Apa Itu Termometer

Jelaskan apa yang dimaksud dengan termometer?

Istilah termometer berasal dari bahasa Latin 'thermo' yang berarti panas. Serta 'meter' yang artinya untuk mengukur. Selain itu, fungsi termometer bisa mengukur suhu benda padat seperti makanan, cairan seperti air, gas seperti udara, atau reaksi kimia seperti api.

Jelaskan apa itu termometer digital?

Termometer digital terbuat dari bahan plastik dan berbentuk seperti pensil. Biasanya termometer ini menggunakan sensor panas elektronik untuk merekam suhu tubuh baik melalui mulut, ketiak, atau dubur. Termometer digital yang digunakan untuk mengukur suhu melalui dubur, umumnya lebih elastis.

Apa kegunaan termometer suhu badan?

Salah satu tanda bahwa badan kita sedang tidak normal adalah suhu badan yang tinggi. Dan termometer akan menjalankan perannya sebagai alat pengukur suhu tubuh kita. Termometer adalah alat yang berfungsi untuk mengukur suhu atau temperatur. Dalam keperluan medis, termometer biasanya digunakan untuk memeriksa suhu tubuh.

Apa itu termometer brainly?

thermometer adalah alat untuk mengukur suhu pd derajat tertentu.

Apa yang dimaksud termometer brainly?

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu, ataupun perubahan suhu.

Apa itu termometer dan cara menggunakannya?

Termometer air raksa adalah yang paling umum dan paling banyak digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Cara pakai termometer ini adalah dengan diselipkan ke ketiak atau ke dalam mulut. Butiran air raksanya akan bergerak naik ke ruang kosong dalam tabung dan berhenti pada angka yang menunjukkan suhu tubuh Anda.

Alat apakah yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh?

Termometer Ketiak

Termometer ketiak juga banyak digunakan untuk mengukur suhu tubuh.

Apa yang diukur oleh termometer?

Pada dasarnya, fungsi termometer yaitu sebagai alat mengukur suhu. Suhu yang diukur juga bermacam-macam. Guna mengenali suhu, terdapat tiga satuan pengukuran suhu yang paling umum, yakni Celsius, Fahrenheit, dan Kelvin.

Baca Juga :  Ukuran Bayi 7 Minggu Berapa Cm

Bagaimana cara kerja termometer digital?

Termometer digital berisi mekanisme komputasi kecil dan resistor. Perubahan suhu menyebabkan sensor memberitahu perubahan resistansi. Komputer mengubah perbedaan resistansi menjadi perbedaan suhu dan memberikan pembacaan digital dalam derajat celcius atau fahrenheit.

Kenapa termometer diletakkan di bawah ketiak?

Bagian tubuh ini adalah lokasi yang paling sering digunakan untuk mengukur suhu badan. Termometer diletakan di sela ketiak kita, teman-teman. Pengukuran di sela ketiak ini merupakan cara yang aman dan mudah.

Apakah termometer digital akurat?

Saat ini juga cukup banyak jenis termometer yang dijual di pasaran, tetapi termometer digital menjadi salah satu jenis termometer yang cukup banyak digunakan, karena terbilang praktis dan hasilnya paling akurat.

Mengapa termometer diisi dengan alkohol?

Keuntungan menggunakan alkohol sebagai pengisi termometer adalah sebagai berikut. 1. Untuk menaikkan suhu kecil, alkohol mengalami perubahan volume lebih besar sehingga dapat mengukur suhu dengan teliti. 2. Dapat mengukur suhu yang sangat rendah.

Apa beda raksa dengan alkohol?

Air raksa harganya mahal.Air raksa tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah. Alkohol lebih teliti, sebab untuk kenaikan suhu yang kecil ternyata alkohol mengalami perubahan volume yang besar. Alkohol dapat mengukur suhu yang sangat rendah, sebab titik beku alkohol –1300C.

Apa perbedaan termometer air raksa dan alkohol?

Titik didih untuk termometer raksa adalah 357 Celcius, sementara untuk alkohol adalah 78 Celcius. Sementara untuk versi yang alkohol bisa mencapai minus 112 derajat Celcius. Sehingga, termometer alkohol lebih bisa diandalkan untuk mengukur suhu minus yang ekstrem.

Apa yang dimaksud dengan termometer bimetal?

Bimetal adalah alat yang terdiri dari dua logam yang berbeda nilai koefisien muai panjangnya atau yang berbeda kecepatan pemuaiannya, direkatkan menjadi satu.

Baca Juga :  Kenapa Bisa Mimisan

Sebutkan 2 termometer khusus yang kamu ketahui dan apa kegunaannya?

Jawaban

  • termometer merkuri dan alkohol termometer alkohol memiliki etanol atau toluena bukan merkuri dalam tabung kaca.
  • termometer ruangan berfungsi mengukur suhu pada ruangan.
  • termometer laboratorium berfungsi mengdiagnosis penyakit.
  • termometer gas mengukur gas dan tekanannya.
  • Zat cair apa yang dipakai untuk termometer?

    Zat cair yang digunakan umumnya raksa atau alkohol jenis tertentu. Raksa memiliki keistimewaan, yaitu warnanya mengkilat dan cepat bereaksi terhadap perubahan suhu.

    Siapa yang pertama kali menemukan termometer?

    Sekitar tahun 1593, ada banyak penemu yang mulai mengerjakan dan mengembangkan termoskop. Akan tetapi, nama Galileo Galilei yang lebih dikenal sebagai penemu termometer yang hingga hari ini menjadi cikal bakal pengembangan termometer di dunia.

    Sebutkan langkah langkah yang diperlukan untuk membuat termometer sederhana?

  • Isilah sebuah silinder takar sekitar 1/4 penuh dengan air keran dan alkohol gosok.
  • Tambahkan pewarna makanan ke dalam campuran.
  • Masukkan sedotan ke dalam wadah.
  • Tutupi bagian atas wadah dengan tanah liat.
  • Mulailah melihat suhu ruangan!
  • Lihatlah campuran naik dan turun pada sedotan.
  • Langkah langkah penggunaan termometer yang benar?

    Untuk menggunakannya, kamu perlu memasukkan ujung termometer yang kecil ke bawah lidah. Tahan sekitar 3-5 menit hingga air raksa berhenti bergerak. Nah, angka yang ditunjukkan oleh ujung air raksa itulah suhu tubuhmu. Hasilnya akurat dan dijual dengan harga murah.

    Bagaimana cara menggunakan termometer raksa?

    Pastikan bagian ujung termometer menempel pada kulit ketiaknya. 3. Sebelum mengangkatnya, biarkan selama 3 sampai 5 menit untuk memberi waktu air raksa bergerak. Bila perlu, pegang lengan anak untuk menahan posisi termometer di ketiaknya tetap mantap. 4. Bacalah ujung air raksa yang menunjukkan suhu tubuh anak.

    Baca Juga :  Tahapan Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini

    Apa yang dimaksud dengan termometer bimetal dan contohnya dapat digunakan dimana?

    Bimetal adalah alat yang terdiri dari dua logam yang berbeda nilai koefisien muai panjangnya atau yang berbeda kecepatan pemuaiannya, direkatkan menjadi satu. Alat-alat teknologi yang menggunakan prinsip bimetal, antara lain termostat, sakelar otomatis pada setrika, alat pemberitahu kebakaran, dan termometer.

    Termometer alkohol adalah termometer yang menggunkan alkohol sebagai media pengukur, yang merupakan alternatif dari termometer air raksa dengan fungsi yang sama. Isi termometer alkohol tidak beracun dan akan menguap dengan cukup cepat. Ruang di bagian atas cairan merupakan campuran dari nitrogen dan uap dari cairan.

    thermometer adalah alat untuk mengukur suhu pd derajat tertentu.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *