Bagaimana Pengaruh Cfc Terhadap Ozon

Bagaimana pengaruh CFC terhadap lapisan ozon?

CFC juga mengakibatkan penipisan lapisan ozon bumi. Sehingga sinar Ultarviolet matahari masuk ke bumi secara langsung dan meningkatkan suhu bumi.

Bagaimana pengaruh CFC pada pemanasan global?

CFC dapat merusak lapisan ozon. Pada lapisan atmosfir yang tinggi, ikatan C-Cl akan terputus menghasilkan radikal-radikal bebas klorin. CFC juga bisa menyebabkan pemanasan global. Satu molekul CFC-11 misalnya, memiliki potensi pemanasan global sekitar 5000 kali lebih besar ketimbang sebuah molekul karbon dioksida.

Bagaimana pengaruh CFC terhadap ozon brainly?

cfc akan mengakibatkan lapisan ozon menipis dan berlubang, sehingga sinar matahari akan langsung mengenai permukaan bumi, dan sinar matahari tidak lagi menyehatkan tubuh

Apakah manfaat lapisan ozon bagi kehidupan di bumi?

Lapisan ozon sangat penting karena dapat menyerap radiasi ultra violet (UV) dari matahari untuk melindungi radiasi yang tinggi sampai ke permukaan Bumi. Radiasi UV mempunyai panjang gelombang yang lebih pendek daripada cahaya.

CFC apa itu?

CFC sendiri merupakan kependekan dari Chloro Fluoro Carbon yang merupakan senyawa kimia yang memiliki kemampuan untuk mendinginkan lingkungan yang bersuhu rendah dan membuang panas ke tempat bersuhu tinggi. Salah satu contoh dari refrigeran CFC ini adalah freon R22.

Apa saja contoh peralatan yang mengandung gas CFC freon?

5 contoh benda yang mengandung gas CFC (Chloro flouro carbon)

  • Kulkas.
  • Air Conditioner.
  • Parfum.
  • Benda elektronik.
  • Pembersih (Pledge)
  • Mengapa penggunaan CFC sebagai pendingin dilarang?

    Karena CFC memberikan ancaman terhadap lapisan ozon. CFC dapat memecahkan ozon diatmosfer. Semakin banyak CFC di atmosfer, maka semakin banyak molekul ozon yang terpecah sehingga mengakibatkan penipisan lapisan ozon bahkan sampai berlubang sehingga dapat ditembus sinar ultraviolet matahari.

    Bagaimanakah pengaruh klorofil?

    Klorofil dapat menyerap energi matahari yang berfungsi untuk memecah molekul air dalam proses reaksi terang menjadi oksigen dan juga hidrogen. 2. Klorofil juga berperan sebagai mediator pemindahan elektron dalam proses transmisi elektron pada reaksi kimia di daun.

    Apa itu CFC dan dampaknya?

    CFC adalah singkatan dari Cluoro Fluoro Carbon. CFC merupakan zat kimia yang dinabfaatkan dalam pembuatan Freon pendingin ruangan, Freon lemari es, dalam parfum bentruk spray, obat nyamuk spray dan lain sebagainya. CFC ini mengakobatkan dampak yang berbahaya bagi lingkungan. 4. Turunnya imunitas manusia.

    Apa yang dimaksud dengan CFC dan pengaruhnya bagi lingkungan?

    gas Chlorofluorocarbon ( CFC ) berfungsi sebagai pendingin. Gas CFC ini cukup berbahaya bagi bumi. Karena dapat merusak lapisan ozon bumi yang akan menyebabkan peningkatan suhu di bumi. Akibatnya bumi terasa sangat panas dan sering terjadi perubahan iklim yang tidak menentu.

    Baca Juga :  Hubungan Saat Menstruasi Apakah Bisa Hamil

    Apakah fungsi lapisan ozon bagi kehidupan makhluk hidup di bumi dan bagaimana dampaknya apabila lapisan ozon semakin menipis?

    Fungsi lapisan ozon mampu melindungi dari radiasi sinar UV, benda-benda asing di luar planet, mengatur suhu bumi, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya fungsi lapisan ozon tidak akan berdampak jika penipisan terjadi. Apalagi ozon termasuk komponen atmosfer yang sangat sedikit jumlahnya.

    Mengapa lapisan ozon itu perlu untuk bumi brainly?

    Lapisan ozon memiliki peran atau fungsi yaitu sebagai lapisan yang mampu menyerap hampir semua radiasi dari sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh cahaya matahari di mana ozon menyerap 99% dari sinar ultra violet dan hanya 1% dari sinar ultraviolet yang dapat sampai ke permukaan bumi.

    Singkatan apakah CFC itu dan biasa dijumpai dimana?

    Maka CFC yang dinaksud adalah gas Chloro Fluro Carbon merupakan salah satu gas rumah kaca yang biasa digunakan untuk pendingin ruangan atau gas penekan pada produk aerosol.

    Apa yang dimaksud dengan CFC brainly?

    Jawaban terverifikasi ahli

    Chloro Fluro karbon (juga disebut CFC) adalah gas terdiri dari tiga unsur Klor, Fluor dan Carbon yaitu senyawa-senyawa yang mengandung atom karbon dengan klorin dan fluorin terikat.

    Apakah kepanjangan CFC bahan CFC dapat ditemukan pada produk apa saja?

    CFC atau Chlorofluorocarbon adalah senyawa organik yang banyak digunakan sebagai pendingin dalam aplikasi seperti kulkas, AC dan juga digunakan sebagai pengisi aerosol dalam parfum atau pengharum dan penyemprot lainnya seperti pengusir serangga. CFC dikenal juga dengan merek dagang Freon.

    Apa fungsi klorin dari gas CFC?

    Molekul CFC terurai setelah diputar dengan sinar uv, dan melepaskan atom klorin. Atom klorin ini juga mendukung untuk memusnahkan ozon dan menghasilkan lubang ozon.

    Apa saja kegunaan freon?

    Freon, disebut juga sebagai refrigerant, adalah senyawa kimia yang digunakan sebagai fluida untuk menyerap panas dari udara di suatu ruangan sehingga suhu dalam ruangan tersebut menjadi lebih rendah. Diolah ke dalam bentuk gas, freon pun tidak memiliki warna maupun bau tertentu.

    Dari mana zat CFC berasal?

    Nama merek dagang CFC terkadang membingungkan masyarakat pada umumnya sehingga mengira CFC berasal dari perusahaan asing. Namun sebenarnya, CFC merupakan produk murni asal Indonesia yang memiliki citra rasa sebanding dengan ayam goreng asal Amerika.

    Baca Juga :  Apa Itu Penyakit Toksin

    Bagaimana cara mengurangi penggunaan bahan yang mengandung CFC?

    Karena itu perlu dilakukan beberapa langkah mengurangi CFC. Cara mengurangi emisi CFC adalah dengan mengurangi produk yang melarang perangkat CFC, menggantinya dengan senyawa pendingin lain seperti HFC (Hidro Fluoro Carbon) dan mendaur ulang perangkat yang masih menggunakan CFC.

    Bagaimana cara mengatasi penggunaan CFC?

  • mengurangi pemakaian produk yg dapat menimbulkan gas cfc seperti kulkas, ac, dll.
  • gunakan kendaraan umum agar gas cfc tidak banyak dihasilkan kendaraan.
  • gunakan sepeda bila ingin berpergian jarak dekat seperti ingin ke rumah teman.
  • hemat listrik..
  • Pigmen tanaman apa yang terlibat dalam fotosintesis?

    Kloroplas terdapat pada semua bagian tumbuhan yang berwarna hijau, termasuk batang dan buah yang belum matang. Di dalam kloroplas terdapat pigmen klorofil yang berperan dalam proses fotosintesis.

    Mengapa pada umumnya tumbuhan memiliki klorofil?

    Pada umumnya tumbuhan memiliki klorofil karena berfungsi untuk proses fotosintesis. Klorofil digunakan untuk menangkap cahaya sebagai energi untuk fotosintesis.

    Mengapa masih banyak daun yang tidak berwarna hijau?

    Warna. Sebagian besar daun berwarna hijau karena mengandung klorofil alias zat hijau daun. Sementara, pada musim gugur, warna daun akan berubah jadi merah kecokelatan karena tumbuhan menyerap klorofil ke batang untuk persiapan menghadapi musim dingin.

    Mengapa CFC sangat berbahaya?

    CFC dan HCFC antara lain menghasilkan freon yang keluar dari mesin AC atau lemari es dan kalau freon ini dibuang ke udara secara semaunya, maka akan merusak lapisan ozon sehingga ozon menjadi bolong. Akibatnya sinar matahari bisa langsung sampai di bumi dan kemudian merusak tubuh orang.

    Apa yang akan terjadi jika lapisan ozon semakin menipis?

    Penipisan lapisan ozon akan meningkatkan radiasi sinar ultraviolet sinar matahari sampai ke bumi. Hal ini berbagai dampak langsung bagi kesehatan manusia seperti kanker, tumbuhan, dan hewan. Menipisnya lapisan ozon ini dipicu oleh meningkatnya penggunaan Bahan Perusak Ozon (BPO).

    Apa penyebab dan dampak yang ditimbulkan dari penipisan lapisan ozon?

    Penipisan lapisan ozon mengakibatkan masuknya lebih banyak radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya masuk ke permukaan bumi. Peningkatan radiasi ultraviolet itu yang menjadi salah satu penyebab meningkatnya angka kejadian kanker kulit, penyakit katarak, dan penurunan kekebalan tubuh.

    Baca Juga :  Apa Itu Pengapuran

    Apa yang dimaksud dengan penipisan lapisan ozon?

    Penipisan ozon merupakan kondisi yang terjadi ketika atom bromin dan klorin bersentuhan langsung dengan lapisan strafosfer bumi yang menyebabkan rusaknya ozon. Satu atom klorin bisa merusak lebih dari 100.000 molekul ozon.

    Mengapa lapisan ozon sangat berpengaruh terhadap pemanasan global brainly?

    jika terjadi penipisan lapisan ozon maka sinar matahari langsung akan memasuki bumi dan tanpa adanya penyerapan sinar ultraviolet oleh lapisan ozon dan akibatnya adalah terjadinya pemanasan global

    Bagaimana terbentuknya lapisan ozon?

    Ozon terbentuk secara alami melalui siklus Chapman, dimana reaksi pemecahan molekul Oksigen (O2) oleh sinar UV menjadi dua atom oksigen yang kemudian bereaksi dengan molekul oksigen lain menjadi molekul O3. Pembentukan molekul ozon paling banyak terbentuk di daerah tropis karena intensitas sinar UV paling optimum di

    Apa kepanjangan KFC dan CFC?

    California Fried Chicken (CFC) restoran ayam cepat saji pertama bergaya Amerika milik Indonesia. Money.id - Jika Amerika Serikat memiliki restoran ayam cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC), maka Indonesia juga memilikinya. California Fried Chicken (CFC) adalah restoran ayam cepat saji milik Indonesia.

    Apa yang dimaksud kulkas non CFC?

    Kulkas non CFC sendiri merupakan jenis kulkas yang tidak dilengkapi dengan CFC. Tidak hanya ramah akan lingkungan, kulkas non CFC akan memberikan keuntungan bagi para penggunanya. Kulkas 2 Pintu Aqua sendiri merupakan salah satu produk kulkas non CFC yang dijual di pasaran.

    Terdapat Dimanakah kloro fluoro karbon yang menyebabkan menipisnya lapisan ozon?

    Zat CFC terdapat pada pengharum ruangan, pendingin ruangan, dan kulkas. Bila dilepas ke atmosfer, zat yang mengandung klorin ini akan dipecah oleh sinar matahari yang menyebabkan klorin dapat bereaksi dan menghancurkan molekul-molekul ozon.

    CFC dapat merusak Ozon dan menetap pada lapisan atmosfir sehingga menyebabkan cahaya yang masuk terperangkap sehingga menyebabkan efek gas rumah kaca , yang memperparah Global warming atau pemanasan global , yang akibatnya suhu bumi meningkat atau terasa lebih panas baik siang maupun malam.

    Lapisan ozon sangat penting karena dapat menyerap radiasi ultra violet (UV) dari matahari untuk melindungi radiasi yang tinggi sampai ke permukaan Bumi. Radiasi UV mempunyai panjang gelombang yang lebih pendek daripada cahaya.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *