Apa Yang Dimaksud Termodinamika

Apa yang dimaksud dengan termodinamika?

KOMPAS.com - Termodinamika merupakan salah satu teori utama fisika yang membahas tentang hubungan antara energi dan kerja dari suatu sistem. Selain itu, termodinamika juga bisa digambarkan sebagai ilmu yang mempelajari besaran fisis tertentu yang menggambarkan sikap zat di bawah pengaruh kalor.

Apa yang dimaksud dengan termodinamika dan berikan contohnya?

Termodinamika merupakan cabang ilmu fisika yang mempelajari proses ketika usaha diubah menjadi kalor dan ketika kalor diubah menjadi usaha. Contoh paling mudahnya adalah ketika kita menggosok-gosokkan kedua tangan kita. Dalam termodinamika, terdapat empat hukum yang berlaku.

Apa itu termodinamika brainly?

Termodinamika adalah cabang dari ilmu fisika yang mempelajari tentang proses perpindahan energi sebagai kalor dan usaha antara sistem dan lingkungan.

Apa yang dimaksud dengan hukum termodinamika 1 dan 2?

Hukum Termodinamika I, atau Hukum Kekekalan Energi, menyatakan bahwa energi tidak dapat dibuat atau dihancurkan, di dalam sistem. Hukum Termodinamika II, menyatakan bahwa entropi dari setiap sistem yang terisolasi cenderung meningkat. Sehingga, kalor mengalir spontan dari benda panas ke benda dingin.

Apa yang dimaksud dengan isobarik dan jelaskan?

Proses Isobarik (Tekanan selalu Konstan)

Proses isobarik merupakan proses perubahan sistem pada tekanan tetap. Jika sejumlah kalor diberikan kepada sistem dengan tekanan tetap, volumenya akan bertambah seiring pertambaham kalor yang masuk. Ini berarti sistem melakukan usaha.

Apa yang dimaksud dengan siklus Brayton?

The Siklus Brayton adalah siklus termodinamika yang dinamai George Brayton yang menggambarkan cara kerja mesin kalor bertekanan konstan.

Apa yang dimaksud dengan siklus Carnot?

Siklus Carnot merupakan sebuah siklus dari mesin kalor ideal. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian dari Siklus Carnot. Dimana proses kerja siklus tersebut adalah sebagai berikut: Mengembang secara Isotermal (Dari titik 1 ke 2)

Apa yang dimaksud hukum termodinamika II?

Hukum ke-2 Termodinamika

"Kalor mengalir secara spontan dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah dan tidak mengalir secara spontan dalam arah kebalikannya."

Apa yang dimaksud dengan Hukum Termodinamika 2?

Hukum termodinamika kedua adalah hukum fisika yang menyatakan bahwa adalah tidak mungkin untuk membuat sebuah mesin kalor yang bekerja dalam suatu siklus yang semata-mata mengubah energi panas yang diperoleh dari suatu reservoir pada suhu tertentu seluruhnya menjadi usaha mekanik.

Baca Juga :  Apa Itu Tahun Masehi

Apa rumus hukum termodinamika 2?

Proses Isokhorik. Coba perhatikan gambar berikut ini! Proses kedua dari hukum termodinamika yaitu menerangkan bahwa sistem memiliki nilai volume kontant (W = P x ΔV ). Berdasarakan Gambar 2 proses isokhorik, yaitu : Suatu sistem dengan volume (V) konstan, akan menghasilkan nilai usaha (W) sama dengan nol (0).

Apa yang dimaksud dengan isotermis dan jelaskan?

Isoterm adalah perubahan keadaan gas pada suhu yang tetap. Proses isotermal merupakan proses termodinamika yang prosesnya berjalan dan suhu gasnya tetap.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan isokhorik isobarik dan adiabatik?

Isokhorik adalah proses perubahan keadaan sistem pada volume tetap, V₁ = V₂. Usaha pada proses isokhorik bernilai nol karena ΔV = 0. Adiabatik adalah proses perubahan sistem tanpa ada kalor yang masuk maupun keluar.

Apa yang dimaksud isokhorik isobarik dan isotermal *?

Proses isotermal adalah proses perubahan keadaan suatu gas dalam ruang tertutup dapat dilakukan pada suhu tetap. Proses isokhorik adalah proses yang terjadi pada gas yang berada dalam ruang tertutup pada volume tetap. Proses isobarik merupakan proses pengubahan keadaan gas yang dilakukan pada tekanan tetap.

Apa yang dimaksud dengan siklus Otto?

Siklus Otto adalah siklus termodinamika ideal yang menggambarkan fungsi mesin piston pengapian percikan khas. Siklus Otto adalah deskripsi tentang apa yang terjadi pada massa gas karena mengalami perubahan tekanan, suhu, volume, penambahan panas, dan penghilangan panas.

Bagaimana hubungan antara siklus Brayton dengan proses kerja turbin gas?

Turbin gas dijelaskan secara termodinamika oleh Siklus Brayton, di mana udara dikompresi secara isentropic, pembakaran terjadi pada tekanan konstan, dan ekspansi terjadi di turbin secara isentropik kembali ke tekanan awal.

Apa sinonim dari kata siklus?

Sinonim Siklus adalah : daur, peredaran.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan siklus gambarkan bagaimana siklus mesin Carnot dan uraikan rangkaian prosesnya beserta apa yang terjadi pada setiap proses?

Siklus Carnot adalah proses termodinamik yang dialami oleh zat kerja (working substance) pada mesin Carnot. Siklus ini terdiri atas dua proses isotermal dan dua proses adiabatik. Pada proses isotermal pertama, yang terjadi pada temperatur lebih tinggi, zat mengalami ekspansi dan menyerap kalor.

Apa itu mesin Carnot dan efisiensi?

Mesin carnot adalah mesin ideal yang memiliki efisiensi tertinggi dimana bergerak sesuai dengan siklus yang dinamakan siklus carnot. Siklus Carnot adalah proses termodinamika yang dialami pada suatu sistem mesin Carnot. Siklus ini terdiri dari 4 proses yaitu dua proses isothermal dan dua proses adiabatik.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Membedakan Benda Yang Bersifat Konduktor Dan Isolator

Langkah kerja mesin Carnot?

Siklus Carnot terdiri dari empat proses: 1. Proses pemuaian secara adiabatik B ke C. Selama proses ini berlangsung suhu sistem turun dari T1 menjadi T2 sambil melakukan usaha WBC. 3. Proses pemampatan secara isotermik C ke D. Pada proses ini sistem menerima usaha WCD dan melepas kalor Q2 ke reservoir bersuhu rendah T2.

Apa batasan batasan dalam penerapan hukum termodinamika 2?

Hukum II Termodinamika memberikan batasan-batasan terhadap perubahan energi yang mungkin terjadi dengan beberapa perumusan. Tidak mungkin membuat mesin yang bekerja dalam satu siklus, menerima kalor dari sebuah reservoir dan mengubah seluruhnya menjadi energi atau usaha luas (Kelvin Planck).

Bagaimana bunyi hukum termodinamika?

Bunyi hukum I Termodinamika adalah “Energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan, melainkan hanya bisa diubah bentuknya saja.” Berdasarkan uraian tersebut terbukti bahwa kalor (Q) yg diserap sistem tidak hilang. Oleh sistem, kalor ini akan diubah menjadi usaha luar (W) dan atau penambahan energi dalam.

Apakah yang dimaksud dengan mesin kalor?

Mesin kalor bisa disebut juga Mesin Carnot.

Mesin ini merupakan alat yang berfungsi mengubah energi panas menjadi energi mekanik. Sebagai contohnya, mesin motor ojek online tadi. Hasil pembakaran dari bahan bakar diubah menjadi energi gerak dalam mesin mobil.

Apa hubungan hukum termodinamika 1 dan 2?

Jawaban: Hukum termodinamika I menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan oleh makhluk hidup. Hukum termodinamika II menyatakan bahwa setiap proses berlangsungnya perubahan bentuk energi selalu tidak efisien dan menghasilkan entropi (limbah atau pencemar).

Jelaskan apa yang dimaksud dengan proses adiabatik dan berikan contohnya?

Proses di mana panas tidak masuk atau keluar sistem disebut proses adiabatik. Dalam proses ini usaha dilakukan dengan mengorbankan energi internalnya sendiri. Di sisi lain, jika gas dikompresi secara adiabatis, sistem bekerja pada sistem dan suhunya meningkat.

Apa ekspresi Kelvin Planck dari hukum kedua termodinamika?

Postulat Kelvin – Planck adalah rumusan hukum kedua termodinamika yang berlaku pada semua heat engine: “Sebuah mesin yang bekerja dalam sebuah siklus tidaklah mungkin menerima panas dari sebuah reservoar termal lalu mengubah seluruh panas tersebut menjadi kerja.” Postulat ini menegaskan bahwa tidak mungkin sebuah heat

Baca Juga :  Contoh Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan

Bagaimana menjelaskan hukum termodinamika 1?

Hukum pertama termodinamika merupakan salah satu contoh hukum kekekalan energi. Hukum I termodinamika menyatakan bahwa untuk setiap proses apabila kalor (Q) diberikan kepada sistem dan sistem melakukan usaha (W), maka akan terjadi perubahan energi dalam ( ).

Apa yang menjadi pembahasan pada hukum termodinamika 1?

Hukum termodinamika 1 menunjukkan hukum kekekalan energi. Dari persamaan tersebut dapat diketahui bahwa seluruh kalor yang diterima atau dilepas oleh benda akan dijadikan usaha ditambahkan dengan perubahan energi.

Apa yang dimaksud kapasitas kalor Tulislah persamaan rumusnya?

Kapasitas kalor dari suatu benda dapat dihitung dengan cara membagi jumlah energi panas yang diberikan (E) dengan perubahan suhu (T). Persamaannya adalah: Kapasitas kalor = E / T.

Apakah yang dimaksud dengan proses adiabatik dan Isokorik?

Proses isokhorik juga disebut proses volume konstan. Proses isotermas adalah proses yg dialami gas pada suhu tetap. Proses adiabatik atau proses isocaloric adalah suatu proses termodinamika di mana tidak adapanas yang ditransfer ke atau dari kerja fluida.

Apa yang dimaksud dengan adiabatik brainly?

Proses adiabatik (/ˌædiəˈbætɪk/; dari bahasa Yunani "a" + "diavaton") adalah proses yang muncul tanpa perpindahan panas dan massa antara sistem dan lingkungannya. Proses adiabatik berlangsung dalam dinding yang disolasi termal sepenuhnya dan tak dapat ditembus benda.

Apa itu isobarik brainly?

Proses isokorik(isobarik) adalah proses perubahan yang dialami oleh gas di mana gas tidak mengalami perubahan volume atau volume tetap atau ΔV=0. Oleh karena itu, usaha yang dilakukan gas pada proses isokorik adalah nol.

Siklus termodinamika adalah serangkaian proses termodinamika mentransfer panas dan kerja dalam berbagai keadaan (tekanan, temperatur, dan keadaan lainnya). Hukum pertama termodinamika menyebutkan bahwa sejumlah panas yang masuk setara dengan sejumlah panas yang keluar pada seluruh bagian siklus.

Hukum Termodinamika I, atau Hukum Kekekalan Energi, menyatakan bahwa energi tidak dapat dibuat atau dihancurkan, di dalam sistem. Hukum Termodinamika II, menyatakan bahwa entropi dari setiap sistem yang terisolasi cenderung meningkat. Sehingga, kalor mengalir spontan dari benda panas ke benda dingin.


Leave a Reply 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *