya brainly?

    Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah karena tanahnya yang subur. Kesuburan tanah di Indonesia karena dilalui oleh cicin api pasifik. Sehingga menyebabkan tanah menjadi subur dan kaya akan sumber daya alam.

    Mengapa Indonesia kaya akan sumber daya alam tetapi rakyatnya miskin?

    Karena masyarakat indonesia tidak pintar dalam mengolah sumber daya alamnya dengan baik,sehingga banyak masyarakat indonesia miskin karena sumber daya alam diolah oleh negara lain.

    Baca Juga :  Apa Manfaat Gerakan Pada Senam Irama

    Mengapa Indonesia sangat kaya akan potensi sumber daya alam dan kemaritiman?

    Jawaban: Karena negara Indonesia mempunyai keadaan daerah yang subur dan keadaan daerah Indonesia yang 3/4 nya(lebih banyak) adalah perairan sehingga disebut negara maritim dan sda nya banyak

    Apa saja potensi sumber daya alam di Indonesia brainly?

    Jawaban: Potensi sumber daya alam indonesia adalah minyak bumi,batu-bara,laut,hutan,gas alam dll.

    Apa yang dimaksud dengan galian C?

    Bahan galian diklasifikasikan menjadi 3 macam golongan, antara lain bahan galian golongan A, B dan C (sesuai dengan UU no. 11 Tahun 1967. Bahan Galian Golongan C merupakan usaha penambangan yang berupa tambang tanah, pasir, kerikil, marmer, kaolin, granit dan masih ada beberapa jenis lainnya.

    Uranium termasuk golongan apa?

    Uranium

    Sifat umum
    Nomor atom (Z) 92
    Golongan, blok golongan 3, blok-f
    Periode periode 7
    Kategori unsur aktinida

    Mengapa bahan galian golongan A berpengaruh terhadap perekonomian negara?

    Golongan A. Golongan bahan galian yang strategis. Bahan galian strategis berarti bahwa bahan-bahan galian ini bersifat strategis karena mempengaruhi Pertahanan dan Keamanan serta Perekonomian Negara.

    Apa saja barang tambang golongan A?

    1. Golongan A, atau bahan tambang strategis. Adalah bahan tambang yang hanya boleh dimiliki oleh pemerintah. Contohnya antara lain: batubara, minyak bumi, alumunium, timah putih, besi, dll.

    Apa yang dimaksud dengan potensi sumber daya tambang?

    Jawaban: sumber daya tambang adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi / unsur tertentu dalam kehidupan yang diperoleh dari pertambangan.

    Barang tambang strategis apa saja?

    Pembahasan

  • Barang tambang Golongan A (strategis) adalah bahan galian yang berperan penting dalam kelangsungan kehidupan negara.
  • Minyak bumi.
  • Gas bumi.
  • Batubara.
  • Nikel.
  • Timah.
  • Apa yang dimaksud barang tambang golongan AB dan C?

    golongan b yaitu golongan bahan galian yang vital , contohnya emas , perak , seng , magnesium , batu pertama , mika ,asbes , dan wolfrom . golongan c yaitu bahan galian yg tidak termasuk bahan galian a maupun b , contoh pasir , batu kapur , tanah liat dan gips .

    Bagaimana cara melakukan kegiatan penambangan agar tidak merusak lingkungan?

  • Pencegahan Pencemaran Lingkungan Di Lokasi Pertambangan.
  • Riset dan analisa lingkungan sebelum pelaksanaan program.
  • Pengecekan berkala dan monitoring.
  • Mengolah limbah sisa kegiatan perusahaan.
  • Menghindari zona lindung dan konservasi.
  • Pelaksanaan reklamasi.
  • Mengapa pertambangan dapat menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan?

    Wilayah yang menjadi area pertambangan akan terkikis, sehingga dapat menyebabkan erosi. Limbah hasil pengolahan tambang juga dapat mencemari lingkungan. Kegiatan industri tambang yang menggunakan bahan bakar fosil menghasilkan CO2 yang dapat menimbulkan efek rumah kaca dan pemanasan global.

    Baca Juga :  Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem Informasi Akuntansi

    Jelaskan apa dampak yang terjadi jika di sebuah daerah terdapat tambang nikel?

    2. Dampak negatif dari aktivitas pertambangan nikel terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat yaitu: terjadinya kerusakan lingkungan hidup (seperti penggundulan hutan, erosi tanah, pencemaran udara, dan sedimentasi sisa-sisa galian tambang), menurunnya hasil panen petani sekitar wilayah pertambangan, menurunnya

    Barang tambang apa saja yang tidak dimiliki oleh daerah Banyuwangi?

    Jawaban: Barang tambang yang tidak dimiliki di daerah provinsiku adalah minyak bumi dan batubara.

    Apa yang dimaksud dengan non migas?

    4. Nonmigas adalah singkatan dari kata non dan migas. Non artinya tidak sedangkan migas merupaka singkatan dari minyak dan gas alam. Jadi nonmigas adalah segala sesuatu yang merupakan hasil alam maupun industri tetapi bukan termasuk kategori minyak bumi dan gas alam.

    Apa akibat dari limbah pertambangan?

    Penurunan Kualitas Lingkungan

    Tanah kehilangan unsur hara dan mineral akibat dari limbah pertambangan yang merusak struktur tanah, akibatnya tanah tidak dapat ditanami oleh tanaman kembali dan produktivitas tanaman terhambat.

    Apa dampak negatif yang dirasakan masyarakat sekitar akibat dari penambangan batubara?

    Secara lingkungan, keberadaan pertambangan batubara menimbulkan dampak terhadap perubahan bentang alam, penurunan kesuburan tanah, terjadinya ancaman terhadap keanekaragaman hayati, penurunan kualitas air, penurunan kualitas udara serta pencemaran lingkungan.

    Kenapa batu bara berbahaya?

    Selain karbon dioksida dan nitrogen oksida, pembakaran batu bara juga menimbulkan sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen monoksida (NO). Jika kedua zat itu bereaksi dengan air dan oksigen, maka akan terbentuklah hujan asam. Peristiwa tersebut nantinya dapat merusak bangunan dan merusak ekosistem perairan.

    Sumber Daya Alam (SDA) yang digali secara ilegal akan mengalami degradasi yang parah apalagi beberapa pertambangan ilegal menggunakan sianida dan merkuri yang merusak lingkungan. Aktivitas penambangan ilegal di wilayah yang tidak tepat mengakibatkan struktur tanah menjadi labil sehingga menyebabkan longsor.

    Akan tetapi hampir sebagian besar perusahaan tambang di Indonesia di control oleh Negara asing, sebab adanya kesenjangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, Teknologi dan pendanaan untuk pemanfaatan SDA tersebut sehingga harus memanfatkan sumber dari luar negeri.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *