Mengapa Bahasa Melayu Cepat Berkembang Di Indonesia

Mengapa bahasa Melayu lebih cepat berkembang di Indonesia?

Dikarenakan bahasa Melayu merupakan lingua franca (bahasa pengantar) dalam kegiatan perdagangan dan keagamaan di Nusantara sejak abad ke-7. Migrasi kemudian juga turut memperluas pemakaiannya.

Apakah Fungsi bahasa Melayu bagi Kerajaan Malaka?
Pada era Kerajaan-kerajaan Melayu ini, penyebaran bahasa Melayu mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dalam buku tersebut dinyatakan bahwa bahasa Melayu telah terbukti menjalankan fungsinya sebagai alat komunikasi dan lingua franca yang penting di Malaka.

Mengapa bahasa Melayu mudah diterima di Nusantara?

Bahasa Melayu mudah diterima oleh masyarakat Nusantara sebagai bahasa perhubungan antarpulau, antarsuku, antarpedagang, antarbangsa, dan antarkerajaan karena bahasa Melayu tidak mengenal tingkat tutur. Bahasa Melayu dipakai di mana-mana di wilayah Nusantara serta makin berkembang dan bertambah kukuh keberadaannya.

Mengapa bahasa Melayu disebut sebagai lingua franca?

Hal senada juga dikatakan oleh Lombard (2005:34), bahwa sebelum kedatangan Belanda di Nusantara, pemakaian bahasa Melayu berakar kuat di kota-kota pelabuhan di sepanjang pesisir. Itulah sebabnya bahasa Melayu sering disebut Lingua Franca alias bahasa perdagangan maupun bahasa perhubungan.

Mengapa bahasa Melayu mudah diterima dan dituturkan oleh pedagang Indonesia pada masa kerajaan Islam?

Karena, bahasa Melayu sederhana, mudah dipelajari. Bahasa Melayu juga merupakan lingua franca di indonesia, bahasa perhubungan, bahasa perdagangan. Suku Jawa, suku Sunda seta suku2 yg lainnya bnyk menerima bahasa Melayu sebagai bahasa nasional.

Jelaskan faktor penting apa yang memungkinkan bahasa Melayu dinobatkan menjadi bahasa Indonesia?

Ada empat faktor yang menyebabkan bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia, yaitu: (1) Bahasa Melayu merupakan Lingua Franca di Indonesia, yaitu bahasa perhubungan dan bahasa perdagangan; (2) Sistem bahasa Melayu sederhana, mudah di pelajari karena dalam bahasa Melayu tidak dikenal tingkatan bahasa (bahasa kasar

Baca Juga :  Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Drama

Di kawasan manakah bahasa Melayu pertama kali dipakai?

Asal-usul. Catatan tertulis pertama dalam bahasa Melayu ditemukan di pesisir tenggara Pulau Sumatra, di wilayah yang sekarang dianggap sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya.

Jelaskan pada zaman Sriwijaya bahasa Melayu berfungsi sebagai bahasa apa?

Pada zaman Sriwijaya, bahasa Melayu dipakai sebagai bahasa kebudayaan, yaitu bahasa buku pelajaran agama Budha.

Apa itu lingua franca dan contohnya?

Karakteristik Lingua Franca

Contoh lingua franca adalah bahasa Inggris karena digunakan secara luas oleh masyarakat dunia internasional sebagai sarana berkomunikasi untuk perdagangan, politik, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya.

Berasal dari bahasa manakah kata lingua franca *?

Lingua franca (bahasa Latin yang berarti yaitu "bahasa bangsa Franka") yaitu sebuah istilah linguistik yang berarti yaitu "bahasa pengantar" atau "bahasa pergaulan" di suatu tempat di mana terdapat penutur bahasa yang berbeda-beda.

Mengapa bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia brainly?

Jawaban: karena bahasa Melayu telah digunakan sebagai bahasa pergaulan (Lingua Franca) di Nusantara. Penjelasan: Dapat ditarik kesimpulan bahwa Bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia karena bahasa Melayu telah digunakan sebagai bahasa pergaulan (Lingua Franca) di Nusantara.

Mengapa bahasa Melayu dapat diterima dengan mudah oleh bangsa yang beragam bahasa daerahnya menjadi bahasa persatuan pada saat Sumpah Pemuda 1928?

Seperti diketahui pada poin ketiga isi Sumpah Pemuda adalah menjunjung tinggi bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Karena dikenal luas dan mudah dipelajari, maka bahasa Melayu dipilih sebagai bahasa persatuan. Selain juga karena lebih mudah dan mudah diterima oleh semua kalangan.

bahasa Melayu dijadikan sebagai bahasa resmi negara pada masa pemerintahan kerajaan apa?

"Dari perenggan itu jelaslah bahwa bahasa Melayu (Kuno) sudah tersebar luas di Asia Tenggara dan mencapai puncak kejayaan pertamanya sejak abad ketujuh karena digunakan sebagai bahasa resmi Kemaharajaan Sriwijaya.

Baca Juga :  Apa Yang Dimaksud Budaya

Mengapa Singapura memiliki empat bahasa negara jelaskan?

Mungkin hal ini terdengar aneh, tetapi dengan menggunakan empat bahasa resmi, Singapura ingin mempermudah komunikasi warga negaranya. Singapura ingin mempermudah komunikasi untuk semua warganya dan juga ingin menghormati 'bahasa ibu' mereka.

Apa kaitan bahasa Melayu dengan sejarah adanya bahasa Indonesia?

Bahasa Melayu adalah akar atau bahasa asal yang kemudian dijadikan bahasa Nasional, yaitu bahasa indonesia. Bahasa melayu yang kemudian bermetamorfosis menjadi bahasa melayu ini telah digagas sejak jaman penjajahan (kolonial).

Basantara (bahasa Latin: lingua franca, arti harfiah: "bahasa bangsa Franka") adalah sebuah istilah linguistik yang artinya adalah "bahasa pengantar" atau "bahasa pergaulan" di suatu tempat di mana terdapat penutur bahasa yang berbeda-beda.

Hal senada juga dikatakan oleh Lombard (2005:34), bahwa sebelum kedatangan Belanda di Nusantara, pemakaian bahasa Melayu berakar kuat di kota-kota pelabuhan di sepanjang pesisir. Itulah sebabnya bahasa Melayu sering disebut Lingua Franca alias bahasa perdagangan maupun bahasa perhubungan.

About tissa

Check Also

Bagaimana Cara Mengukur Kuat Arus Listrik Dengan Amperemeter

Bagaimana cara mengukur kuat arus listrik? cara mengukur kuat arus dan tegangan listrik adalah dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *