Apakah Thalasemia Bisa Sembuh

Apakah thalasemia bisa disembuhkan jelaskan?

Hingga saat ini, penyakit ini “ belum dapat disembuhkan” dan memiliki komplikasi yang banyak. Pasien Talasemia Mayor membutuhkan transfusi rutin seumur hidupnya agar dapat hidup dan beraktivitas secara normal.

Mengapa pada penderita thalasemia terdapat gejala anemia?

Thalasemia merupakan penyakit keturunan yang menyebabkan gangguan produksi sel darah merah, sehingga sel darah merah lebih cepat dihancurkan. Oleh karena itu, penderita thalasemia akan mengalami gejala kurang darah atau anemia.

Apakah thalasemia minor bisa sembuh?

Thalassemia adalah kelainan sel darah merah yang hingga kini tak dapat disembuhkan, tetapi bisa dicegah.

Apakah penyakit Thalasemia Bisa Dicegah?

Penyakit ini menarik perhatian dunia lantaran tak bisa disembuhkan, namun sebenarnya dapat dicegah. Dokter ahli hematologi onkologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Pustika Amalia menjelaskan thalassemia merupakan kelainan bawaan sel darah merah yang tidak memiliki protein.

Apa itu thalasemia minor dan mayor?

Thalassemia mayor, pasien yang memerlukan transfusi darah secara rutin seumur hidup. Thalassemia intermedia pasien yang membutuhkan transfusi darah, tetapi tidak rutin. Thalassemia minor/trait/pembawa sifat: Secara klinis tampak sehat sama dengan orang normal, tidak bergejala dan tidak butuh transfusi darah.

Apa beda thalasemia minor dan mayor?

Lebih lanjut, Thalasemia terbagi atas Thalasemia mayor dan Thalasemia minor. Thalasemia minor hanya berupa anemia ringan dan penderita tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Sedangkan Thalasemia mayor, penderita menjadi lemas dan tak bisa bekerja.

  • Transfusi darah. Transfusi sel darah merah adalah pengobatan utama untuk orang yang memiliki thalasemia sedang atau berat.
  • 2. Terapi kelasi zat besi.
  • 3. Suplemen asam folat.
  • 4. Transplantasi darah dan sumsum tulang.
  • Penyakit ini menarik perhatian dunia lantaran tak bisa disembuhkan, namun sebenarnya dapat dicegah. Dokter ahli hematologi onkologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Pustika Amalia menjelaskan thalassemia merupakan kelainan bawaan sel darah merah yang tidak memiliki protein.

    Baca Juga :  Sendawa Itu Apa

    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *