Bagaimana Cara Penularan Penyakit Cacar Air

Penularan cacar air lewat apa?

Virus penyebab cacar air menyebar dengan mudah, terutama melalui kontak dekat dengan seseorang yang tengah mengidap cacar air. Pengidap cacar air mudah menularkan virus ini sampai tidak ada lesi baru yang muncul selama 24 jam di kulitnya.

Kapan cacar air tidak menularkan?
Cacar air dikatakan baru tidak dapat menular lagi setelah seluruh vesikel atau bentolnya mengering. Sehingga apabila saat ini cacar anda masih terdapat cairan yang keluar dari benjolan maka hal tersebut masih infeksius / menular. Biasanya infeksius cacar sampai 7 hari setelah adanya gejala.

Langkah mencegah cacar air?

  • Hindari kontak langsung atau berdekatan dengan orang yang terinfeksi.
  • Selalu menggunakan masker ketika melakukan interaksi dengan anggota keluarga yang kena cacar.
  • Rajin cuci tangan menggunakan sabun, terutama setelah kontak dengan orang yang sedang cacar.
  • Kenapa cacar bisa terjadi dua kali?

    Mengapa demikian? Virus varicella zoster (VZV) akan menetap pada jaringan saraf, meski dalam keadaan tidak aktif. Virus ini dapat direaktivasi di kemudian hari, dan menyebabkan Anda terkena cacar dua kali.

    Kenapa cacar air bisa berulang?

    Selain kesalahan diagnosis, infeksi cacar air berulang bisa dialami oleh seseorang yang mengidap penyakit sistem kekebalan tubuh. Misalnya, pada seseorang yang mengalami imunosupresi untuk transplantasi atau mengidap AIDS.

    Kira-kira 1-2 hari sebelum bintik-bintik merah muncul sampai 1 minggu setelahnya, atau sampai seluruh lentingan telah pecah dan kering, virus mudah menular. Jadi, apabila tidak lagi muncul bintik baru, dan semua bintik sudah kering, kemungkinan besar Anda sudah tidak lagi menularkan virus cacar.

    Mengapa demikian? Virus varicella zoster (VZV) akan menetap pada jaringan saraf, meski dalam keadaan tidak aktif. Virus ini dapat direaktivasi di kemudian hari, dan menyebabkan Anda terkena cacar dua kali.

    Baca Juga :  Buang Air Besar Keluar Darah Tanda Penyakit Apa

    About tissa

    Check Also

    Penggunaan Pupuk Buatan Secara Berlebihan Dapat Mengakibatkan

    Apa akibat dari penggunaan pupuk secara berlebihan? Pemberian pupuk berlebihan bisa mempengaruhi tanah maupun media …

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *