Bagaimana Cara Penularan Penyakit Influenza

Bagaimana cara penularan virus influenza?

Influenza dapat ditularkan melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Kontak langsung terjadi apabila droplet dari penderita yang mengandung virus ditransmisikan ke orang lain saat penderita batuk, bersin atau berbicara.

Bagaimana virus flu burung menyebar cepat dan dapat menginfeksi manusia?

Virus flu burung dapat menginfeksi manusia jika terjadi kontak langsung dengan unggas yang terinfeksi virus ini. Beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko terinfeksi virus flu burung adalah: Menyentuh unggas yang terinfeksi, baik yang masih hidup atau sudah mati.

Kapan virus flu Menular?

Penularan bisa terjadi, bahkan sebelum gejala flu muncul

Artinya, Anda dapat terinfeksi dan mengalami gejalanya kapan saja dalam rentang masa inkubasi tersebut. Orang dewasa bisa menularkan virus influenza pada orang lain dalam 5-10 hari setelah ia merasakan gejala.

Berapa hari terkena flu?

Sebagian orang yang terkena flu setidaknya menghabiskan waktu sekitar 7 sampai 10 hari sampai sakitnya sembuh. Gejala flu mungkin saja hanya berlangsung beberapa hari, namun biasanya sisa-sisa penyakitnya bertahan lebih dari dua minggu.

Flu burung disebabkan oleh virus apa?

Flu burung merupakan flu yang ditularkan burung ke manusia. Dalam dunia medis flu burung juga dikenal dengan sebutan avian influenza. Flu burung sendiri disebabkan oleh virus H5N1 atau H7N9.

Mengapa penularan flu burung melalui kontak langsung?

Kontak dengan Unggas

Risiko penularan flu burung bisa meningkat karena kontak langsung dengan unggas yang sudah terinfeksi. Entah unggas yang masih hidup atau yang sudah mati. Selain itu, kontak dengan cairan tubuh unggas yang terinfeksi virus juga bisa meningkatkan risiko sakit.

Berapa lama flu burung di Indonesia?

Dalam rentang waktu empat tahun, yaitu sekitar Desember 2003 hingga Desember 2007, wabah flu burung mengakibatkan lebih dari 16 juta kematian unggas di seluruh Indonesia, baik akibat penyakit maupun pemusnahan.

Baca Juga :  Apa Penyakit Autoimun Itu

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah flu?

  • Mencuci tangan, menutup hidung mulut saat bersin dengan tisu, menggunakan masker.
  • Dilakukan oleh Kemenkes untuk mengawasi virus influenza yang beredar.
  • Dapat sebagai terapi maupun pencegahan.
  • Vaksinasi influenza merupakan cara terbaik untuk pencegahan influenza.
  • Pilek biasanya bisa sembuh dalam waktu 7 sampai 10 hari. Namun biar cepat sembuh, kamu yang terkena pilek dianjurkan untuk beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, serta minum banyak air putih untuk menggantikan cairan yang hilang dari dalam tubuh.

    Sebagian orang yang terkena flu setidaknya menghabiskan waktu sekitar 7 sampai 10 hari sampai sakitnya sembuh. Gejala flu mungkin saja hanya berlangsung beberapa hari, namun biasanya sisa-sisa penyakitnya bertahan lebih dari dua minggu.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *