Apa Saja 3 Perubahan Redaksi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Apa saja 3 tiga perubahan redaksi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia?

Ada tiga perubahan redaksi atas teks proklamasi, yaitu : a. Kata tempoh diganti dengan kata tempo; b. wakil bangsa Indonesia diganti dengan atas nama bangsa Indonesia; dan c. cara menuliskan tanggal Djakarta, 17-8-05 diganti menjadi Djakarta, hari 17, boelan 08, tahoen 05.

Tunjukkan 3 tiga perubahan redaksi atas teks proklamasi kemerdekaan yang ditulis langsung oleh Ir Soekarno dengan naskah teks proklamasi yang kita miliki sekarang ini?

Tiga perubahan teks proklamasi kemerdekaan yan ditulis oleh Ir. Soekarno dengan naskah sekarang yaitu : 1) Kata 'tempoh' diubah menjadi 'tempo'. 2) Kata 'wakil-wakil bangsa' diubah menjadi 'atas nama bangsa Indonesia'. 3) Kata 'Djakarta, 17-8-1905' diubah menjadi 'Djakarta, hari 17 boelan 08 tahun '05'.

Dalam rumusan naskah teks proklamasi terdapat tiga perubahan redaksi yang dapat kita lihat salah satu perubahan redaksi tersebut adalah?

Berikut ini adalah 3 perubahan redaksi atas teks proklamasi kemerdekaan Indonesia: Kata TEMPOH diubah menjadi TEMPO. Kalimat WAKIL BANGSA INDONESIA diubah menjadi ATAS NAMA BANGSA INDONESIA. Penulisan waktu awalnya DJAKARTA, 17-8-05 diubah menjadi DJAKARTA, hari 17, boelan 08, tahoen 05.

Setelah naskah proklamasi Jadi Lalu naskah tersebut diketik oleh?

Setelah rampung dirumuskan, teks proklamasi dimintakan persetujuan kepada sidang yang seluruhnya berjumlah lebih kurang 40 orang. Kemudian Sayuti Melik mengetik naskah asli menggunakan mesin tik. Teks proklamasi kemerdekaan ditandatangani oleh Soekarno dan Moh-Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia, atas usulan Soekarni.

Jelaskan dengan singkat proses penyusunan naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia?

17 Agustus 1945 pukul 03.00 WIB, naskah proklamasi disusun oleh Soekarno, Hatta dan Soebardjo di ruang makan Maeda. Naskah sebanyak dua alinea yang penuh dengan pemikiran tersebut lalu selesai dibuat 2 jam kemudian. Naskah kemudian diserahkan kepada Sayuti Melik untuk diketik.

Baca Juga :  Apa Itu Jurusan Hi

Teks proklamasi ditandatangani oleh siapa?

JAKARTA - Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ditandatangani oleh Soekarno dan Mohammad Hatta.

Naskah teks proklamasi yang otentik?

Teks proklamasi autentik merupakan naskah proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik. Naskah Teks proklamasi yang diketik Sayuti Melik juga tertera tanda tangan asli Soekarno dan Mohammad Hatta atas nama bangsa Indonesia. Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Tuliskan perubahan naskah proklamasi dari tulisan tangan ke naskah ketikan?

Dengan demikian, beberapa perubahan yang terjadi antara naskah tulisan tangan dan naskah tik proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ata tempoh diganti dengan kata tempo, penulisan tanggal, bulan, dan tahun yang semula Jakarta, 17-8-'05 diubah menjadi Jakarta, hari 17 bulan 8 tahun '05 serta kata-kata Wakil-wakil

Setelah naskah proklamasi Jadi Lalu naskah tersebut diketik oleh brainly?

Teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik setelah ditulis oleh Soekarno.

Salah satu perubahan naskah proklamasi sebelum diserahkan kepada Sayuti Melik untuk diketik adalah?

Dia mengetik naskah Proklamasi dengan perubahan: “tempoh” menjadi “tempo”; kalimat “wakil-wakil bangsa Indonesia” diganti “Atas nama Bangsa Indonesia” dengan menambahkan nama “Soekarno-Hatta”; serta “Djakarta, 17-8-05” menjadi “Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05.

Bagaimana proses penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Menurut brainly?

Jawaban: Penyusunan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dilakukan melalui perundingan antara golongan muda dan golongan tua, yang mana perundingan ini berlangsung mulai pukul 02.00 – 04.00 dini hari. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Dan yang mengetik Teks Proklamasi adalah Sayuti Melik.

Dimana proses penyusunan naskah proklamasi?

Penyusunan teks proklamasi dilakukan di rumah Laksamana Tadashi maeda pada dini hari 17 Agustus 1945. Sehari sebelum proklamasi, Ir. Soekarno dan Moh.

Baca Juga :  Apakah Jupiter Planet Merah

Bagaimana proses penyusun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia brainly?

Naskah ini ditulis tangan oleh Soekarno sendiri, kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Perumusan naskah proklamasi dilakukan setelah peristiwa Rengasdengklok, di mana para pemuda menculik Soekarno-Hatta untuk mempercepat proklamasi. Perumusan naskah proklamasi dilakukan di ruang makan Laksamana Maeda.

Naskah Proklamasi Otentik

  • Kata “Proklamasi” diubah menjadi “P R O K L A M A S I”
  • Kata “Hal2” diubah menjadi “Hal-hal”
  • Kata “tempoh” diubah menjadi “tempo”
  • Kata “Djakarta, 17 – 8 – '05” diubah menjadi “Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05”
  • Kata “Wakil2 bangsa Indonesia” diubah menjadi “Atas nama bangsa Indonesia”
  • Setelah rampung dirumuskan, teks proklamasi dimintakan persetujuan kepada sidang yang seluruhnya berjumlah lebih kurang 40 orang. Kemudian Sayuti Melik mengetik naskah asli menggunakan mesin tik. Teks proklamasi kemerdekaan ditandatangani oleh Soekarno dan Moh-Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia, atas usulan Soekarni.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *