Apa Itu Resep

Apakah yg dimaksud dengan resep?

Resep adalah suatu permintaan tertulis dari dokter, dokter gigi atau dokter hewan kepada apoteker untuk membuatkan obat dalam bentuk sediaan tertentu dan menyerahkannya kepada pasien.

Apa yang dimaksud kelengkapan resep?

Menurut Organisasi Kesehatan dunia (WHO) kelengkapan resep terdiri dari nama dan alamat penulis resep dengan nomor telepon (kalau ada); tanggal peresepan; tanda R/, nama dan kekuatan obat; bentuk sediaan dan jumlah obat; aturan pakai; nama, alamat dan umur pasien; paraf atau tanda tangan dokter (Anonim, 1998).

Apa yang dimaksud resep dokter?

Penulisan resep dokter bertujuan untuk memudahkan pelayanan kesehatan dan mengurangi risiko terjadinya kesalahan dalam pemberian obat. Resep dokter adalah dokumen legal berisi permintaan tertulis dokter kepada apoteker, untuk mempersiapkan dan memberikan obat kepada pasien.

Siapa saja yang boleh melihat salinan resep?

Kopi resep atau resep hanya boleh diperlihatkan kepada dokter penulis resep, penderita yang bersangkutan, petugas kesehatan, atau petugas lain yang berwenang menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Apa yang dimaksud dengan apotek?

Apotek adalah sarana pelayanan kesehatan untuk membantu meningkatkan kesehatan bagi masyarakat, apotek juga sebagai tempat praktik tenaga profesi apoteker dalam melakukan pekerjaan kefarmasian (Hartini dan Sulasmo, 2007).

S3dd1 artinya apa?

Secara umum jika dokter meresepkan 3 dd 1 berarti obat dikonsumsi 3x sehari 1 tablet (setiap 8 jam sekali), jika 3 dd 2 maka obat dikonsumsi 3x sehari setiap minum 2 tablet.

Apakah bisa beli obat tanpa resep dokter?

Namun selain dengan resep dokter, kita juga bisa membeli obat di apotek, supermarket, maupun minimarket tanpa resep dokter. Karena bisa dibeli tanpa resep dokter, maka kita tidak perlu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat yang dibutuhkan.

Baca Juga :  1000 Ml Sama Dengan Berapa Liter

Inscriptio apa saja?

Inscriptio terdiri dari nama, alamat, dan nomor izin praktek (SIP) dokter, tanggal penulisan resep. Untuk obat narkotika hanya berlaku untuk satu kota provinsi. Format inscriptio suatu resep dari rumah sakit sedikit berbeda dengan resep pada praktik pribadi.

Apa saja golongan obat?

Menurut Permenkes No.917 Tahun 1993, obat digolongkan menjadi :

  • Obat Bebas Terbatas. Obat bebas terbatas adalah obat yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter di toko obat berizin.
  • Obat Bebas.
  • Obat Keras.
  • Obat Wajib Apotek (OWA)
  • Obat Golongan Narkotika.
  • Obat Psikotropika.
  • Obat Herbal.
  • Kenapa pada resep digunakan kode bahasa Latin?

    Alasan bahasa latin digunakan dalam penulisan resep:

    Bahasa latin merupakan bahasa international dalam dunia kedokteran dan kefarmasian. Dengan menggunakan bahasa latin tidak akan terjadi dualisme pengertian tentang bahan/zat yang dimaksud dalam resep.

    Komponen apa saja yang harus terdapat dalam resep dan copy resep?

    Salinan resep / copy resep

  • Nama dan alamat apotek.
  • Nama dan nomor SIPA Apoteker Pengelola Apotek.
  • Tanda tangan Apoteker.
  • Tanda copy resep (detur dan ne detur). Tanda -det- untuk obat yang sudah diserahkan, dan -ne detur- untuk obat yang belum diserahkan. Pada resep dengan tanda Iter …
  • Nomor resep dan tanggal pembuatan.
  • Apa saja komponen resep berdasarkan fungsinya?

    Komponen Resep Menurut Fungsi

  • Remidium Cardinal : adalah obat yang berkhasiat utama.
  • Remidium Ajuvans : adalah obat yang menunjang bekerjanya bahan obat utama.
  • Corringens : adalah zat tambahan ysng digunsksn untuk memperbaiki warna, rasa, dan bau.
  • Apa itu remedium Adjuvans?

    - Remedium adjuvans, yaitu bahan yang membantu kerja obat pokok. Adjuvans tidak mutlak harus ada dalam tiap resep. - Corrigens, hanya kalau diperlukan untuk memperbaiki rasa, warna atau bau obat (corrigens saporis, coloris dan odoris).

    Baca Juga :  Coklat Campur Biru Jadi Warna Apa

    Siapa saja yang boleh menulis resep obat?

    Secara hukum, hanya dokter umum, dokter spesialis, dan dokter gigi yang berwenang untuk menulis resep.

    Apakah perbedaan resep dan copy resep?

    Resep dari dokter harus disimpan oleh apoteker. Copy resep atau salinan resep adalah salinan yang dibuat apoteker dimana obat berdasarkan resep asli dari dokter.

    Mengapa di dalam resep narkotika tidak boleh ada tulisan iter?

    Salinan resep dari narkotika dengan tulisan “iter” tidak boleh dilayani sama sekali. Oleh karena itu dokter tidak boleh menambahkan tulisan “iter” pada resep yang mengandung narkotika.

    Namun, terdapat komponen resep yang wajib tercantum, yaitu : 1. Nama dokter, nomor Surat Izin Praktik (SIP), alamat, nomor telepon; 2. Tanggal penulisan resep; 3. Tanda R/ pada bagian kiri setiap penulisan sediaan, nama obat atau komposisi obat (invocatio), dan aturan pakai obat, serta paraf dokter; 4. Nama pasien,

    Kopi resep atau resep hanya boleh diperlihatkan kepada dokter penulis resep, penderita yang bersangkutan, petugas kesehatan, atau petugas lain yang berwenang menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *