Apa Itu Vertigo Dan Penyebabnya

Penyakit vertigo apakah bahaya?

Sebagian besar gejala vertigo tidak berbahaya dan dapat hilang dalam beberapa menit hingga beberapa jam. Sensasi pusing berputar ini biasanya dipicu oleh perubahan posisi kepala. Orang yang mengalami vertigo menggambarkan sensasinya, seperti berputar, bergoyang, tidak seimbang dan serasa ditarik ke satu arah.

Berapa lama seseorang mengalami vertigo?

Saat vertigo menyerang, hal yang dirasakan bisa bervariasi, seperti pusing ringan dan muncul secara berkala. Serangan vertigo yang parah biasanya memiliki durasi yang lama dan bisa berlangsung selama beberapa hari sehingga pengidapnya tidak bisa beraktivitas secara normal.

Apakah penyakit vertigo bisa menyebabkan kematian?

Guru Besar sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, mengatakan vertigo sejatinya tidak bisa menyebabkan kematian.

Apakah vertigo bisa disebabkan karena kolesterol?

Pada dasarnya, tidak ada hubungan antara kadar kolesterol darah yang tinggi dan vertigo.

Apa perbedaan migrain dan vertigo?

Pada migrain, sakit kepala yang dirasakan diiringi dengan sensari tidak nyaman, berputar, dan kedutan pada kepala. Sementara itu, pada vertigo, gejala yang dikeluhkan biasanya adalah sensasi sekeliling terasa berputar, terutama yang dicetuskan oleh gerakan kepala.

Apakah vertigo bisa menyebabkan stroke?

Munculnya kondisi pusing atau sakit kepala memang bisa dialami oleh siapa saja. Walaupun munculnya vertigo dapat disebabkan oleh stroke, tetapi sering mengalami vertigo tidak bisa dikatakan sebagai pemicu stroke.

Apa itu penyakit vertigo sentral?

Halodoc, Jakarta – Vertigo sentral adalah suatu kondisi klinis ketika seseorang mengalami sensasi berputar yang diakibatkan oleh disfungsi struktur vestibular di sistem saraf pusat (SSP).

Penyakit vertigo sendiri ada dua jenis, yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral. Vertigo perifer disebabkan oleh masalah dengan telinga bagian dalam, organ kecil yang berkomunikasi dengan otak untuk mengontrol keseimbangan, dan dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu dan cedera kepala.

Baca Juga :  Minum Prenagen Esensis Berapa Kali Sehari

Pada dasarnya, tidak ada hubungan antara kadar kolesterol darah yang tinggi dan vertigo.


Leave a Reply 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *