Imunisasi Bcg Umur Berapa

Bolehkah imunisasi BCG kurang dari 1 bulan?

BCG merupakan singkatan dari Bacillus Calmette-Guérin. Vaksin ini paling efektif bila diberikan pada bayi yang baru lahir sampai usia dua bulan. Jadi, orangtua dianjurkan untuk memberi imunisasi BCG pada bayi segera setelah ia lahir, hingga paling lambat sebelum bayi berusia 3 bulan.

Apakah vaksin BCG bikin demam?
Selain itu, suntikan imunisasi ini juga bisa menyebabkan bayi mengalami peningkatan suhu tubuh alias demam. Tapi tidak perlu khawatir, demam biasanya akan membaik dan suhu tubuh menurun dalam beberapa jam. Bayi mungkin akan semakin rewel dan bisa terus menangis jika nyeri bekas suntikan disertai dengan gejala demam.

Imunisasi BCG pada bayi umur berapa?

Vaksin BCG : sebaiknya diberikan segera setelah lahir atau segera mungkin sebelum bayi berumur 1 bulan. Bila berumur 3 bulan atau lebih,BCG diberikan bila uji tuberculin negative.

Berapa jarak imunisasi hb 0 dengan BCG?

Umumnya, jarak pemberian antara imunisasi yang satu dengan imunisasi yang lainnya berkisar antara 4–8 minggu. Berikut adalah jadwal pemberian imunisasi dasar wajib yang telah direkomendasikan oleh IDAI: Usia 0 bulan: vaksin hepatitis B 0 + OPV 0 (oral poliovirus vaccine) Usia 1 bulan: vaksin BCG.

Kapan bekas suntik BCG muncul?

Bisul akibat vaksin BCG, biasanya muncul 2-12 minggu setelah vaksin BCG dilakukan. Jika muncul kurang dari 1 minggu, kemungkinan besar bayi atau anak Anda telah terpapar kuman TB sebelumnya sehingga diperlukan pemeriksaan lanjutan. Reaksi ini disebut reaksi cepat BCG atau accelerated BCG reaction.

imunisasi DPT diberikan pada umur berapa?

Tiga imunisasi DPT pertama diberikan pada usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan. Imunisasi yang ke-4 diberikan pada saat usia anak 18 bulan, dan pemberian terakhir pada usia 5 tahun. Anak akan menerima dosis satu suntikan setiap jadwal imunisasi. Kemudian, anak dianjurkan mendapatkan booster DPT setiap 10 tahun.

Baca Juga :  Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

DPT ulang disuntik dimana?

Penyuntikan dapat dilakukan pada 2 lokasi di tubuh. Yang pertama, pada paha bagian depan samping dan yang kedua adalah pada lengan atas di sekitar bahu.

Bayi 5 Bulan suntik apa?

Pemberian imunisasi pada bayi usia 5 bulan bisa jadi adalah imunisasi DPT dan sebaiknya tidak diberikan disaat bayi sedang sakit karena vaksin tsb merupakan virus yang dilemahkan sehingga beresiko untuk menimbulkan keluhan seperti demam, namun hal itu harus dipastikan kepada dokter spesialis anak yang memberikan

Pada saat proses pembentukan kekebalan tubuh ini, beberapa anak akan meresponnya dengan demam, yang biasanya berlangsung 1-3 hari, dan hal ini tidak perlu dikhawatirkan, cukup diberikan obat penurun panas dari dokter atau bidan sesuai anjuran.

Umumnya, jarak pemberian antara imunisasi yang satu dengan imunisasi yang lainnya berkisar antara 4–8 minggu. Berikut adalah jadwal pemberian imunisasi dasar wajib yang telah direkomendasikan oleh IDAI: Usia bulan: vaksin hepatitis B 0 + OPV (oral poliovirus vaccine) Usia 1 bulan: vaksin BCG.

About tissa

Check Also

Jadi Mengapa Diare Dapat Sangat Berbahaya

Mengapa diare sangat berbahaya jelaskan? Kenapa diare bisa sebabkan kematian? Saat diare, tubuh akan kehilangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *