Apakah Oli Mobil Bisa Untuk Motor

Apakah oli mobil bisa dipakai untuk motor?

Padahal sebenarnya oli mobil bisa dipakai di motor loh. Tapi, perlu diingat kalau mobil rpmnya paling tinggi 5.000 atau 6.000 rpm. Sedangkan motor harian bisa 11.000 rpm. Kalau putaran mesin motor bisa sampai 11.000 rpm atau setengah dari mobil, penggunaan jangka waktu pelumasnya juga beda.

Apakah oli mobil bisa untuk motor kopling?
Pada dasarnya, penggunaan oli mobil untuk motor dirasa kurang tepat dan dapat menimbulkan efek yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan. Meski keduanya memiliki fungsi yang sama terhadap mesin, namun pada mesin mobil lebih banyak mengadopsi sistem transmisi dengan jenis kopling kering.

Apa oli mobil bisa untuk motor matic?

Lantas, apakah hal ini bisa dilakukan? Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, menggunakan oli mobil untuk motor matik boleh saja dilakukan dengan catatan pelumas punya tingkat kekentalan sama.

Bolehkah mencampur oli mesin beda SAE?

Mencampur Oli Beda Spesifikasi

Meskipun merknya sama, kamu tidak dianjurkan untuk mencampur oli dengan dua spesifikasi yang berbeda ini.

Apa beda oli matic dan manual?

Biasanya untuk oli motor matic ini mendapatkan kode JASO MB yang berarti menunjukan terdapat kandungan Molibdenum di dalam oli tersebut. Sedangkan pada oli motor manual ini mendapatkan kode JASO MA yang berarti terdapat kandungan zat aditif berupa senyawa yang berguna untuk menjadikan kopling menjadi presisi.

Oli kental SAE berapa?

Oli yang lebih kental biasanya punya SAE 15W-40, 15W-50, 20W-40, 20W-50 bahkan oli single grade 40WT.

Bolehkah Ertiga pakai oli 10W 40?

Untuk mesin Ertiga pelumasnya bisa memakai Fastron Gold 5W-30, jika menggunakan pelumas ini bisa tahan sampai 10.000 km. Atau Anda juga bisa menggunakan pelumas lain yakni Fastron Techno 10W-40, kalau yang ini bisa sampai 7.500 km.

Baca Juga :  1 Liter Sama Dengan Berapa Dm

Shell Helix HX5 apakah cocok untuk motor?

Seperti keluaran Pertamina yaitu Meditran SC, sedangkan pabrikan Shell meluncurkan Helix HX5, kedua oli ini bisa untuk mesin bensin dan diesel.

Apakah oli mesin diesel bisa buat motor?

Oli untuk mesin diesel dan mesin bensin tentu memiliki formulasi yang berbeda. Makanya, tak disarankan kendaraan mesin bensin menggunakan oli khusus diesel atau sebaliknya.

Apa saja jenis filter yang digunakan dalam sistem pelumasan Sepeda Motor?

(BACA JUGA: Ini Kelebihan Assist & Slipper Clutch di All New Yamaha V-ixion, Komponen Lain Juga Lebih Irit)

  • Filter oli kertas. Tipe ini bisa menyaring kotoran dengan baik karena pori-pori kertas sifatnya rapat.
  • Filter oli tabung.
  • Filter oli stainless steel.
  • Apakah boleh mencampur oli mesin?

    Kalau mencampur oli beda merek masih cenderung aman asalkan sesuai viskositas dan spesifikasinya, lain halnya kalau mencampur oli yang berbeda secara spesifikasi. Meskipun mereknya sama, sangat tidak dianjurkan untuk mencampur oli dengan dua spesifikasi berbeda.

    Apakah bolehkah mencampur oli samping beda merk?

    Lebih lanjut, Prof Yus menambahkan, pada dasarnya mencampur oli beda merek sangat tidak direkomendasikan. Alasannya, meski spesifikasi olinya sama, tetapi masing-masing merek punya kandungan aditif yang berbeda-beda.

    Perbedaan oli mobil dan motor yang paling mendasar terletak pada komposisi bahannya. Oli mobil memiliki kandungan zat aditif yang berfungsi sebagai pelumas (friction modifier) dengan TBN (Total Base Number) tinggi. Nah, jumlah TBN pelumas yang tinggi tersebut justru akan berbahaya jika diaplikasikan pada motor.

    Mencampur Oli Beda Spesifikasi

    Meskipun merknya sama, kamu tidak dianjurkan untuk mencampur oli dengan dua spesifikasi yang berbeda ini.

    About tissa

    Check Also

    Berapa K

    What number is 2.2 K? So depending upon the context, 2.2k might mean $2,200 (or …

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.