Apa Itu Imunisasi Hpv

Untuk apa vaksin HPV?

Vaksin HPV adalah vaksin yang digunakan untuk mencegah infeksi human papillomavirus (HPV). Di Indonesia, vaksin HPV dapat diberikan kepada perempuan usia 9–55 tahun dan laki-laki usia 19–26 tahun.

Amankah vaksin HPV?
Sejak 2006, pemantauan dan penelitian vaksin HPV yang terus dilakukan oleh CDC, FDA dan organisasi kesehatan lainnya, telah mengonfirmasi bahwa vaksin ini memiliki catatan keamanan yang sangat baik tanpa bukti bahwa hal itu menyebabkan masalah reproduksi pada wanita.

vaksin HPV umur berapa?

Waktu yang Tepat untuk Mendapatkan Vaksin HPV

Oleh karena itu, pemberian vaksin lebih awal penting dilakukan untuk melindungi tubuh dari infeksi HPV. Vaksin HPV dapat diberikan kepada anak-anak, baik perempuan maupun laki-laki. Usia yang tepat untuk menerima vaksin ini adalah 10–13 tahun.

Perlukah vaksin HPV sebelum menikah?

Untuk para pasangan yang ingin menikah, sebaiknya penting melakukan vaksin HPV sebelum menikah sebagai tindakan pencegahan terhadap kanker serviks dan penyakit terkait HPV.

Berapa lama vaksin HPV bertahan dalam tubuh?

HPV (Human Papiloma Virus)

Ini ideal bagi anak perempuan dan laki-laki untuk menerima vaksin sebelum mereka memiliki kontak seksual dan terkena HPV. Vaksin HPV bisa diulang setiap 5 sampai 8 tahun sekali.

Berapa jenis vaksin HPV di Indonesia?

Ada tiga jenis vaksin berdasarkan jumlah dan jenis virus HPV yang dapat dicegah, yaitu: Vaksin HPV kuadrivalen (Gardasil), untuk HPV tipe 6, 11, 16, dan 18. Vaksin 9-valent (Gardasil 9), untuk tipe HPV yang sama dengan vaksin kuadrivalen (6, 11, 16, dan 18) serta tipe 31, 33, 45, 52, dan 58.

Apakah di puskesmas ada vaksin HPV?

"Kalau vaksin HPV memang belum bisa dilakukan di Puskesmas karena harganya agak mahal, tapi kalau deteksi dini berupa Pap smear dan IVA sudah bisa dilakukan di Puskesmas," ujar dr Sigit Purbadi, SpOG (K), dokter spesaialis obstetri dan ginekologi FKUI/RSCM.

Baca Juga :  Setelah Ovulasi Apa Yang Terjadi

Bagaimana cara vaksin HPV?

Prosedur Pemberian Vaksin HPV

Vaksin HPV akan diberikan melalui suntikan ke dalam otot (injeksi intramuskular), biasanya pada lengan bagian atas. Selain di lengan atas, dokter juga dapat melakukan penyuntikan vaksin HPV di paha bagian atas. Vaksin HPV akan diberikan sebanyak 0,5 ml dalam sekali suntik.

Bisakah vaksin HPV setelah menikah?

Menanggapi pertanyaan tersebut, dr Diana mengungkapkan bahwa vaksin HPV sebenarnya masih bisa diberikan pada mereka yang sudah menikah dan aktif secara seksual.

Bolehkah vaksin HPV tanpa Pap Smear?

Sebaliknya, apabila Anda sudah mendaptkan vaksin HPV, Anda juga perlu melakukan pap smear. Jenis vaksin yg mengandung 4 type virus pun, tidak melindungi semua jenis HPV penyebab kanker serviks, sehingga perempuan yang sudah divaksin tetap memerlukan pap smear.

Apakah BPJS menanggung biaya vaksin HPV?

"BPJS tidak menanggung vaksin, dia hanya mengobati yang sudah sakit. Tapi, kami berharap BPJS dapat menanggung dan menjadi seperti syarat penting untuk masyarakat supaya dapat wajib vaksin HPV," tuturnya. Vaksin HPV diberikan kepada perempuan berusia 9-13 tahun untuk tahap satu dan dua.

Apakah vaksin HPV sama dengan vaksin kanker serviks?

Oleh karena itu, setiap wanita perlu tahu cara mencegah kanker serviks, yaitu vaksin. Vaksin HPV adalah vaksin pencegah kanker serviks.

Sebelum menikah apa harus suntik?

Halodoc, Jakarta - Saat ini, suntik tetanus merupakan salah satu syarat yang perlu dilakukan oleh pasangan yang akan menikah, terutama calon pengantin wanita.

Biaya vaksin pranikah di puskesmas?

Vaksin TT (Tetanus-Toksoid)

Pemberian vaksin TT dilakukan saat 6 bulan sebelum menikah atau 1 bulan sebelum pernikahan dilakukan. Vaksin TT ini harganya cukup murah, karena bisa didapat di puskesmas dengan biaya hanya Rp10.000- Rp20.000 saja.

Baca Juga :  Kenapa Mata Bayi Berair Terus

Berapa Biaya Vaksinasi HPV? Biaya untuk melakukan vaksinasi HPV bervariasi, tergantung rumah sakit mana yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya vaksinasi HPV dapat dimulai dari Rp.750.000 hingga lebih dari 1.300.000 per kali suntik.

Untuk para pasangan yang ingin menikah, sebaiknya penting melakukan vaksin HPV sebelum menikah sebagai tindakan pencegahan terhadap kanker serviks dan penyakit terkait HPV.

About tissa

Check Also

Jadi Mengapa Diare Dapat Sangat Berbahaya

Mengapa diare sangat berbahaya jelaskan? Kenapa diare bisa sebabkan kematian? Saat diare, tubuh akan kehilangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *