Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Cedera

Jelaskan apa yang dimaksud dengan cedera menurut brainly?

Jawaban: Cedera atau luka itu kerusakan pada struktur/fungsi tubuh karena suatu paksaan/tekanan fisik maupun kimiawi.

Jelaskan apa yang disebut dengan cedera memar?

Memar atau lebam (bahasa Inggris: bruise, contusion) adalah suatu jenis cedera pada jaringan tubuh, yang menyebabkan aliran darah dari sistem kardiovaskular mengendap pada jaringan sekitarnya, disebut hematoma, dan tidak disertai robeknya lapisan kulit.

Tulislah apa yang dimaksud dengan cedera?

Menurut Graha & Priyo (2009 ; 45), cidera atau trauma adalah kelainan yang terjadi pada tubuh yang mengakibatkan timbulnya nyeri, panas, merah, bengkak, dan tidak dapat berfungsi dengan baik pada otot, tendon, ligament, persendian, maupun tulang akibat aktifitas gerak yang berlebihan atau kecelakaan.

Apa perbedaan lebam dan memar?

Memar terjadi pada waktu korban masih hidup, yakni perubahan warna dibawah kulit oleh karena pembuluh darah tepi pecah akibat trauma sedangkan lebam terjadi pada korban yang sudah mati oleh karena adanya hemolisis dan gravitasi dari letak tubuh korban, keduanya sama-sama perubahan warna di bawah kulit.

Kenapa memar biru menjadi kuning?

Memar yang berumur beberapa hari ini akan tampak biru, ungu, atau bahkan hitam. Sekitar 5 hingga 10 hari, warnanya berubah menjadi kuning atau hijau. Warna-warna ini berasal dari senyawa yang disebut biliverdin dan bilirubin yang dihasilkan tubuh ketika memecah hemoglobin.

Apa obat memar dan bengkak?

Cara Mengobati Luka Memar

  • Kompres dengan es. Kompres bagian tubuh yang terbentur dengan es.
  • Angkat bagian tubuh yang mengalami memar. Setelah luka memar terjadi, cobalah untuk memposisikan bagian tubuh yang memar lebih tinggi dari dada.
  • Kompres air hangat.
  • Heparin sodium.
  • Baca Juga :  Toilet Training Mulai Umur Berapa

    Berapa lama proses penyembuhan luka yang normal?

    Jika kondisinya bersih dan ringan, luka akan berangsur sembuh dan tertutup oleh sel kulit pada minggu ke-2 hingga minggu ke-4. Proses penyembuhan luka berlanjut hingga minggu ke-12 untuk mendapatkan kekuatan kulit yang cukup. Setelah itu, akan terbentuk jaringan parut atau bekas luka.

    Apa penyebab badan tiba tiba memar?

    Memar terbentuk ketika pembuluh darah kecil (kapiler) di dekat permukaan kulit pecah akibat pukulan atau cedera - sering kali pada lengan atau kaki. Ketika ini terjadi, darah bocor keluar dari pembuluh dan awalnya muncul sebagai tanda hitam-biru. Akhirnya tubuh Anda 'menyerap' kembali darah, dan bekasnya menghilang.

    Apa penyebab memar tiba tiba?

    Paling sering karena trauma (benturan/injury). Tapi bisa juga karena spontan seperti efek obat pengencer darah atau kebocoran pembuluh darah, dan lainnya," ujar Belva saat dihubungi Kompas.com, Minggu (7/6/2020).

    Mengapa memar warna kuning?

    Dalam 5-10 hari, memar berubah menjadi kuning atau hijau. Kedua warna ini disebabkan oleh komponen yang disebut biliverdin dan bilirubin yang dihasilkan tubuh ketika hemoglobin sedang dipecah. Setelah 10-14 hari, memar akan berubah warna menjadi kuning-kecokelatan atau cokelat muda.

    Mengapa luka menjadi kuning?

    Warna kuning pada luka menandakan luka sedang tidak baik-baik saja. Mengapa begitu? Ini dapat menjadi tanda luka mengalami infeksi. Jaringan mati berwarna kuning atau biasa disebut dengan slough adalah jaringan mati yang dapat menghambat penyembuhan luka.

    Apa maksud dari pengertian brainly?

    Brainly adalah perusahaan pendidikan berbasis teknologi dan sebuah situs web belajar yang memungkinkan penggunanya untuk saling bertanya dan menjawab pertanyaan terkait dengan pelajaran sekolah secara terbuka ke pengguna lainnya.

    Baca Juga :  Apa Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Di Sekolah

    Jelaskan dengan bahasamu apa itu fungsi?

    Fungsi disebut juga dengan pemetaan. Fungsi dari A ke B adalah relasi khusus yang memetakan setiap anggota himpunan A ke tepat satu ke anggota himpunan B.

    Salep untuk memar apa?

    Thrombophob Gel – 20 gr – Salep kulit lebam, memar 20gr

  • THROMBOPHOB Gel adalah produk obat topikal yang dipakai untuk mengatasi luka lebam akibat cedera maupun trauma.
  • Trauma berupa benturan maupun cedera bisa terjadi kapan saja dan menyebabkan munculnya memar.
  • Luka lebam obatnya apa?

    Untuk memudarkan memar, Anda dapat memilih obat oles atau topikal seperti thrombophob, yang dikemas dalam bentuk salep, gel, atau krim. Beberapa di antaranya adalah yang mengandung vitamin K. Vitamin K sendiri merupakan salah satu nutrisi penting yang membantu proses pembekuan darah.

    Bengkak jatuh kompres apa?

    Kompres air dingin lebih baik digunakan untuk luka memar atau bengkak akibat benturan yang baru terjadi. Pada bengkak akibat cedera sendi atau kaku sendi yang sudah berlangsung lama, kompres panas justru lebih baik.

    Bagaimana proses yang terjadi pada penyembuhan luka di tubuh?

    Proses/tahapan penyembuhan luka terdiri dari 3 fase yaitu inflamasi, proliferasi atau epitelisasi dan maturasi atau remodeling. Respon segera setelah terjadi luka atau pembekuan darah atau untuk mencegah kehilangan darah. Lama fase ini bisa singkat jika tidak terjadi infeksi.

    Luka memar muncul akibat rembesan darah di bawah kulit dan biasanya hilang dalam waktu 2-4 minggu. Proses kesembuhan luka memar ditandai dengan perubahan warna memar secara bertahap, dari awal luka ini terbentuk hingga sembuh total.

    Memar terjadi pada waktu korban masih hidup, yakni perubahan warna dibawah kulit oleh karena pembuluh darah tepi pecah akibat trauma sedangkan lebam terjadi pada korban yang sudah mati oleh karena adanya hemolisis dan gravitasi dari letak tubuh korban, keduanya sama-sama perubahan warna di bawah kulit.

    Baca Juga :  Suntik Kb 1 Bulan Apakah Bisa Hamil

    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *