Apa Itu Penyakit Ebola

Dari mana asal nya virus Ebola?

Virus ebola pertama kali diidentifikasi pada tahun 1976 di dua tempat secara simultan yakni di Yambuku, sebuah desa tidak jauh dari sungai ebola di Republik Demokratik Kongo dan di Nzara, Sudan Selatan.

virus Ebola menyerang sel Apa?

Ebola adalah penyakit mematikan yang menyerang sistem imun seseorang dan organ lainnya, terutama sel pembeku darah. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan menyebabkan perdarahan yang serius pada seluruh organ tubuh.

Apa yang dimaksud dengan Ebola?

Ebola adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dan dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Penyakit ini pertama kali ditemukan di Afrika pada 1976. Virus Ebola sendiri awalnya hidup pada tubuh hewan, kemudian menjangkiti manusia melalui darah hewan yang sudah terkontaminasi virus.

Apakah upaya yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit Ebola?

  • Hindari kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh (seperti urine, feses, ludah, keringat, muntahan, air susu, air mani, dan cairan vagina) orang yang sedang sakit.
  • Hindari menyentuh benda yang mungkin dipakai oleh orang yang terinfeksi, seperti baju, tempat tidur, jarum suntik, atau peralatan medis.
  • Apa gejala yang terjadi jika terkena virus Ebola?

    Gejala awal Ebola adalah demam, sakit kepala, menggigil, nyeri otot dan sendi, serta tubuh terasa lemah. Gejala awal ini muncul dalam 2-21 hari setelah kontak dengan penderita. Seiring waktu, gejala yang dirasakan akan semakin parah, meliputi: Muncul ruam kulit.

    Mengapa virus Ebola sangat mematikan?

    Salah satu alasan virus ebola sangat mematikan adalah karena virus tersebut mengganggu kemampuan sistem kekebalan sebagai pertahanan tubuh.

    Berapa korban virus Ebola?

    Penjelasan. Hingga 29 Oktober 2014, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan telah terjadi sebanyak 13.567 kasus Ebola dan 4.922 kematian, meskipun WHO yakin bahwa angka ini tidaklah pasti, dengan jumlah tepatnya diduga tiga kali lebih tinggi dari kasus yang telah dilaporkan.

    Baca Juga :  Berapa Minggu Orang Hamil

    Jika terinfeksi virus Zika Bagaimanakah penanganan yang paling tepat?

    Infeksi virus Zika pada umumnya tidak memerlukan penanganan khusus. Dokter hanya akan meresepkan paracetamol untuk meredakan keluhan sakit kepala dan demam. Pasien juga akan disarankan untuk istirahat yang cukup dan banyak minum air putih guna mencegah dehidrasi.

    Bagaimana cara virus Ebola berkembang biak?

    Penyakit ini pertama kali ditemukan pada 1976 di Sudan dan Kongo. Ebola hidup dalam tubuh kelelawar kemudian menyebar ke hewan lain dan menjangkiti manusia melalui darah saat manusia membersihkan darah dari hewan perburuan yang telah terkontaminasi.

    Virus Ebola menyerang sistem kekebalan tubuh

    Setelah terinfeksi, virus Ebola menyebar dan berkembang biak dengan sangat cepat. Ini menyebabkan perdarahan di berbagai bagian di tubuh, mengakibatkan kegagalan banyak organ.

  • Hindari kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh (seperti urine, feses, ludah, keringat, muntahan, air susu, air mani, dan cairan vagina) orang yang sedang sakit.
  • Hindari menyentuh benda yang mungkin dipakai oleh orang yang terinfeksi, seperti baju, tempat tidur, jarum suntik, atau peralatan medis.

  • Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *