Apakah Yang Dimaksud Dengan Terasering

Apakah yang dimaksud dengan terasering brainly?

Terasering adalah bangunan konservasi tanah dan air secara mekanis dibuat untuk memperkecil kemiringan lereng atau mengurangi panjang lereng dengan cara menggali dan mengurug tanah melintang lereng.

Apa yang disebut terasering dan sebutkan 2 fungsinya?

terasering adalah suatu pola atau teknik bercocok tanam dengan sistem bertingkat (berteras- teras) sebagai upaya pencegahan erosi tanah.fungsi terrasering : 1. Menjaga dan meningkatkan kestabilan lereng. 3.Mengurangi panjang lereng atau memperkecil tingkat kemiringan lereng.

Apa yang dimaksud dengan terasering?

Terasering adalah penanaman dengan membuat teras-teras yang dilakukan untuk mengurangi panjang lereng dan menahan atau memperkecil aliran permukaan agar air dapat meresap ke dalam tanah. Jenis terasering antara lain teras datar, teras kredit, teras gulud, teras bangku, teras individu, dan teras kebun.

Apa yang dimaksud membuat terasering di lahan miring?

Terasering atau sengkedan merupakan metode konservasi dengan membuat teras-teras yang dilakukan untuk mengurangi panjang lereng, menahan air sehingga mengurangi kecepatan dan jumlah aliran permukaan, serta memperbesar peluang penyerapan air oleh tanah.

Pembuatan terasering bermanfaat bagi kegiatan ekonomi di bidang apa?

Terasering Bermanfaat di bidang pertanian.

Apa kegunaan terasering dalam lahan pertanian?

Menjaga dan meningkatkan kestabilan lereng. Memperbanyak resapan air hujan ke dalam tanah. Mempermudah perawatan atau konservasi lereng. Mengurangi panjang lereng atau memperkecil tingkat kemiringan lereng.

Apakah tujuan pembuatan terasering atau sengkedan?

Biasanya terasering atau sengkedan ini sering digunakan oleh masyarakat setempat untuk konservasi lingkungan serta mencegah bencana alam. Berikut merupakan tujuh manfaat dari sengkedan. Hal ini bertujuan untuk mencegah tanah longsor serta menambah penghijauan di lingkungan sekitar.

Mengapa pada lahan miring seperti di perbukitan seringkali dibuat sengkedan apa tujuannya?

Dengan dibuat sengkedan dapad menambah lahan resapan air karena lereng gunung yang curam diubah menjadi datar sehingga dapat membantu memaksimalkan penyerapan air. Dengan dibuat bertahap-tahap atau seperti tangga, terasering atau sengkedan dapat mengurani tingkat kecuraman pada lereng pegunungan.

Baca Juga :  Apa Yang Dimaksud Dengan Kalimat Pendukung

Mengapa pada dataran tinggi sawah dibuat bertingkat tingkat?

Terasering dibuat di dataran tinggi karena efektif untuk bertanam di daerah yang bidang tanahnya miring. Dengan begitu lahan yang ada bisa dimanfaatkan dengan lebih maksimal untuk bercocok tanam oleh petani, nih, Kids.

Mengapa di daerah pegunungan sawah berundak undak?

sawah dicetak berteras atau berundak-undak untuk menahan air dan menghindari erosi. jadi semacam sawah terasering.

Mengapa pembuatan terasering dapat mencegah tanah longsor di lereng bukit atau tanah miring?

Terasering merupakan tangga atau undak-undakan yang biasa terdapat di sawah-sawah dataran tinggi. Hal ini dilakukan untuk memperkecil penekanan sehingga tanah tidak mudah longsor karena tertahan oleh bagian-bagian yang datar.

Apakah manfaat pola pertanian terasering bagi lingkungan brainly?

Jawaban: Manfaat Konservasi Tanah Melalui Terasering: Memanfaatkan proses ekologis alami untuk mempertahankan kelembaban, meningkatkan kesuburan tanah, memperkuat struktur tanah, dan mengurangi keberadaan hama penyakit.

Apa manfaat sengkedan pada tanah yang ada di lereng gunung?

Didaerah pegunungan lereng-lereng gunung dibuat sengkedan dengan bertujuan menjadikan lereng gunung lebih produktif dengan dijadikannya lahan untuk bertani budidaya padi maupun budidaya palawija.

Mengapa pertanian dan perkebunan di daerah pegunungan dibuat dengan sistem terasering atau sengkedan?

Tujuan dari terasering adalah agar tanah menjadi lebih stabil, karena air yang mengalir dari lahan yang tinggi tidak langsung mengalir ke bawah dan menggerus tanah ini. Dengan demikian, erosi akibat aliran air dapat dikurangi, dan terasering dapat mencegah terjadinya banjir dan longsor.

Mengapa masyarakat memanfaatkan lahan di daerah perbukitan dengan sistem terasering?

Jawaban: Terasering biasanya dibuat di daerah perbukitan atau lahan pertanian yang terjal. Hal ini bertujuan ntuk menjaga lahan agar tetap di tempatnya dan tidak terjadi longsor.

Baca Juga :  Kapankah Globalisasi Dikatakan Berdampak Negatif

Sawah di dataran apa?

Di Indonesia, lahan sawah merupakan lahan pertanian yang umum dijumpai di daerah dataran dengan topografi landai. Biasanya lahan pertanian yang berupa hamparan sawah yang luas ditemukan di daerah pedesaan yang diselingi perkampungan para petani.

Dimana sistem terasering dapat kita jumpai?

Terasering sering Anda jumpai ketika berkunjung di daerah pegunungan. Biasanya area tersebut ditanami dengan tanaman padi. Beberapa masyarakat juga menyebut tempat tersebut dengan istilah sengkedan atau sawah bertingkat.

Apa manfaat dari sawah?

Sawah merupakan suatu areal yang berpetak petak, berteras yang peruntukan utamanya adalah untuk bertanam padi, karena kita semua tentu makan nasi yang berasal dari beras atau padi.

Apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi tanah longsor?

  • Jangan Membuat Kolam Atau Sawah Di Atas Lereng.
  • Tidak Mendirikan Rumah Di Bawah Tebing.
  • Jangan Menebang Pohon Di Sekitar Lereng.
  • Jangan Memotong Tebing Secara Tegak Lurus.
  • Tidak Mendirikan Bangunan Di Sekitar Sungai.
  • Membuat Terasering.
  • Lakukan Upaya Preventif.
  • Apa yang dilakukan untuk menghindari terjadinya tanah longsor?

  • Pembuangan dan Penggantian Material.
  • Memperbaiki Drainase Permukaan dan Bawah Permukaan Tanah.
  • Menjaga Volume Air Di Atas Lereng.
  • Melestarikan Vegetasi.
  • Menggali Bagian Atas Lereng.
  • Menopang Permukaan Lereng.
  • Membangun Tiang Pancang.
  • Membangun Dinding Penahan.
  • Terasering adalah bangunan konservasi tanah dan air secara mekanis yang dibuat untuk memperpendek panjang lereng dan atau memperkecil kemiringan lereng dengan jalan penggalian dan pengurugan tanah melintang lereng.

    Terasering atau sengkedan merupakan metode konservasi dengan membuat teras-teras yang dilakukan untuk mengurangi panjang lereng, menahan air sehingga mengurangi kecepatan dan jumlah aliran permukaan, serta memperbesar peluang penyerapan air oleh tanah.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *