Apa Itu Personifikasi

Jelaskan apa itu majas metafora?

Metafora

Metafora berasal dari bahasa Yunani yang berarti memindahkan. Majas metafora digunakan untuk membantu penulis menggambarkan hal-hal dengan jelas, dengan cara mengkomparasikan suatu hal dengan hal lainnya yang memiliki ciri-ciri dan sifat yang sama.

Apa yang dimaksud dengan majas sinekdoke dan berikan contohnya?

Majas sinekdoke adalah gaya bahasa yang menggunakan sebagian dari suatu hal untuk menyatakan semua bagian tersebut (pas pro toto) atau justru menggunakan semua bagian untuk menyatakan sebagian hal tersebut (totum pro parte/ totem pro parte).

Apa itu majas personifikasi brainly?

Jawaban: Majas personifikasi adalah majas yang membadingkan suatu benda, seolah-olah benda tersebut mempunyai nyawa dan dapat melakukan hal² yang dilakukan oleh manusia. Contohnya: Ombak berkejaran dengan ikan.

Apa artinya kalimat bermajas?

Kalimat bermajas adalah kalimat yang menggunakan majas yaitu gaya penulisan yang membandingkan satu obyek dengan obyek lain karena dianggap memiliki kesamaan.

Apa fungsi dari majas personifikasi?

Fungsi Majas Personifikasi

Majs personifikasi berfungsi untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai situasi yang dilukiskan dan memberikan bayangan angan “citraan” yang konkret. Penggunaan majas personifikasi banyak ditemukan dalam banyak jenis karya sastra, misalnya cerpen, puisi, lagu dan lain-lain.

Jelaskan apa itu majas personifikasi dan buat 1 contoh kalimatnya?

Menurut Rachmat Djoko Pradopo dalam Pengkajian Puisi (1990), majas personifikasi mempersamakan benda dengan manusia. Benda-benda mati dibuat dapat berbuat, berpikir, dan sebagainya seperti manusia. Berikut contoh majas personifikasi: Pasir berbisik tertiup angin di padang gurun.

Sinekdoke adalah majas di mana satu bagian dari suatu benda sudah merepresentasikan benda tersebut. Contoh, “a wheel” dapat berarti “a car”. Contoh di atas adalah contoh kalimat metafora.

Baca Juga :  Apa Yang Dimaksud Dengan Gagasan Pendukung

Kalimat bermajas adalah kalimat yang menggunakan majas yaitu gaya penulisan yang membandingkan satu obyek dengan obyek lain karena dianggap memiliki kesamaan.


Leave a Reply 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *