Mengapa Keberagaman Masyarakat Indonesia Memiliki Dampak Positif Dan Negatif

Mengapa keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif dan negatif jelaskan?

Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif sekaligus dampak negatif bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara. Dampak positif keberagaman bisa memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan. Sedangkan dampak negatifnya, dapat mengakibatkan ketidakharmonisan bahkan perpecahan bangsa dan negara.

Jelaskan apa dampak positif yang timbul dari keberagaman masyarakat Indonesia?

Berikut 3 dampak positif yang ditimbulkan dari keberagaman masyarakat Indonesia: Keberagaman yang ada menjadikan Indonesia istimewa dan berbeda dari negara lain di dunia. Keberagaman yang ada menjadikan Indonesia menarik di mata wisatawan sehingga sering dikunjungi. Tentunya ini bisa menambah devisa negara.

Mengapa keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif dan negatif brainly?

Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan Negara. Dampak positif memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan, sedangkan dampak negatif mengakibatkan ketidakharmonisan bahkan kehancuran bangsa dan Negara.

Apa dampak positif dan negatif keberagaman sosial budaya?

Dampak positif dari adanya keberagaman sosial budaya adalah memunculkan rasa toleransi yang kuat, kekayaan budaya yang menjadi daya tarik, menjadi identitas bangsa, dan memperkuat rasa persatuan. Dampak negatif dari keberagaman sosial budaya adalah dominansi dari kaum mayoritas, konflik fisik, dan konflik sosial.

Apa arti penting keberagaman yang ada di Indonesia?

Bagi bangsa Indonesia keberagaman suku bangsa, budaya, agama, ras dan antargolongan merupakan kekayaan bangsa yang sangat berharga. Keberagaman bukan merupakan unsur perpecahan namun justru yang menciptakan kesatuan bangsa.

Apa manfaat keberagaman yang ada di Indonesia?

Keberagaman budaya di Indonesia bisa menjadi identitas sebuah bangsa. Manfaat lain dari keberagaman budaya adalah mempererat persaudaraan antara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya. Ikatan persaudaraan ini dapat tumbuh, apabila masyarakat saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain.

Baca Juga :  Apa Yang Dimaksud Dengan Persalinan

Apa dampak negatif keberagaman sosial budaya masyarakat Indonesia?

Adapun dampak NEGATIF keberagaman masyarakat antara lain sebagai berikut: Keberagaman masyarakat yang tidak disikapi bijaksana akan memupuk bibit konflik yang berujung perpecahan di dalam masyarakat. Konflik yang muncul dari keberagaman tersebut bisa menghambat pembangunan nasional. Rawan muncul paham rasisme.

Apa dampak positif dari keragaman sosial budaya?

Manfaat Keragaman Sosial Budaya di Bidang Sosial

Kehidupan sosial dan budaya yang beragam dapat memperkuat tali persaudaraan di antara masyarakat. Hal ini juga dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan.

Apa dampak positif konflik sosial?

Dampak positif dari konflik sosial adalah mendorong terjadinya perubahan sosial seperti perubahan kebijakan yang menyebabkan kesenjangan sosial , memperkuat integrasi dan solidaritas internal kelompok, memicu masyarakat menjadi lebih dinamis.

Apa dampak positif keberagaman budaya suku ras etnik yang ada di Indonesia?

Keberagaman (budaya misalnya) bisa menjadi sumber devisa. Keberagaman menjadi salah satu identitas bangsa yang membedakan dari bangsa lain di dunia. Keberagaman menjadikan interaksi di dalam masyarakat berjalan dinamis. Keberagaman menjadikan hidup sebuah bangsa jauh lebih berwarna apabila dibarengi dengan tolerasi.

Apa arti penting keragaman bangsa indonesia bagi diri sendiri dan masyarakat?

Adapun makna dengan adanya keberagaman bagi diri sendiri dan masyarakat adalah… Dengan adanya Keberagaman akan membuat kita bersikap saling menghargai dan menghormati sesama. Selain itu juga menciptakan kebiasaan baru dan tradisi yang beragam serta menciptakan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat.

Apa manfaat dari keberagaman?

Adapun manfaat keragaman adalah sebagai berikut yang dilansir dari berbagai sumber. Simak baik-baik ya! Mendapat banyak wawasan dan ilmu pengetahuan, khususnya mengenai agama, suku, budaya, adat istiadat, bahasa daerah, dan lain sebagainya. Memperkokoh rasa persatuan serta kesatuan antar masyarakat dalam menjaga NKRI.

Baca Juga :  Apa Yang Dimaksud Dengan Sumbu Simetri

Mengapa negara Indonesia dikatakan salah satu negara dengan tingkat keanekaragaman?

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi. Hal ini disebabkan Indonesia memiliki berbagai tipe hutan yang berbeda sesuai dengan kondisi geografis masing-masing daerah. Hutan Indonesia pun kaya akan keanekaragaman hayati.

Dampak Negatif Keberagaman Masyarakat Indonesia

Misalnya perselisihan yang dilatarbelakangi oleh kecemburuan sosial, konflik yang dilatarbelakangi oleh ras, suku, agama, dan lain sebagainya. Jika tidak ditangani dengan baik, maka keberagaman masyarakat akan menimbulkan perpecahan nasional.

Dampak positif dari adanya keberagaman sosial budaya adalah memunculkan rasa toleransi yang kuat, kekayaan budaya yang menjadi daya tarik, menjadi identitas bangsa, dan memperkuat rasa persatuan. Dampak negatif dari keberagaman sosial budaya adalah dominansi dari kaum mayoritas, konflik fisik, dan konflik sosial.


Leave a Reply 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *