Apa Itu Hemofilia

Apa yang dimaksud dengan hemofilia?

Hemofilia adalah kelainan pembekuan darah yang diturunkan ibu ke anak laki-laki. Faktor-faktor pembekuan darah di dalam plasma darah dilambangkan dengan angka romawi, contoh: Faktor VIII: Faktor Delapan dan Faktor IX: Faktor Sembilan.

Hemofilia terjadi pada sel darah apa?

Tes darah dilakukan untuk mengetahui jumlah sel darah secara lengkap. Walaupun hemofilia tidak memengaruhi sel darah merah secara langsung, perdarahan yang berlangsung lama bisanya akan menyebabkan seseorang mengalami kekurangan sel darah merah dan hemoglobin (anemia).

Hemofilia disebabkan oleh apa?

Penyebab utama hemofilia merupakan masalah pada gen, alias mutasi genetik yag membuat tubuh tak cukup memiliki faktor pembekuan tertentu. Untaian DNA atau sebutan lainnya adalah kromosom merupakan suatu rangkaian instruksi lengkap yang mengendalikan produksi berbagai faktor.

Apakah penderita hemofilia bisa disembuhkan?

Halodoc, Jakarta – Hemofilia adalah kelainan pendarahan bawaan di mana darah tidak dapat membeku dengan baik. Kondisi ini menyebabkan perdarahan spontan serta perdarahan yang tidak berhenti saat cidera atau operasi.

Penyakit hemofilia menular apa tidak?

Penyakit hemofilia bukan termasuk penyakit menular, melainkan kelainan yang diturunkan dari orangtua pembawa sifat hemofilia.

Hemofilia adalah suatu penyakit dimana darah sukar membeku penyakit ini terdapat pada?

Halodoc, Jakarta – Darah yang sulit membeku dikenal dengan istilah hemofilia. Darah akan membeku ketika terjadi luka atau cedera agar kamu tidak mengeluarkan darah dalam jumlah banyak. Pada pengidap hemofilia, darah sulit untuk membeku dengan sendirinya.

Bagaimanakah genotip wanita hemofilia?

Genotipe hemofilia pada perempuan: HH atau XHXH = normal (homozigot dominan) Hh atau XHXh = normal carrier/pembawa sifat (heterozigot).

Apa yang harus diwaspadai pada penderita hemofilia?

Gejala Hemofilia berat yang perlu diwaspadai adalah pendarahan di dalam tengkorak kepala atau pendarahan intrakranial. Gejala pendarahan intrakranial antara lain leher kaku, muntah, terlihat linglung, kesulitan bicara, penglihatan ganda, lumpuh pada sebagian atau seluruh otot wajah.

Baca Juga :  200cc Berapa Gelas

Apakah perempuan bisa terkena hemofilia?

Berbeda dengan laki-laki yang mendapatkan penyakit Hemofilia karena genetik atau keturunan, maka wanita penyandang hemofilia mendapatkan penyakit ini dikarenakan adanya mutasi gen yang terjadi saat dia dewasa. Hemofilia ada tingkatannya yaitu ringan, sedang dan berat.

Bagaimana cara menghentikan pendarahan pada penderita hemofilia?

  • Ambil es batu dan bungkus dengan kain handuk.
  • Kompres bagian yang terluka dengan meletakkan bungkusan es pada daerah memar selama 30 menit atau lebih sampai pendarahan berhenti.
  • Hindari meletakkan es langsung di kulit.
  • Jelaskan apa yang dimaksud hemofilia A dan B?

    Hemofilia adalah kelainan genetik pada darah yang disebabkan adanya kekurangan faktor pembekuan darah. Hemofilia A timbul jika ada kelainan pada gen yang menyebabkan kurangnya faktor pembekuan VIII (FVII). Sedangkan, hemofilia B disebabkan kurangnya faktor pembekuan IX (FIX).

    Mengapa tidak ada perempuan dewasa yg menderita hemofilia?

    Ketika kromosom X pada wanita hilang, wanita masih memiliki satu gen kromosom X untuk proses pembekuan darah. Berbeda dengan pria, ketika kromosom X pada gennya menghilang, hal ini menyebabkan faktor pembekuan darah juga ikut menghilang. Inilah sebabnya, para pria rentan mengalami kondisi hemofilia dibandingkan wanita.

    Apa komplikasi jangka panjang bagi penderita hemofilia?

    Bahaya atau komplikasi lain dari penyakit hemofilia yang patut diwaspadai adalah kerusakan pada tulang dan sendi. Kondisi ini biasanya terjadi di jaringan penghubung otot (sinovium) dan tulang-tulang rawan. Di dalam sinovium terdapat pembuluh darah, sehingga bagian tersebut rentan mengalami perdarahan (hemarthrosis).

    Mengapa penderita hemofilia tidak boleh terluka?

    Namun tahukah Anda, bagi penderita hemofilia, jatuh merupakan suatu pantangan, apalagi sampai luka terbuka akan berakibat fatal bagi mereka, hal ini disebabkan karena darah yang keluar akan sulit berhenti. Jangankan luka, benturan pun bisa menimbulkan memar yang berlebihan.

    Apa nama obat hemofilia?

    Obat hemofilia A

    Pengobatan pencegahan untuk hemofilia A tingkat berat menggunakan obat bernama octocog alfa. Obat tersebut adalah konsentrat pengganti faktor pembekuan VIII. Pada pengidap hemofilia A, tubuh kekurangan faktor pembekuan darah tersebut akibat mutasi genetik pada gen F8.

    Baca Juga :  Lapar Adalah

    Apakah hemofilia bisa menyebabkan kematian?

    Namun dikhawatirkan, justru jika tidak diobati secara rutin, Hemofilia berpotensi tinggi menyebabkan kematian penderitanya.

    Penyakit sistem peredaran darah dimana darah sukar?

    Salah satu penyakit yang mengganggu sistem peredaran darah adalah penyakit hemofilia. Penyakit ini juga sering disebut penyakit darah sukar membeku dimana salah satu protein pembekuan darah tidak ada atau dalam jumlah yang sedikit.

    Kelainan dimana seseorang darahnya tidak dapat atau sulit membeku jika terkena luka di sebut *?

    Dilansir dari Encyclopedia Britannica, kelainan karena darah tidak dapat membeku disebut hemofilia.

    Bagaimana genotip wanita carrier?

    Hemofili merupakan penyakit menurun yang terpaut pada kromosom X dengan gen resesif. Adapun pada pria hemofili tidak menyebabkan letal (kematian).

    Apa yang dimaksud dengan genotip dan fenotip?

    Berdasarkan contoh soal di atas, dapat dipahami bahwa genotipe adalah salah satu sifat yang dipakai dalam menyatakan keadaan genetik dari suatu individu atau kumpulan populasi yang merujuk pada keadaan genetik. Sedangkan fenotipe adalah sifat yang muncul dan tampak akibat pengkodean gen dalam genotipe.

    Laki-laki penderita hemofilia menikah dengan wanita normal?

    ). Laki-laki hemofilia menikah dengan perempuan normal heterozigot. Perbandingan hasil anak yang diperoleh yaitu perempuan normal carier : laki-laki normal : perempuan hemofilia : laki-laki hemofilia = 1 : 1 : 1 : 1. Akan tetapi wanita hemofilia akan mengalami kematian sebelum lahir karena letal.

    Mengapa tidak ada penderita hemofilia perempuan brainly?

    tidak ada perempuan yang terkena penyakit hemofilia terbukti karena perempuan setiap bulannya mengalami menstruasi secara rutin. namun, perempuan yang terjangkit hemofilia biasanya meninggal ketika masih kecil karena kedua kromosomnya (XX) rusak semua. sedangkan sifat pembekuan darah dibawa oleh kromosom X.

    Bagaimana cara menghentikan pendarahan?

  • Mencuci tangan.
  • Membersihkan luka.
  • Memberikan tekanan pada luka.
  • Memposisikan luka hingga berada di atas jantung.
  • Mengoleskan salep.
  • Jangan selalu tutup luka.
  • Buka pakaian maupun kain yang menutupi luka.
  • 2. Segera hentikan pendarahan.
  • Baca Juga :  Dinding Warna Pink Cocok Dengan Warna Apa

    Bagaimana cara pengobatan pendarahan pada sendi secara medis?

  • Mengistirahatkan sendi.
  • Kompres dingin sendi.
  • Memposisikan tungkai lebih tinggi.
  • Aspirasi cairan didalan sendi.
  • Jika menyebabkab kerusakan sendi maka mungkin diperlukan tindakan operasi.
  • Apakah penyakit hemofilia dan thalasemia dapat dicegah?

    Karena itu, kedua kondisi ini belum bisa juga dicegah 100% kemunculannya. Yang jelas, risiko Anda mengalami hemofilia dan thalasemia akan meningkat jika ada kerabat dekat Anda yang juga mengalami penyakit serupa.

    Hemofilia B Faktor berapa?

    Berbeda dengan tipe A, hemofilia tipe B disebabkan karena tubuh kekurangan faktor pembeku darah IX. Umumnya, gangguan ini diturunkan oleh sang ibu, tetapi juga dapat terjadi disebabkan oleh perubahan atau mutasi pada gen sebelum bayi tersebut dilahirkan.

    Apa itu penyakit Christmas?

    Hemofilia adalah penyakit yang terdiri dari beberapa jenis, yaitu A, B, dan C. Yang membedakan masing-masing jenis hemofilia adalah tipe faktor pembekuan mana yang berkurang dari tubuh. Penyakit yang juga disebut dengan Christmas disease ini adalah penyakit genetik alias keturunan.

    Apakah terdapat laki-laki carrier dan perempuan hemofilia dalam peta silsilah tersebut Jelaskan jawabanmu?

    Pada pedigree di soal, tidak terdapat laki-laki carrier dan perempuan hemofilia. Hal ini dikarenakan hemofilia merupakan salah satu penyakit yang dipengaruhi oleh faktor genetik dan terpaut pada kromosom seks X. Secara genetik, susunan kromosom pada perempuan adalah XX, sedangkan kromosom pada pria adalah XY.

    Saat terjadi luka ringan kebanyakan penderita hemofilia bisa mengalami perdarahan yang tak kunjung berhenti. Apa Itu Hemofilia? Hemofilia adalah penyakit kelainan perdarahan yang diturunkan di mana darah tidak menggumpal dengan baik.

    Halodoc, Jakarta – Hemofilia adalah kelainan pendarahan bawaan di mana darah tidak dapat membeku dengan baik. Kondisi ini menyebabkan perdarahan spontan serta perdarahan yang tidak berhenti saat cidera atau operasi.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *