Apa Itu Gel

Apakah yg dimaksud dengan gel?

Gel umumnya merupakan suatu sediaan semipadat yang jernih, tembus cahaya dan mengandung zat aktif, merupakan dispersi koloid mempunyai kekuatan yang disebabkan oleh jaringan yang saling berikatan pada fase terdispersi (Ansel, 1989).

Apakah Jelly termasuk benda cair?

Penampilan gel seperti zat padat yang lunak dan kenyal (seperti jelly), namun pada rentang suhu tertentu dapat berperilaku seperti fluida (mengalir). Berdasarkan berat, kebanyakan gel seharusnya tergolong zat cair, namun mereka juga memiliki sifat seperti benda padat.

Apa yang dimaksud dengan gel dan contohnya?

Gel (dari bahasa Latin gelu — membeku, dingin, es atau gelatus — membeku) adalah campuran koloidal antara dua zat berbeda fase: padat dan cair. Berdasarkan berat, kebanyakan gel seharusnya tergolong zat cair, tetapi mereka juga memiliki sifat seperti benda padat. Contoh gel adalah gelatin, agar-agar, dan gel rambut.

Apa saja basis gel?

Senyawa basis atau gelling agent dibutuhkan dalam formulasi gel sebagai bahan pembentuk gel dalam sediaan. Terdapat berbagai macam jenis, diantaranya adalah tragakan, Na CMC, karbopol, HPMC.

Apa yang dimaksud dengan sol gel?

Sol-gel merupakan suatu istilah yang umum digunakan untuk menggambarkan preparasi material keramik melalui beberapa tahapan yang meliputi pembuatan sol, gelasi sol, dan penghilangan fasa cair.

Apa yang dimaksud dengan sol dan gel?

Sol adalah koloid dengan fase terdispersi zat padat dan medium pendispersi zat cair atau zat padat. Bila zat cair dan zat padat dicampur pada konsentrasi yang tepat maka zat cair yang ada dapat terserap oleh zat padatnya. Peristiwa tersebut dinamakan gelasi dan zat yang terbentuk dinamakan gel.

Bagaimana cara penyimpanan gel?

Sediaan topikal seperti salep, krim atau, gel harus disimpan di tempat yang dingin dengan wadah tertutup agar zat yang terkandung tidak mudah rusak maupun hilang karena udara. Sediaan jenis ini juga harus selalu terlindung dari suhu tinggi dan sinar matahari langsung.

Apakah pasir termasuk benda padat?

Ciri-ciri benda : pasir merupakan benda padat, memiliki bentuk tetap dan tidak dapat berubah-ubah.

Apa itu sineresis pada gel?

Sineresis, proses yang terjadi akibat adanya kontraksi di dalam massa gel. Cairan yang terjerat di dalamnya akan keluar dan berada di permukaan gel. Terjadinya kontraksi berhubungan dengan fase relaksasi akibat adanya tekanan elastik saat pembentukan gel.

Baca Juga :  Golongan Darah Ayah B Ibu B Anak Apa

Apakah kelebihan gel dibandingkan dengan sediaan krim?

Dari hasil pengukuran konsistensi ketiga sediaan, gel memberikan hasil tertinggi dibandingkan krim dan salep. Hal ini menunjukkan bahwa sediaan gel konsistensinya lebih kecil dan lebih mudah menyebar dibandingkan krim dan salep.

Apa yang dimaksud dengan gel fase tunggal?

Gel fase tunggal terdiri dari makromolekul organik yang tersebar merata dalam suatu cairan sedemikian hingga tidak terlihat adanya ikatan antara molekul makro yang terdispersi dan cairan.

Berapa kisaran pH optimum untuk menghasilkan gel yang baik?

Angka yang ditunjukkan pH meter merupakan harga pH sediaan [5]. pH sediaan basis gel harus sesuai dengan pH kulit yaitu 4,5-6,5 [6]. Range pH normal kulit yaitu 5,0-6,8 [7].

Apa fungsi propilen glikol?

Propilen glikol memiliki banyak fungsi selain sebagai humektan juga berfungsi sebagai desinfektan, pengawet, plasticizer, pelarut, kosolven dan stabilizer sehingga banyak digunakan pada gel berbasis air atau hidrogel (Damayanti, 2016).

Apa yang dimaksud dengan koloid emulsi dan gel?

Emulsi padat (gel) ialah koloid dengan zat fase cair terdispersi dalam zat fase padat. Hal ini berarti zat terdispersi fase cair dan medium fase padat. Contoh: mentega, keju, jeli, dan mutiara.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan sol berikan 2 contoh?

Sol adalah sistem koloid yang terbentuk dari fasa terdispersi yang berupa padat dan fasa pendispersinya yaitu berupa cair. Contoh sol yaitu sol emas, cat dan tinta. Buih yaitu sistem koloid yang terbentuk dari fasa terdispersi yang berupa gas dan fasa pendispersi yang berupa cair.

Apakah koloid dapat menghamburkan cahaya?

Pada saat larutan disinari dengan cahaya, larutan tersebut tidak akan menghamburkan cahaya. Sedangkan pada sistem koloid, cahaya akan dihamburkan. Hal itu terjadi karena partikel-partikel koloid mempunyai partikel-partikel yang relatif besar untuk dapat menghamburkan sinar tersebut.

Kenapa obat harus disimpan?

Penyimpanan obat yang tepat sangat penting untuk menjaga efektifitas obat. Umumnya obat harus disimpan ditempat sejuk dan kering. Beberapa obat memerlukan penyimpanan dengan suhu khusus seperti di lemari es atau bahkan freezer. Tidak semua obat perlu diletakkan pada lemari es.

Apakah fungsi HPMC dalam formulasi gel?

HPMC berfungsi sebagai gelling agent yang merupakan bahan pembentuk gel. Propilen glikol berfungsi sebagai humektan yang akan menjaga kestabilan sediaan dengan cara mengabsorbsi lembab dari lingkungan dan mengurangi penguapan air dari sediaan.

Baca Juga :  Apa Kabar Bahasa Belanda

Bagaimana cara penyimpanan obat di apotek?

Penyimpanan

Obat disimpan dalam wadah asli dari pabrik (jika obat dipindahkan ke wadah lain, harus dicegah agar tidak terkontaminasi dan ditulis informasi yang jelas), wadah obat juga harus memuat nomor batch dan tanggal kedaluwarsa.

Mengapa Pasir dikatakan benda padat?

Jawaban: Pasir : merupakan benda padat, memiliki bentuk tetap dan tidak dapat berubah-ubah. Benda padat ada yang keras dan lunak, contoh benda padat yang keras: besi dan kerikil.

Bagaimana bentuk dan wujud benda padat?

Benda padat adalah bentuk wujud benda yang memiliki wujud padat dengan massa dan menempati sebuah ruang atau berada pada volume tertentu. Benda padat juga memiliki daya tarik antara molekul yang sangat kuat sehingga bentuk benda padat ini bisa memiliki volume yang tetap dengan kerapatan molekul yang besar.

Apa itu aliran Pseudoplastis?

Pseudoplastic Pseudoplastis adalah suatu model pendekatan fluida Non-Newtonian dimana viscositasnya cendrung menurun tetapi shear stress dari fluida ini akan semakin Hambatan gesek aliran, Didik Setiawan, FT UI, 2008 Page 3 meningkat.contoh fluida ini adalah vinil acetate/vinylpyrrolidone co-polymer ( PVP/PA).

Kenapa terjadi sineresis?

Sineresis dapat terjadi akibat pengekerutan gel dan mengakibatkan bahan pangan melepaskan air (Kuncari et al., 2014). Proses pembentukkan gel disebabkan oleh adanya pemanasan yang lebih tinggi daripada suhu pembentukkan gel, sehingga terjadi perubahan polimer menjadi gulungan acak.

Apa perbedaan sediaan krim dan gel?

Bentuk sediaan salep, krim dan gel mempunyai perbedaan dalam kandungan fase minyak dan fase air. Gel kandungan utamanya air, krim merupakan emulsi minyak dan air, sedang salep hampir seluruhnya fase minyak.

Kenapa sediaan gel paling banyak diminati dibandingkan dengan sediaan salep?

Sediaan gel banyak diminati industri obat dan kosmetik karena memiliki keunggulan dibandingkan sediaan yang lain yaitu penyebaran yang baik di kulit, adanya efek dingin ketika diaplikasikan di kulit, pelepasan obat yang baik, serta mudah dicuci.

Apa perbedaan gel dan krim?

Pelembap krim umumnya memiliki formula yang kental dan cenderung berat. Di sisi lain, pelembap bertekstur gel pada dasarnya hanya terbuat dari air dengan sedikit zat pembentuk gel yang ditambahkan untuk melengkapi formula. Akibatnya, gel tidak memiliki tekstur yang kaya, layaknya pelembap bertekstur krim.

Baca Juga :  Pendapat Abraham Lincoln Tentang Demokrasi

Apa maksud dari gel hidroksida?

Magnesium hidroksida merupakan senyawa aktif yang penggunaannya ditujukan untuk mengatasi gangguan yang disebabkan oleh produksi asam lambung meningkat.

Sediaan semi solid apa saja?

  • Salep. Salep adalah sediaan setengah padat yang ditujukan untuk pemakaian topikal pada kulit atau selaput lendir.
  • Krim. Krim adalah bentuk sediaan setengah padat, berupa emulsi mengandung air tidak kurang dari 60% dan dimaksudkan untuk pemakaian luar (FI III).
  • Gel.
  • Pasta.
  • Apa itu sediaan pasta?

    Pasta merupakan sediaan semisolid yang terdiri dari 50% bahan padat, sehingga memiliki keuntungan dapat mengikat cairan eksudat, daya lekatnya lebih kuat dari sediaan salep dan dapat memberikan lapisan tipis (film) untuk melindungi kulit atau jaringan di bawahnya(7).

    Jelaskan apakah tujuan dilakukannya pengujian viskositas?

    Uji viskositas dilakukan untuk mengetahui kekentalan dari gel. Gel yang tidak terlalu cair maupun tidak terlalu kental merupakan ciri gel yang baik. Hasil penelitian menunjukkan pada F2, F3, F4, dan F5 memiliki viskositas gel yang baik.

    Apa itu uji daya lekat?

    Uji daya lekat yaitu kemampuan gel melekat pada kulit saat digunakan. Gel yang baik memiliki daya lekat yang tinggi. Semakin tinggi daya lekat dinyatakan semakin baik untuk sediaan gel.

    Apakah tujuan dilakukan pengujian daya proteksi?

    e. Uji Daya Proteksi Pengujian daya proteksi dilakukan untuk mengetahui kemampuan sediaan melindungi kulit dari pengaruh luar, dalam hal ini yang digunakan sebagai parameter adalah cairan yang bersifat basa. Kurva TEA dan asam stearat terhadap daya proteksi dapat dilihat pada gambar 5.

    Keuntungan lain sediaan gel antara lain mudah merata apabila dioleskan pada kulit, memberikan sensasi dingin, dan tidak menimbulkan bekas di kulit (Yulia dkk., 2012). Pada formulasi sediaan gel, komponen gelling agent merupakan faktor kritis yang dapat mempengaruhi sifat fisik gel yang dihasilkan.

    Senyawa basis atau gelling agent dibutuhkan dalam formulasi gel sebagai bahan pembentuk gel dalam sediaan. Terdapat berbagai macam jenis, diantaranya adalah tragakan, Na CMC, karbopol, HPMC.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *