Kampung Atas Air Balikpapan

Apa yg dimaksud Kampung Atas Air?

Dinamakan kampung atas air karena perkampungan ini memang berada di atas air laut. Di bawah rumah penduduk ini langsung berhadapan dengan air laut yang ada di daerah tersebut. Karena berada di atas air inilah, maka seluruh rumah yang dibangun di area seluar 6,7 hektar ini berada di atas air.

Mengapa Kampung Atas Air yang terdapat dikota balikpapan harus ditata ulang?

Pembangunan rumah-rumah dan penataan kawasan atas air tersebut merupakan perwujudan dari masterplan yang telah disusun Pemkot. Penataan itu juga untuk mengingat sejarah Kota Balikpapan, dimana kota ini dimulai dari kampung nelayan hingga ditemukannya minyak di tahun 1897.

Kota Balikpapan mempunyai sebuah kampung atas air dimanakah letak kampung tersebut?

Kampung ini terletak di daerah Margasari, Kampung Atas Air, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Untuk mencapai lokasi ini kita bisa naik sepeda motor atau menggunakan transportasi umum yang menjangkau daerah ini sampai dengan pasar kampung baru.

Apa nama penghargaan Kampung Atas Air?

Kampung atas air Mergasari Balikpapan adalah salah satu kampung yang pernah mengantarkan Balikpapan menerima penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) Award 2013 silam. Kampung ini menjadi bukti berhasilnya pemerintah kota menyulap kawasan kumuh menjadi kawasan yang tertata rapi dan lebih terlihat hijau.

Awal kebakaran permukiman atas air terjadi pada tahun berapa?

Jawaban: Kampung di Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan dulu tak seperti ini. Gersang kotor bau dan tidak beraturan sempat jadi ciri khas sebelum kebakaran pada tahun 1992. Sejak saat itu permukiman ditata hingga penghargaan diraih Kampung Atas Air.

Apa nama pembangunan ramah lingkungan yang dilakukan oleh warga kota Balikpapan yaitu?

Program Kaltim Hijau atau Kaltim Green adalah komitmen Pemerintah Provinsi Kaltim untuk melaksanakan pembangunan hijau berwawasan lingkungan.

Apa yang dimaksud dengan lingkungan kumuh?

Permukiman kumuh adalah permukiman yang tidak layak huni yang ditandai dengan ketidakteraturan bangunan, tingkat kepadatan bangunan yang tinggi, dan kualitas bangunan serta sarana dan prasarana yang tidak memenuhi syarat. (UU No.1 Tahun 2011 tentang PKP).

Baca Juga :  Apa Kabar Bahasa Bugis

Mengapa di negara miskin banyak terdapat kawasan kumuh jelaskan?

Permukiman kumuh terjadi karena kebutuhan tempat tinggal dan sarana prasarana pendukung kehidupan manusia tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang semakin meningkat serta terbatasnya lahan permukiman.

Apa ciri ciri pemukiman kumuh?

Menurut Budiharjo (1997), permukiman kumuh adalah lingkungan hunian yang kualitasnya sangat tidak layak huni, ciri-cirinya antara lain berada pada lahan yang tidak sesuai dengan peruntukan/tata ruang, kepadatan bangunan sangat tinggi dalam luasan yang sangat terbatas, rawan penyakit sosial dan penyakit lingkungan,

Mengapa setelah terjadi kebakaran permukiman atas air perlu ditata ulang?

Jawaban : Karena rumah menjadi lapuk/mudah runtuh akibat kebakaran Sehingga perlu dilakuman tata ulang untuk membuat pondasi yang kokoh.

Bagaimana upaya Pemerintah Kota Balikpapan dalam rangka pembangunan ramah lingkungan brainly?

Melakukan reboisasi pada lahan-lahan yang kritis, tandus dan gundul, serta melakukan sistem tebang pilih atau tebang tanam agar kelestarian hutan, sumber air kawasan pesisir/pantai, dan fauna yang ada di dalamnya dapat terjaga. Menciptakan dan menggunakan barang-barang hasil industri yang ramah lingkungan.

Di mana saja Pemerintah Kota Balikpapan membangun?

Jawaban: bendali akan dibangun di atas lahan dua kelurahan yakni Kelurahan Gunung Samarinda dan Kelurahan Gunung Samarinda Baru dengan luas 10,1 hektare.

Dari manakah sumber air diperoleh?

Sumber air paling besar di bumi adalah laut. Laut menempati hampir 2/3 dari luas permukaan bumi. Namun, air yang terdapat di muka bumi tidak bisa langsung kita minum. Butuh proses yang cukup panjang untuk menjadi ar yang dapat diminum.

Dari mana saja sumber air?

Sumber air tawar

  • Air permukaan. Air permukaan adalah air yang terdapat di sungai, danau, atau rawa air tawar.
  • Aliran sungai bawah tanah.
  • Air tanah.
  • Desalinasi.
  • Air beku.
  • Pertanian.
  • Industri.
  • Rumah tangga.
  • Berapa kapasitas air yang dibutuhkan masyarakat kota Balikpapan sekarang ini?

    Berdasarkan hasil perhitungan pada tahun 2018 kebutuhan air rata-rata sebesar 1.620 L/det, kebutuhan air max day sebesar 1.782 L/det dan kebutuhan jam puncak mencapai 2.430 L/det, sedangkan kapasitas IPA terpasang tahun 2018 sebesar 1.190 L/det sehingga cakupan pelayanan sebesar 76,70%.

    Baca Juga :  Apa Itu Hari Waisak

    Faktor faktor apa saja saja yang menjadi penyebab terjadinya permukiman dan perumahan kumuh di kota kota besar?

    Faktor-faktor tersebut yaitu faktor urbanisasi, faktor sarana prasarana, faktor ekonomi, faktor lahan perkotaan, faktor tata ruang, faktor daya tarik perkotaan, faktor sosial budaya, faktor status kepemilikan bangunan dan faktor lama tinggal penghuni.

    Bagaimana proses terjadinya permukiman kumuh?

    Dikatakan Gamal, terjadinya permukiman kumuh pada umumnya disebabkan oleh dua faktor, yakni proses penuaan dan proses pemadatan. Di Indonesia, pada umumnya proses permukiman kumuh berlangsung akibat proses penuaan. Proses penuaan ini terjadi karena bertambahnya usia bangunan yang berakibat adanya kerusakan bangunan.

    Apa perbedaan permukiman kumuh dengan permukiman liar?

    Pengertian permukiman liar ini mengacu pada legalitas, baik itu legalitas kepemilikan lahan/tanah, penghunian atau pemukiman, serta pengadaan sarana dan prasarananya. Sedangkan pengertian permukiman kumuh mengacu pada aspek lingkungan hunian atau komunitas.

    Mengapa terjadi permukiman kumuh di perkotaan?

    Peningkatan permukiman kumuh lebih banyak disebabkan adanya urbanisasi yang terus menerus terjadi. Urbanisasi yang tidak terkontrol ini mengakibatkan kurangnya lokasi hunian di perkotaan. Sehingga untuk keberlanjutan hidup para urban (penduduk kota) tinggal di daerah-daerah yang tidak layak huni.

    Apa kaitan antara urbanisasi dan munculnya kawasan kumuh?

    Faktor pertumbuhan penduduk urbanisasi menjadi indikator munculnya slum area, kepadatan penduduk yang bersumber dari masyarakat pendatang yang menetap dan bekerja di lokasi pemukiman kumuh. Munculnya pemukiman kumuh disebabkan karena kondisi yang tidak teratur dan kondisi sarana prasarana yang tidak memadai.

    Mengapa terjadi kekumuhan di perkotaan?

    Dari hasil penelitian diperoleh 4 faktor yang menyebabkan kekumuhan di permukiman ini, yaitu (1) Faktor Fisik, meliputi kondisi eksisiting rumah, jenis rumah, kepadatan bangunan, jumlah penghuni yang menempati 1 rumah, sirkulasi udara dan pencahayaan rumah; (2) Faktor Ekonomi, meliputi jenis pekerjaan penghuni dan

    Apa dampak dari pemukiman kumuh?

    Permukiman yang kumuh mengakibatkan dampak-dampak negatif, memiliki risiko terjadinya kebakaran, banjir, dan banyak penyakit karena lingkungan yang kumuh. Permukiman dengan rumah - rumah yang saling berdekatan dengan jalan gang yang kumuh dan sistem sanitasi yang buruk merupakan penyebab terjadinya banjir.

    Baca Juga :  Padang Medan Berapa Jam

    Bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh pemukiman kumuh bagi wilayah perkotaan dan pemukiman nya?

    Masalah yang terjadi akibat adanya permukiman kumuh ini, khususnya dikota-kota besar diantaranya wajah perkotaan menjadi memburuk dan kotor, planologi penertiban bangunan sukar dijalankan, banjir, penyakit menular dan kebakaran sering melanda permukiman ini.

    Dibawah ini manakah yang merupakan ciri-ciri permukiman kumuh Menurut Dr Parsudi Suparlan adalah?

    Berikut merupakan ciri-ciri dari pemukiman kumuh seperti yang diungkapkan oleh Prof. DR. Parsudi Suparlan: Adanya tingkat frekuensi dan kepadatan volume yang tinggi dalam penggunaan ruang-ruang yang ada di pemukiman kumuh sehingga mencerminkan adanya kesemrawutan tata ruang dan ketidakberdayaan ekonomi penghuninya.

    Di Balikpapan Daerah manakah yang dijadikan kawasan industri?

    Kawasan Sentra Industri Kecil Somber (SIKS) di Balikpapan, Kalimantan Timur, tengah dalam proses menyelesaikan pemagaran dan pembangunan 14 unit rumah produksi baru yang dialokasikan untuk pengrajin tahu tempe.

    Berapa jenis tanaman yang dibudidayakan di kota Balikpapan?

    Bentuk Produksi

  • Padi--Gabah Kering Giling.
  • Jagung--Pipilan kering.
  • Kedelai--Biji kering.
  • Kacang tanah--Biji kering.
  • Kacang hijau--Biji kering.
  • Ubi kayu--Umbi basah.
  • Ubi jalar--Umbi basah.
  • Apa arti bendali?

    Bendali adalah suatu bangunan yang dibangun untuk mengendalikan air di suatu tempat. Bendali merupakan sebuah bangunan bendungan tapi memiliki fungsi yang beragam.

    Dinamakan kampung atas air karena perkampungan ini memang diatas air. Penjelasan: Dibawah rumah perkampungan ini langsung berhadapan dengan air laut yg ada di daerah tersebut. Karena berada di atas air inilah ,maka seluruh rumah yg dibangun diarea seluas 6,7 hektar berada di atas air.

    Kampung atas air Mergasari Balikpapan adalah salah satu kampung yang pernah mengantarkan Balikpapan menerima penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) Award 2013 silam. Kampung ini menjadi bukti berhasilnya pemerintah kota menyulap kawasan kumuh menjadi kawasan yang tertata rapi dan lebih terlihat hijau.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *