Hemofilia Itu Apa

Apa itu hemofilia dan penyebabnya?

Seperti penjelasan sebelumnya, hemofilia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelainan genetik yang diwariskan dari keluarga. Oleh sebab itu, jika seseorang memiliki anggota keluarga yang memiliki gangguan penggumpalan darah genetik, atau hemofilia, maka dirinya berpeluang mengembangkan penyakit ini.

Hemofilia adalah penyakit peredaran darah karena faktor apa?

Pengertian hemofilia menurut dokter adalah penyakit koagulasi darah kongenital karena kekurangan faktor pembekuan VIII atau faktor IX. Penyakit ini genetik atau diturunkan dari orang tua dan bisa menyerang siapa pun, baik laki-laki maupun perempuan. Meski begitu, penderita hemofilia terbanyak adalah laki-laki.

Apa penyakit hemofilia adalah?

Hemofilia adalah kelainan pembekuan darah yang diturunkan ibu ke anak laki-laki. Faktor-faktor pembekuan darah di dalam plasma darah dilambangkan dengan angka romawi, contoh: Faktor VIII: Faktor Delapan dan Faktor IX: Faktor Sembilan.

Orang yang menderita hemofilia jika terkena luka maka apa yang terjadi?

"Bila terkena luka, darah yang keluar akan sulit kering karena mereka mengalami kelainan pembekuan darah. Kalau tidak segera ditangani, bagian yang mengalami perdarahan tersebut bisa menimbulkan kecacatan," kata Djajadiman di acara "Hari Hemofilia Sedunia" di Jakarta, Rabu (15/4).

Mengapa hemofilia lebih banyak diderita laki laki daripada perempuan?

Ketika kromosom X pada wanita hilang, wanita masih memiliki satu gen kromosom X untuk proses pembekuan darah. Berbeda dengan pria, ketika kromosom X pada gennya menghilang, hal ini menyebabkan faktor pembekuan darah juga ikut menghilang. Inilah sebabnya, para pria rentan mengalami kondisi hemofilia dibandingkan wanita.

Bagaimana cara menjaga organ peredaran darah?

  • Biasakan olahraga secara teratur. Olahraga teratur dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.
  • Biasakan makan dengan pola makan yang sehat.
  • Hindari kebiasaan yang merusak kesehatan, seperti merokok dan kurang istirahat.
  • Baca Juga :  Persiapan Ulang Tahun Anak 1 Tahun

    Kenapa luka tak kunjung sembuh?

    Luka lama sembuh dapat disebabkan oleh sirkulasi darah dan suplai oksigen yang buruk. Saat sirkulasi darah dan suplai oksigen tidak lancar, proses penyembuhan luka akan terganggu. Beberapa kondisi yang menyebabkan aliran darah tidak lancar di antaranya menderita penyakit diabetes atau penyakit arteri perifer.

    Mengapa penyakit buta warna lebih banyak diderita laki-laki dibandingkan perempuan?

    Kasus buta warna lebih banyak terjadi pada laki-laki. Mengapa? Karena laki-laki yang terbentuk dari kromosom XY hanya mempunyai satu kromosom X. Dengan demikian, jika kromosom X-nya terganggu atau rusak, maka dia berpotensi lebih besar mengalami buta warna.

    Mengapa hemofilia A dan B umumnya terjadi pada laki-laki?

    Hampir semua kasus hemofilia diderita oleh anak laki-laki. Hal ini terjadi karena hemofilia merupakan penyakit yang melekat pada kromosom X dan diturunkan secara genetik.

    Seorang perempuan carrier hemofilia menikah dengan lelaki normal kemungkinan anak laki-laki mereka menderita hemofilia adalah?

    Dengan demikian, kemungkinan anak laki-laki mereka yang menderita hemofilia adalah 25 %.

    Tuliskan 3 langkah yang dapat kita tempuh untuk menjaga kesehatan organ peredaran darah?

  • Mengonsumsi makanan yang memperlancar peredaran darah. Makanan dapat memengaruhi sistem peredaran darah Anda dengan beberapa cara.
  • Menghindari kebiasaan merokok.
  • Menjaga berat badan ideal.
  • 4. Olahraga rutin.
  • Mengelola stres.
  • Bagaimana cara menjaga kesehatan organ?

  • Pilih buah alami. Sering minum jus kemasan yang banyak dijual di pasaran?
  • 2. Jangan tinggalkan sayuran. Memilih untuk lebih rutin mengonsumsi buah dan sayur merupakan cara yang tepat agar kesehatan organ bisa terjaga.
  • 3. Jus lemon dan soda kue.
  • Membatasi makanan cepat saji.
  • Rutin olahraga.
  • Bagaimana penyakit hemofilia diturunkan?

    Hemofilia Penyakit yang Diturunkan oleh Ibu

    Baca Juga :  Apa Kewajiban Orang Tua Dalam Keluarga

    Penyakit ini bersifat genetika yang terjadi karena kromosom X yang diwariskan. Kelainan genetik ini sangat umum terjadi pada pria dan wanita dapat menjadi pembawa penyakit ini.

    Mengapa tidak ada anak perempuan yang menderita hemofilia?

    Anak perempuan tersebut tidak akan menderita hemofilia karena gen normal dari ibunya jauh lebih dominan dibanding dengan gen yang bermasalah dari ayahnya. Maka, anak perempuan tersebut hanya akan menjadi carrier dari gen yang berpotensi menjadi penyebab hemofilia.

    Penyakit hemofilia adalah kondisi kekurangan partikel darah yang bertugas untuk membekukan darah. Akibatnya, orang dengan kondisi ini akan cenderung mudah mengalami perdarahan yang sulit dihentikan. Kondisi langka ini dapat menyebabkan komplikasi serius.

    "Bila terkena luka, darah yang keluar akan sulit kering karena mereka mengalami kelainan pembekuan darah. Kalau tidak segera ditangani, bagian yang mengalami perdarahan tersebut bisa menimbulkan kecacatan," kata Djajadiman di acara "Hari Hemofilia Sedunia" di Jakarta, Rabu (15/4).


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *