Lahan Pertanian Yang Berubah Menjadi Pemukiman Penduduk Dapat Mengakibatkan

Lahan pertanian yang berubah menjadi pemukiman penduduk dapat mengakibatkan apa?

Jawaban terverifikasi ahli

Lahan pertanian yang berubah menjadi pemukiman penduduk dapat mengakibatkan: Berkurangnya produksi pangan. Berkurangnya area resapan air. Timbulnya pengangguran.

Bagaimana pengaruh konversi lahan pertanian menjadi lahan pemukiman?
Dampak positif yang ditimbulkan dari konversi lahan pertanian menjadi lahan pemukiman antara lain: 1)Kebutuhan lahan untuk tempat tinggal menjadi terpenuhi. 2)Potensi daerah yang awalnya berpenduduk sedikit akan semakin berkembang seiring bertambahnya jumlah penduduk, baik secara ekonomi maupun sosial budaya.

Mengapa banyak lahan pertanian berubah menjadi lahan pemukiman atau industri *?

Jawaban: Dikarenakan Pertumbuhan angka penduduk semakin banyak dan juga butuh lapangan kerja, sehingga sektor pertanian jadi imbasnya.

Mengapa sekarang di kota kota banyak terjadi alih fungsi lahan sawah dan apa dampak negatifnya?

Mengapa sekarang dikota-kota banyak terjadi alih fungsi lahan sawah? karena dikota-kota lebih mementingkan pembangunan tanpa memikirkan dampak/akibatnya. dampak negatifnya yaitu yang pasti akan terjadi banjir, udara menjadi tercemar, gersang dll.

Mengapa alih fungsi lahan di pinggiran kota didominasi oleh perubahan lahan pertanian menjadi lahan nonpertanian?

Mengapa alih fungsi lahan di pinggiran kota didominasi oleh perubahan lahan pertanian menjadi lahan nonpertanian? Jawaban: Karena wilayah perkotaan pengalami pertumbuhan penduduk yang pesat dan memiliki jumlah pneduduk yang besar. Akibatnya terjadi konversi lahan pertanian menjadi lahan pemukiman dan industri.

Mengapa terjadi alih guna lahan?

Pembangunan yang terus-menerus dilakukan menyebabkan terjadinya alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian. Adanya alih fungsi lahan tersebut antara lain dikarenakan oleh peningkatan jumlah penduduk, jumlah industri serta peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Apa penyebab lahan pertanian dijadikan perumahan?

1. Lahan pertanian dijadikan perumahan Sebab : Pertumbuhan jumlah penduduk. Sebab : Sempitnya lahan khusus untuk industri di perkotaan. Solusi : Dibangunnya zona ekonomi khusus untuk industri tiap daerah agar lahan pertanian produktif tidak terganggu.

Baca Juga :  Apa Arti Etnosentrisme

Masalah apa yang akan timbul bila konversi lahan pertanian beralih menjadi industri?

Akibatnya terjadi konversi atau perubahan lahan pertanian menjadi lahan industri. Perubahan fungsi lahan ini dapat memiliki dampak negatif. Karena lahan pertanian berkurang, maka produksi pangan akan berkurang pula. Dengan hilangnya lahan pertanian ini, mereka akan kehilangan pekerjaanya dan menjadi pengangguran.

Bagaimana pengaruh konversi lahan pertanian menjadi lahan pemukiman brainly?

Pengaruh konversi lahan pertanian menjadi lahan permukiman‚Äč

luas lahan pertanian semakin berkurang, sehingga produktivitas pangan semakin kecil. petani dan buruh tani kehilangan mata pencahariannya. hilangnya lahan ruang terbuka hijau (RTH). Berkurangnya lahan resapan air.

Sebagai pelajar apakah yang bisa kalian sarankan agar tidak terjadi alih fungsi lahan?

Jawaban: saran saya adalah untuk mengurangi terjadinya pembangunan pabrik ataupun rumah dll yg dapat menyebabkan terjadinya alih fungsi lahan pertanian menjadi perkotaaan. sehingga bagi para pekerja yang bermata pencaharian sebagai petani mengalami kerugian dan mengalami kehilangan tempat mencari nafkah mereka.

Bagaimana dampak alih fungsi lahan pertanian secara umum?

Berikut beberapa dampak alih fungsi lahan pertanian : Berkurangnya lahan pertanian. Menurunnya produksi pangan nasional. Sarana prasarana pertanian menjadi tidak terpakai.

Mengapa kegiatan pertanian memberikan dampak negatif terhadap lingkungan?

Irigasi berlebihan menyebabkan polusi air karena tercucinya pupuk dan pestisida dari tanah pertanian ke ekosistem sekitar. Aliran permukaan yang tidak ditata dengan baik mampu menyebabkan pencemaran air tanah dan air permukaan.

Mengapa alih fungsi lahan banyak terjadi di daerah perkotaan?

Meningkatnya kebutuhan ruang di perkotaan adalah tingginya permintaan lahan. Pertumbuhan penduduk yang begitu cepat, serta aktivitas pembangunan dalam berbagai bidang akan menyebabkan meningkatnya permintaan lahan. Hal inilah yang akan mendorong terjadinya alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian.

Baca Juga :  Contoh Penerapan Prinsip Ekonomi Bagi Konsumen Adalah

Jelaskan apakah yang dimaksud dengan konversi lahan?

Alih fungsi lahan atau konversi lahan adalah perubahan fungsi sebagian atau seluruh kawasan lahan dari fungsinya semula atau yang seperti direncanakan menjadi fungsi lain yang membawa dampak negatif terhadap lingkungan dan potensi lahan itu sendiri, seperti dikutip dari buku Perubahan Alih Fungsi Lahan oleh Fauziyah,

Jelaskan apa yang dimaksud dengan konversi lahan dan berikan contohnya?

1.konversi lahan adalah berubahnya pengunaan lahan dari pengunaan semula, misalnya: dari lahan pertanian dikonversikan menjadi permukiman, dari hutan dikonversikan menjadi lahan pertanian, perkebunan atau yang lainnya. Berkurangnya lahan pertanian. Menurunnya produksi pangan nasional.

Dampak positif yang ditimbulkan dari konversi lahan pertanian menjadi lahan industri, diantaranya: Dapat menyerap tenaga kerja dengan jenis pekerjaan seperti bidang jasa. Peningkatan perekonomian masyarakat. Perkembangan potensi daerah.

Mengapa sekarang dikota-kota banyak terjadi alih fungsi lahan sawah? karena dikota-kota lebih mementingkan pembangunan tanpa memikirkan dampak/akibatnya. dampak negatifnya yaitu yang pasti akan terjadi banjir, udara menjadi tercemar, gersang dll.

About tissa

Check Also

Bagaimana Cara Mengukur Kuat Arus Listrik Dengan Amperemeter

Bagaimana cara mengukur kuat arus listrik? cara mengukur kuat arus dan tegangan listrik adalah dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *