Apa Itu Vvti

Apa yang dimaksud VVT-i adalah?

VVTI adalah singkatan dari Variable Valve Timing-Intelligent. Teknologi yang disematkan pada seluruh mobil Toyota keluaran terbaru ini mampu mengatur sistem kerja katup pemasukan bahan bakar (inteks) secara elektronik dan otomatis.

Apa itu VVT-i dan dual VVT-i?
Dual VVT-i merupakan mekanisme pengatur waktu bukaan katup pada mesin dan terdapat pada kepala silinder. Bila sebelumnya VVT-i hanya mengatur timing bukaan katup masuk saja, teknologi Dual VVT-i justru lebih lengkap, yaitu dapat mengontrol katup masuk (intake) dan katup buang (exhaust).

Apa singkatan VVT-i dan VTEC pada sebuah kendaraan?

Pada pabrikan TOYOTA memiliki teknologi VVT-i (Variable Valve Timing inteligent), HONDA juga memiliki i-VTEC(inteligent Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) dan i-dsi (intelligent Dual and Sequential Ignition), seakan tidak mau kalah SUZUKI juga memiliki teknologi VVT (Variable Valve Timing).

Apa tujuan dari VVT?

Teknologi VVT-i pada dasarnya merupakan sistem untuk mengatur kerja katup secara elektronis dan seefisien mungkin. Kerja VVT-i mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan dan kondisi berkendara yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih efisien dan sekaligus menurunkan tingkat emisi bahan bakar serendah mungkin.

Apa fungsi VTEC?

Melansir Global.honda, VTEC merupakan singkatan dari Intellegence Variable Valve Timing & Lift Electronic Control System. Fungsinya sebagai sistem variabel pengatur katup di mesin mobil Honda.

Apa perbedaan SOHC dan DOHC pada mobil?

SOHC merupakan akronim dari Single Over Head Camshaft dan DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft. Sesuai kepanjangannya, SOHC berarti hanya ada satu noken as yang digunakan pada mesin. Secara umum mesin segaris kerap memiliki satu noken as.

Baca Juga :  Berapa Harga Lampu Ring Light

Apa kepanjangan dari I Dsi?

i-DSI (Dual & Sequential Ignition)

Bagaimana cara kerja sistem VVT-i pada kendaraan Toyota?

VVT-i mempunyai cara kerja yang cukup sederhana. Untuk menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) yang optimal, ECU (Electronic Control Unit) akan menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle (akselerasi) dan temperatur air.

Dual VVT-i sejak kapan?

Seiring berkembangnya waktu, Toyota Corolla Altis yang diluncurkan pada tahun 2010 menjadi mobil pertama yang memakai teknologi Dual VVT-i di Indonesia.

Apa itu konstruksi VTEC?

Sistem Variable Valve Timing dan Lift Electronic Control (VTEC) adalah keistimewaan engineering untuk mengubah valve timing dan lift parameter dalam menyesuaikan karateristik kecepatan mesin. Secara sederhana, setiap katup mesin yang menggunakan sistem VTEC memiliki sebuah cam lobe yang terpisah.

VTEC aktif di rpm berapa?

Pada saat mesin berputar pada 2.500 rpm hingga 6.000 rpm maka pin yang dibawah akan aktif dan mengaktifkan VTEC-E.

VTEC bekerja pada rpm berapa?

Saat bekerja pada putaran rendah, mesin VTEC menggunakan kem dengan angkatan kecil. Ketika mesin bekerja antara 4.000 – 6.000 rpm (tergantung model), kontrol elektronik mengaktifkan sistem hidraulik VTEC. Kem tengah bekerja dengan mendorong pelatuk tengah yang menyatu dengan dua pelatuk lainnya.

Mesin dengan teknologi VVT-i menawarkan kelebihan tenaga lebih optimal, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan. Keuntungan lain, teknologi ini bisa membuat biaya pemeliharaan kendaraan jadi lebih minim, karena kegiatan tune-up atau penyetelan klep dan sebagainya, sudah tidak diperlukan lagi.

Teknologi VVT-i pada dasarnya merupakan sistem untuk mengatur kerja katup secara elektronis dan seefisien mungkin. Kerja VVT-i mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan dan kondisi berkendara yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih efisien dan sekaligus menurunkan tingkat emisi bahan bakar serendah mungkin.

Baca Juga :  300 Cc Berapa Ml

About tissa

Check Also

Berapa K

What number is 2.2 K? So depending upon the context, 2.2k might mean $2,200 (or …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *