Apa Yang Dimaksud Dengan Negara

Brainly apa yang dimaksud dengan negara?

Negara adalah suatu wilayah yang di diami oleh suatu penduduk secara tetap dan mempunyai sistem pemerintahan.

Apa yang dimaksud dengan negara berdasarkan etimologis?

Secara etimologis istilah “negara” merupakan terjemahan dari kata-kata asing, yaitu state (bahasa Inggris), staat (bahasa Jerman dan Belanda), dan etat (bahasa Prancis). Negara adalah suatu kumpulan orang yang telah mempunyai kehendak/tujuan yang sama untuk membangun masa depan bersama-sama.

Mengapa negara dianggap sebagai organisasi yang demikian penting?

Negara sebagai organisasi kekuasaan

Hal ini dikarenakan negara merupakan alat yang digunakan oleh sekelompok individu yang memiliki kekuasaan untuk mengatur hubungan antar individu lainnya yang berada di dalam kehidupan masyarakat di suatu wilayah tersebut.

Apa nama lain dari pemerintah?

Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia, sinonim kata pemerintah adalah penguasa, negara, negeri, administrator, pasak kunci.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pemerintah?

Pemerintahan merupakan organisasi atau wadah orang yang mempunyai kekuasaaan dan lembaga yang mengurus masalah kenegaraan dan kesejahteraan rakyat dan negara. Pemerintah adalah organisasi yang memiliki kekuasaan untuk membuat dan menerapkan hukum serta undang-undang di wilayah tertentu.

1 Apa pengertian negara dan alasan terbentuknya negara?

Negara merupakan organisasi yang punya kewenangan luas untuk mengatur hal yang berhubungan dengan masyakarat dan punya kewajiban untuk mensejahterakan, melindungi dan mencerdaskan kehidupan bangsa. - Untuk membentuk kekuasaan yang mutlak, demi kebesaran bangsa dan negara. - Untuk membentuk perdamaian dunia.

Tuliskan apa yang dimaksud dengan negara maju dan negara berkembang?

Squad, sudah tau belum sih, apa itu negara maju dan berkembang? Negara maju adalah negara yang sudah memiliki teknologi tinggi dan tingkat ekonomi yang sudah merata. Sedangkan negara berkembang adalah negara yang tingkat kesejahteraan penduduknya masih dalam taraf menengah atau sedang berkembang.

Apa pentingnya birokrasi dalam sebuah organisasi?

Fungsi utama birokrasi adalah mengimplementasikan atau mengeksekusi undang-undang dan kebijakan negara. Sebagai Nasehat Kebijakan (Policy Advice). Birokrasi memiliki peran penting dalam pemberian nasehat kebijakan kepada pemerintah. Ini karena birokrasi menjadi lini terdepan dalam implementasi suatu kebijakan.

Baca Juga :  Apa Itu Passing Grade Sbmptn

Mengapa masyarakat sangat diperlukan dalam birokrasi?

Agar masyarakat kita benar-benar mengalami kehidupan yang sejahtera seluas-luasnya. Birokrasi mestinya menjadi mesin paling penting dalam pemerintahan dalam melaksanakan kebijakan Negara maka sangat diperlukan adanya birokrasi yang semaksimal mungkin dapat menyelenggarakan kegiatan pemerintahan guna mencapai tujuannya.

Jelaskan apa yang dimaksud negara sebagai organisasi kekuasaan?

Negara pada hakikatnya merupakan organisasi kekuasaan yang meliputi atau menyatukan kelompok manusia yang kemudian disebut bangsa, dan negara sebagai organisasi kekuasaan memiliki suatu kewibawaan (gezag) sehingga negara dapat memaksakan kehendaknya kepada semua orang yang diliputi oleh organisasi tersebut.

Negara berasal dari kata state yang artinya apa?

Negara berasal dari kata State (Inggris), Staat (Belanda), dan Etat (Prancis). State, Staat, dan Etat berasal dari bahasa latin Status atau Statum yang berarti keadaan yang tegak dan tetap atau sesuatu yang memiliki sifat-sifat yang tegak dan tetap.

Jelaskan apakah yang dimaksud dengan negara Menurut Plato?

Pengertian negara menurut Aristoteles adalah suatu persekutuan dari keluarga dan desa untuk mencapai kehidupan yang sebaik-baiknya. Menurut Plato : Pengertian negara menurut Plato adalah suatu organisasi kekuasaan manusia dan merupakan sarana untuk tercapainya tujuan bersama.

Apa yg dimaksud dengan pancasila secara etimologis?

a. Muhammad Yamin. Pancasila berasal dari kata Panca yang berarti lima dan Sila yang berarti sendi, atas, dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Dengan demikian Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.

Mengapa perlu dibentuk suatu negara?

negara pada dasarnya dibentuk untuk melindungi warga negaranya dari ancaman yang dihasilkan/ditimbulkan oleh eksistensi negara lain. Sebuah tempat atau wilayah dapat dikatakan sebuah negara apabila memenuhi tiga unsur utama, yaitu apabila terdapat wilayah, rakyat, serta pemerintahan.

Baca Juga :  Tanggal Berapa Indonesia Merdeka

Apa tujuan pembentukan sebuah negara?

Tujuan negara dalam pembukaan UUD 1945 tersebut berbunyi; "Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial."

Apa saja unsur-unsur negara itu?

Negara sebagai subyek hukum internasional harus memiliki unsur-unsur terbentuknya negara. Menurut pasal 1 Konvensi Montevideo 1993 unsur suatu negara adalah (1) penduduk yang tetap; (2) wilayah yang pasti; (3) pemerintahan; (4) kemampuan untuk mengadakan hubungan dengan negara lain.

Kedaulatan berasal dari bahasa apa saja?

Kedaulatan merupakan padanan dari istilah sovereignty (bahasa Inggris), souverainete (bahasa Perancis), souvereiniteit (bahasa Belanda), sovranus (bahasa Italia). Istilah-istilah ini berasal dari kata Latin superanus yang mempunyai arti tertinggi.

Kata kedaulatan berasal dari bahasa apa dan apa artinya?

Kata kedaulatan berasal dari bahasa arab, yaitu ”daulah” yang artinya kekuasaan tertinggi. Oleh karena itu, kedaulatan rakyat membawa konsekuensi, bahwa rakyat adalah pemegang kekuasaan tertinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Pemerintah kata dasarnya apa?

Pemerintah memiliki 7 arti. Pemerintah berasal dari kata dasar perintah. Pemerintah memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga pemerintah dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Apa perbedaan antara pemerintah dan pemerintahan?

Pemerintah diartikan sebagai sekelompok orang yang menjalankan kekuasaan dalam mengatur kehidupan politik, ekonomi dan sosial sebuah negara. Sederhananya, Pemerintah adalah PELAKU PEMERINTAHAN. PEMERINTAHAN. Pemerintahan diartikan sebagai suatu proses atau cara atau perbuatan dalam memerintah.

Indonesia pemerintahannya apa?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pemerintah dalam arti luas dan sempit?

Pemerintah dalam arti luas adalah semua lembaga negara yang terdiri dari lembaga-lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif. Â Dalam arti sempit pemerintahan adalah segala kegiatan, fungsi, tugas dan kewajiban yang dijalankan oleh lembaga eksekutif untuk mencapai tujuan negara.

Baca Juga :  Apa Itu Test Dna

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pemerintah daerah?

Pemerintahan Daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah dan dewan perwakilan rakyat daerah menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pemerintah pusat?

Pemerintah Pusat, selanjutnya disebut Pemerintah, adalah Presiden Republik Indonesia yang memegang kekuasaan pemerintahan negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Apa yang dimaksud dengan negara dan unsur unsur negara?

Negara adalah sebuah masyarakat yang memiliki monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam wilayah tertentu. Sebuah negara harus memiliki tiga unsur pokok, yaitu wilayah, rakyat, dan pemerintahan.

Siapa saja yang ada dalam suatu negara?

  • Rakyat. Rakyat dalam suatu negara adalah semua orang yang secara nyata berada dalam wilayah suatu negara yang tunduk dan patuh terhadap peraturan dalam negara tersebut.
  • Wilayah. Wilayah adalah unsur mutlak dari suatu negara.
  • Pemerintahan yang Berdaulat.
  • Pengakuan dari Negara Lain.
  • Sebutkan pengertian negara dan apa saja unsur unsur yang harus ada dalam negara?

    Negara

  • HARUS ADA RAKYAT.
  • TERDAPAT WILAYAH DI DALAMNYA.
  • MEMPUNYAI PEMERINTAHAN SAH.
  • BERKEDAULATAN.
  • Apa saja indikator negara berkembang dan negara maju?

  • Pendapatan Nasional Perkapita (Gross National Product/GNP)
  • Mata Pencaharian Penduduk.
  • 3. Produktivitas.
  • Pemakaian energi.
  • Fasilitas transportasi dan komunikasi.
  • Di Indonesia sendiri, istilah "Negara" berasal dari bahasa Sansekerta nagara atau nagari,yang berarti kota.

    Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia, sinonim kata pemerintah adalah penguasa, negara, negeri, administrator, pasak kunci.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *