Bagaimana Peran Agrikultur Di Indonesia

Bagaimana peran agrikultur di Indonesia saat ini?

Pertanian atau agrikultur merupakan sektor primer dalam perekonomian Indonesia. Sektor ini merupakan sektor penting untuk menyumbang hampir setengah dari perekonomian. Selain itu, agrikultur juga berperan sebagai penghasil devisa negara melalui ekspor.

Apa peran sektor pertanian atau agrikultur terkait ketahanan pangan masyarakat?

Jawaban: Peranan klasik dari sektor pertanian dalam perekonomian nasional adalah penyediaan bahan pangan bagi penduduk Indonesia yang saat ini sudah berjumlah 220 juta jiwa. Dengan peranan pertanian sebagai penyedia bahan pangan yang relatf murah, telah memungkinkan biaya hdup di Indonesia tergolong rendah di dunia.

Bagaimana potensi agrikultur di Indonesia dan bagaimana peran agrikultur di Indonesia?

Di Indonesia agrikultur memiliki potensi yang sangat baik, karena Indonesia memiliki wilayah yang subur dan beriklim tropis sehingga sangat baik untuk aktivitas pertanian. Selain itu, Indonesia juga memiliki tanaman unggul seperti padi, kedelai, kacang tanah, ubi kayu dan berbagai tanaman lain.

Apa itu agrikultur di Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta Pengertian agrikultur adalah suatu upaya untuk memproduksi atau membuat makanan, pangan, serat dan hasil lainnya dalam bidang pertanian yang memerlukan tenaga manusia, yang di dalamnya pun termasuk berbagai jenis tanaman tertentu serta pertambahan pada berbagai hewan lokal.

Mengapa sektor pertanian sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia?

Dia mengatakan sektor pertanian mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian nasional termasuk perekonomian daerah, karena sektor pertanian berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk ketahanan pangan masyarakat, sebagai instrumen pengentasan kemiskinan, penyedia lapangan kerja, serta sumber

Apa peran kegiatan petani bagi masyarakat?

Peranan pertanian antara lain adalah (1) menyediakan kebutuhan bahan pangan yang diperlukan masyarakat untuk menjamin keta- hanan pangan, (2) menyediakan bahan baku industri, (3) sebagai pasar potensial bagi produk-produk yang dihasilkan oleh industri, (4) sumber tenaga kerja dan pembentukan modal yang diperlukan bagi

Baca Juga :  Sapaan Dalam Bahasa Inggris Dan Jawabannya

Apa peran sektor pertanian dalam perekonomian?

Adapun peran sektor pertanian dalam perkembangan ekonomi di Indonesia yaitu: 1. Sebagai sektor penghasil bahan pangan 2. Sebagai sumber tenaga kerja bagi sektor ekonomi lain 3. Sebagai salah satu penghasil sumber devisa bagi negara 4.

Hal apa saja yang anda ketahui mengenai sektor pertanian?

Sektor pertanian terdiri dari 5 (Lima) sub sektor, yaitu tanaman pangan, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan. “Salah satu sektor pertanian yaitu peternakan yang mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberpa tahun terakhir.

Apa saja potensi yang ada di Indonesia?

Potensi sumber daya alam Indonesia

  • Hutan.
  • Lautan.
  • Minyak bumi.
  • Gas alam.
  • Batu bara.
  • Apa itu agrikultur dan contohnya?

    1.agrikultur adalah sebuah bidang pertanian yang cukup rumit bagi perusahaan teknologi.contohnya padi,kapas.

    Kekayaan apa saja yang ada di Indonesia?

    Sumber daya alam di Indonesia tidak terbatas pada kekayaan hayatinya saja. Berbagai daerah di Indonesia juga dikenal sebagai penghasil berbagai jenis bahan tambang, seperti petroleum, timah, gas alam, nikel, tembaga, bauksit, timah, batu bara, emas, dan perak.

    Apakah perikanan termasuk Agriculture?

    Selain sebagai negara Agraria, Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim dengan luas perairan mencakup 3,25 juta km2. Perikanan juga termasuk dalam salah satu sektor agrikultur yang memegang peranan penting dalam struktur sosial dan ekonomi di Indonesia.

    Apa nama lain dari agrikultur?

    Dalam kehidupan sehari-hari, istilah Agrikultur ini kita sebut dengan Pertanian (dalam arti luas).

    Mengapa sektor pertanian di negara kita perlu diperhatikan?

    Menurut Budi Kolonjono, beberapa alasan yang mendasari pentingnya pertanian di Indonesia adalah: (1)Potensi sumberdayanya yang besar dan beragam, (2)Pangsa terhadap pendapatan nasional cukup besar,(3)Besarnya penduduk yang menggantungkan hidupnya pada sektor ini,(4)Menjadi basis pertumbuhan di pedesaan.

    Baca Juga :  Apa Arti About Dalam Bahasa Indonesia

    Mengapa sektor perekonomian penting bagi suatu negara?

    Akan tetapi tujuan sistem ekonomi pada setiap negara sama yaitu bertujuan untuk kemakmuran dan kesejahtraan masyarakat, mencapai kestabilan ekonomi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta dapat meratakan pemerataan pendapatan diantara berbagai golongan dan lapisan masyarakat.

    Apa saja masalah pertanian di Indonesia?

    Masalah pertama adalah permodalan, kedua lahan makin sulit, ketiga teknologi pertanian modern, keempat persoalan pupuk, dan kelima soal pemasarannya.

    Apakah pertanian bagi kehidupan kita?

    Pertanian salah satu pilar bagi kehidupan bangsa. Bertani adalah pekerjaan yang mulia, selain untuk kehidupannya sendiri, juga penting bagi kelestarian alam dan makluk hidup lainnya. Petani sebenamya manusia yang kaya karena bisa memberikan banyak hal yang bermanfaat bagi manusia dan alam.

    Sektor pertanian merupakan sektor primer dalam perekonomian Indonesia Apa peran sektor pertanian dalam perekonomian?

    Sektor pertanian merupakan sumber pertama kehidupan dan pendapatan masyarakat petani. Peranan klasih dari sektor pertanian dalam Perekonomian nasional adalah penyediaan bahan pangan bagi Indonesia yang saat ini sudah berjumlah 220 juta jiwa.

    Apa yang dimaksud dengan sektor?

    Sedangkan pengertian sektor menurut kamus tersebut adalah lingkungan suatu usaha.

    Apa hambatan utama Indonesia dalam pengembangan sektor pertanian selama ini?

    Surachman menuturkan lima masalah pertanian yang dihadapi adalah alih fungsi dan fragmentasi lahan pertanian; rusaknya infrastruktur/jaringan irigasi; makin berkurang dan mahalnya upah tenaga kerja pertanian; masih tingginya susut hasil; dan belum terpenuhinya kebutuhan pupuk dan benih sesuai rekomendasi spesifik

    Apa saja potensi yang ada pada diri manusia?

    Lebih lengkapnya, berikut jenis-jenis potensi diri.

  • Kemampuan Sosiologis. Kemampuan sosiologis adalah kemampuan untuk peka terhadap suatu permasalahan sosial di sekitar.
  • Kemampuan Musikal.
  • Kemampuan Naturalis.
  • Kemampuan Logika.
  • Kemampuan Linguistik.
  • Kemampuan Spasial.
  • Kemampuan Visual.
  • Kemampuan Kinestetik.
  • Baca Juga :  Apa Artinya Siklus Air

    Apa yang dimaksud potensi daerah dan berikan contohnya?

    Potensi Daerah

    Segala sesuatu yang ada di suatu daerah yang dapat dimanfaatkan lebih jauh disebut potensi daerah. Tanah yang subur, pemandangan alam yang indah, laut yang kaya akan ikan merupakan contoh potensi yang ada di suatu daerah.

    Apa yang dimaksud non agrikultur dan contohnya?

    Non Agikultur merupakan proses memproduksi tanaman pertanian yang dimanfaatkan selain untuk bahan pangan manusia dan pakan ternak atau lebih singkatnya adalah produk non pangan.

    Apa yang dimaksud dengan agrikultur dan non agrikultur serta berikan contohnya?

    agrikultur proses mempriduksi makanan, pangan, serat,dll dlm sektir pertanian dan pertambahan hewan lokal. non agrikultur tanaman pertsnian yang di manfaatkan untuk bahan pangan manusia dan pakan ternak.

    Kegiatan Kegiatan apa sajakah yang tergolong kegiatan agrikultur berikan contoh?

    Sebutkan 10 contoh kegiatan Agrikultur di Indonesia

  • produksi barang agrikultur.
  • industri kimiawi.
  • industri serat serat.
  • industri bahan bakar.
  • industri bunga potong dan tanaman hias.
  • penjualan bibit tanaman.
  • sektor perikanan.
  • peternakan burung.
  • Sumber Daya Alam Indonesia Hasil Pertanian

    Hasil pertanian Indonesia di antaranya yaitu padi atau beras, jagung, ubi, kayu, kedelai, dan kacang tanah.

    Liputan6.com, Jakarta Pengertian agrikultur adalah suatu upaya untuk memproduksi atau membuat makanan, pangan, serat dan hasil lainnya dalam bidang pertanian yang memerlukan tenaga manusia, yang di dalamnya pun termasuk berbagai jenis tanaman tertentu serta pertambahan pada berbagai hewan lokal.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *