Apa Yang Dimaksud Dengan Danau

Apa yang dimaksud dengan danau brainly?

Jawaban: Yang Dimaksud Dengan Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.

Apakah yang dimaksud danau glasial?

Danau glasial terbentuk akibat pengikiran dasar lembah oleh gletser. Ketika musim panas atau musim gugur, gletser yang mencair mengisi cekungan-cekungan yang dilewati sehingga membentuk danau. Beberapa danau glasial yang terdapat di dunia adalah Great Lake, Finger Lake, dan Superior Lake.

Apa yang dimaksud dengan situ atau danau?

Danau, situ, telaga, atau tasik (Inggris: lake) Danau adalah daerah perairan yang terbentuk secara alami, berupa basin air yang sangat luas.

Apa yang dimaksud dengan sungai brainly?

Sungai atau kali (Inggris: river) adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara).

Jelaskan yang disebut danau buatan dan apa manfaatnya bagi manusia?

Dilihat dari namanya, danau buatan merupakan danau atau tempat penampungan air yang tidak terbentuk secara alami. Danau buatan atau waduk dibangun untuk memenuhi tujuan tertentu. Trik dari membangun waduk adalah dengan membendung aliran sungai yang akan membentuk cekungan dan terjadilah danau buatan tadi.

Jelaskan apa saja manfaat danau di Indonesia?

Manfaat danau diantaranya adalah sebagai berikut:

  • sebagai penghasil ikan tawar.
  • mencegah timbulnya banjir.
  • sarana rekreasi.
  • membantu irigasi untuk pertanian.
  • untuk PLTA.
  • Bagaimana danau Menurut proses terjadinya?

    Berdasarkan proses terbentuknya, danau dapat dibedakan menjadi delapan jenis antara lain danau glasial, danau tektonik, danau vulkanik, danau tekno-vulkanik, danau terbendung, danau karst, danau laguna, dan danau buatan. Ini adalah danau yang terbentuk karena proses erosi gletser sehingga membentuk cekungan.

    Bagaimana proses terjadinya danau tektonik danau vulkanik Danau Tektovulkanik danau kars dan danau oxbow?

    Danau Tektonik, adalah danau yang terbentuk akibat aktivitas lempengan bumi. Danau Tektovulkanik, adalah danau yang terbentuk karena aktivitas gunung berapi dan lempengan bumi. Danau Karst, danau yang terbentuk akibat aktivitas pengikisan batuan kabur oleh air yang menghasilkan cekungan.

    Danau terbuat dari apa?

    Adanya letusan gunung berapi

    Gunung berapi yang meletus terkadang akan menyisakan bekas yang berupa cekungan besar. Nah cekungan besar inilah yang nantinya akan menjadi cikal bakal terbentuknya danau. Cekungan yang terisi air akan menjadi sebuah danau.

    Apa yang dimaksud dengan rawa lumpur?

    Nah, yang dimaksud dengan rawa lumpur adalah rawa- rawa yang berlumpur, yakni genangan air yang mengandung banyak lumpur di dalamnya.

    Baca Juga :  Apakah Rekomendasi Yang Disampaikan Oleh Penulis

    Apa itu rawa payau?

    Rawa air payau, rawa yang airnya merupakan campuran antara air tawar dengan air laut. Biasanya ditemukan di dekat muara sungai menuju laut.

    Jelaskan apa yang dimaksud hutan rawa?

    Hutan rawa air tawar ialah sebuah hutan rawa dengan kandungan mineral yang sangat tinggi pada permukaan tanahnya. Biasanya hutan rawa air tawar banyak ditumbuhi oleh tanaman hutan yang cukup lebat. Hutan ini juga berada di antara dua sungai dan jauh masuk ke wilayah pedalaman.

    Apakah dimaksud sungai?

    Sungai adalah aliran terbuka dengan ukuran geometrik yaitu penampang melintang, profil memanjang dan kemirngan lembah yang berubah seiring waktu, tergantung pada debit, material dasar dan tebing. Dalam bidang pertanian sungai itu berfungsi sebagai sumber air yang sangat penting untuk irigasi.

    Apa yang dimaksud dengan sungai *?

    Sungai (disebut juga sebagai kali atau bengawan; bahasa Inggris: river) adalah aliran air di permukaan yang besar dan berbentuk memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara).

    Apakah Danau Toba termasuk danau terdalam di dunia?

    Danau Toba sebenarnya lebih menyerupai lautan daripada danau mengingat ukurannya. Oleh karena itu, Danau Toba ditempatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga termasuk danau terdalam di dunia yaitu sekira 450 meter.

    Apa manfaat air danau bagi manusia?

    Selain untuk mencegah terjadinya bencana banjir, terdapat beberapa manfaat danau yang tidak kalah penting bagi kehidupan. Danau diketahui mempunyai peranan penting dalam penyediaan cadangan air bersih, sumber daya untuk membangkitkan tenaga listrik, hingga manfaat rekreasi yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum.

    Apakah manfaat danau dan waduk?

    sebagai sumber air tawar, sumber pembangkit tenaga listrik, perikanan , pengairan atau irigasi , pencegah banjir, sarana rekreasi serta olah raga.

    Danau adalah sumber daya air yang dapat dimanfaatkan manusia dalam bidang apa saja?

    Maka seringkali danau dimanfaatkan oleh makhluk hidup disekitarnya sebagai salah satu sumber mata air guna memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti untuk minum, mandi, mencuci, dan keperluan lainnya. Pemanfaatan lain dari melimpahnya air danau adalah sebagai sarana Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

    Apa manfaat danau sebutkan 3?

    Berikut beberapa manfaat danau:

    Baca Juga :  Apa Hikmah Mempelajari Perkembangan Islam Pada Masa Modern
  • Sumber pengairan untuk areal pertanian di sekitar danau, bahkan jauh dari danau.
  • Tempat membudidayakan ikan, udang, dan kepiting.
  • Sebagai pencegahan dan pengendalian banjir.
  • Sumber energi pembangkit tenaga listrik.
  • Sumber air minum bagi makhluk hidup.
  • Apa saja manfaat danau brainly?

    Jawaban:

  • sebagai tempat rekreasi atau pariwisata.
  • sebagai PLTA.
  • untuk keperluan sehari hari ( airnya(
  • Apakah Manfaat jam bagi kehidupan kita?

    Manfaat jam yang pertama adalah sebagai penunjuk waktu. Jam membantu manusia mengetahui waktu sehingga dapat menjalankan aktivitasnya dengan efektif. Jam menunjukkan waktu dengan konsisten juga mudah dibaca misalnya jam 1, jam 2, jam 3, dan sebagainya.

    Bagaimana proses terjadinya danau jelaskan bersama contohnya?

    Ketika gunung berapi meletus, sebagian tanah/batuan yang menutupi gunung patah dan merosot membentuk cekungan. Bekas erosi membentuk cekungan dan cekungan terisi air sehingga terbentuklah danau. Contohnya Dolin, Polte dan Lokva di daerah Gunung Kidul4)Danau Glasial,danau yang terjadi karena adanya erosigletser.

    Bagaimana terjadinya danau tektonik dan danau vulkanik?

    Danau tektonik terjadi karena pergerakan lempeng bumi. kemudian membentuk sebuat lubang yang besar dan akan terisi oleh air hujan, maupun air yang lainnya. Danau vulkanik terjadi karena sebuah letusan gunung berapi yang mengeluarkan material yang banyak dan mengenai suatu daratan.

    Bagaimanakah terjadinya danau Maninjau?

    Menurut sejarahnya, danau ini terbentuk akibat erupsi vulkanik dari Gunung Sitinjau yang terjadi kurang lebih 52.000 tahun yang lalu. Kaldera yang terbentuk sedemikian luas kemudian berkembang menjadi sebuah danau.

    Apakah Danau Toba terbentuk karena proses vulkanik?

    Danau Toba terbentuk akibat letusan dahsyat Gunung Toba yang meletus sekitar 74.000 tahun yang lalu.

    Bagaimana proses terjadinya danau Tangkuban Perahu?

    Jawaban: b. gunung api meletus dan membentuk cekungan di puncak gunung api, kemudian air hujan mengisi cekungan tersebut.

    Jelaskan apa yang dimaksud dengan Oxbow Lake?

    Danau sudetan, danau tapal kuda, danau mati, danau melengkung, atau danau ladam (Inggris: oxbow lake) adalah sebuah danau berbentuk huruf U yang terbentuk ketika sebuah meander yang lebar terpotong dari sungai utamanya, dan akhirnya membentuk sebuah perairan sendiri.

    Dari mana asal air danau?

    Sumber air danau dapat berasal dari berbagai sumber, antara lain: Air sungai yang mengalir ke dalam basin dan sebagai inflow. Air yang berasal dari hasil pencairan salju dan es/gletser. Air hujan yang tertangkap langsung oleh basin danau tersebut.

    Baca Juga :  Tahapan Dalam Menyelesaikan Suatu Masalah Adalah

    Sebuah cekungan dimuka bumi dimana jumlah air yang masuk lebih besar dari jumlah air yang keluar disebut?

    Danau adalah sebuah cekungan di muka bumi dimana jumlah air yang masuk lebih besar dari air yang keluar. Danau mendapatkan air dari curahan hujan, sungai, dan air tanah, ketiga sumber tersebut bersama-sama dapat mengisi dan memberikan suplai air pada danau.

    Danau Maninjau termasuk jenis danau apa?

    Liputan6.com, Jakarta - Danau Maninjau merupakan danau vulkanik berketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut.

    Apa ciri-ciri rawa?

    Ciri-ciri rawa

  • Warna air cenderung keruh bahkan terkadang merah.
  • Pada umumnya terdapat di cekungan dengan topografi sekitar relatif datar.
  • Airnya bersifat asam karena selalu terjadi penggenangan.
  • Sifat kimia tanahnya anorganik dan mengandung pirit.
  • Bagian dasar berupa tanah gambut.
  • Hewan apa yang hidup di rawa rawa?

    Hewan-hewan di bawah ini yang hidup di ekosistem rawa yaitu.

  • belut, ikan sepat, ikan gabus dan katak.
  • belut, ikan gabus, ubur-ubur dan katak.
  • ikan gabus, ikan sepat, ikan hiu, dan ikan lele.
  • ikan gabus, kumbang, ikan lele, dan ular.
  • Apa itu rawa dan jelaskan jenis rawa?

    Rawa (swamp/marsh) merupakan daerah bertanah basah yang selalu digenangi air secara alami karena sistem drainase (pelepasan air) yang jelek atau letaknya lebih rendah dari daerah sekelilingnya. Air yang masuk ke dalam rawa dapat berasal dari air hujan, air sungai atau air tanah.

    Apa yang dimaksud dengan rawa air asin?

    Rawa asin, yang juga disebut sebagai rawa asin pesisir atau rawa pasang, adalah sebuah ekosistem pesisir di zona intertidal pesisir hulu antara tanah dan air laut atau air payau terbuka yang giat dibanjiri oleh pasang.

    Apa yang dimaksud dengan rawa Sebutkan dan jelaskan?

    Mengenal Lahan Rawa

    Lahan rawa adalah lahan darat yang tergenang secara periodik atau terus menerus secara alami dalam waktu lama karena drainase yang terhambat. Meskipun dalam keadaan tergenang, lahan ini tetap ditumbuhi oleh tumbuhan.

    Rawa adalah lahan genangan air secara ilmiah yang terjadi terus-menerus atau musiman akibat drainase yang terhambat serta mempunyai ciri-ciri khusus secara fisika, kimiawi dan biologis. Di Indonesia, rawa - rawa biasanya terdapat di Hutan.

    Sungai atau kali (Inggris: river) adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara).


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *