Apa Hak Indonesia Di Wilayah Zona Ekonomi Eksklusif

Apa hak Indonesia atas Zona Ekonomi Eksklusif?

Secara yuridis, sesuai dengan ketentuan Pasal 56 UNCLOS 1982, Indonesia memiliki hak berdaulat di ZEE untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi, serta pengelolaan sumber daya alam, termasuk kewenangan hukum yang berhubungan dengan pembuatan dan penggunaan pulau buatan, instalasi dan bangunan lainnya, penelitian ilmiah

Hak apa yang dimiliki oleh negara Indonesia dari wilayah laut teritorial?

Di laut teritorial, negara mempunyai hak kedaulatan penuh, tetapi menyediakan jalur pelayaran lalu lintas damai, baik di atas maupun di bawah laut. Negara lain dapat berlayar di wilayah laut teritorial atas izin dari pemerintah Indonesia.

Apa hak Indonesia di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif brainly?

Hak berdaulat Indonesia, lanjutnya, ada pada Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan Landas Kontinen. ZEE adalah kawasan yang berjarak 200 mil dari pulau terluar. Di kawasan ZEE ini, Indonesia berhak untuk memanfaatkan segala potensi sumber daya alam yang ada, termasuk ikan.

Bagaimana status hukum di Zona Ekonomi Eksklusif?

Zona Ekonomi Eksklusif adalah zona yang luasnya 200 mil laut dari garis dasar pantai, yang mana dalam zona tersebut sebuah negara pantai mempunyai hak atas kekayaan alam di dalamnya, dan berhak menggunakan kebijakan hukumnya, kebebasan bernavigasi, terbang di atasnya, ataupun melakukan penanaman kabel dan pipa.

Berapa mil zona ekonomi eksklusif yang kita miliki jelaskan?

ZEE adalah zona yang luasnya sejauh 200 mil laut dari garis pantai suatu negara, yang mana dalam zona tersebut sebuah negara pantai mempunyai hak atas kekayaan alam di dalamnya.

Apa yang dimaksud dengan laut teritorial?

Yang dimaksud dengan“laut teritorial” adalah jalur laut selebar 12 (dua belas) mil laut yang diukur dari garis pangkal Kepulauan Indonesia. Yang dimaksud dengan “zona tambahan” adalah zona yang lebarnya tidak melebihi 24 (dua puluh empat) mil laut yang diukur dari garis pangkal dari mana lebar laut teritorial diukur.

Baca Juga :  Berapa Gram Dalam 1 Kg

Apa yang dimaksud dengan batas laut teritorial?

Pengertian laut teritorial adalah wilayah kedaulatan yang dimiliki oleh sebuah negara baik itu dari bagian pantai yang jadi daratannya hingga perairan pedalamannya. Khusus Indonesia yang memiliki wilayah laut sangat luas, maka laut teritorial juga termasuk jalur laut.

Apakah wilayah laut itu bebas?

Laut bebas adalah perairan yang tidak termasuk ZEE, laut teritorial, perairan kepulauan, dan perairan pedalaman. Semua negara bisa menikmati kebebasan di wilayah ini kecuali hak berdaulat negara pantai. International Sea-bed Area-The Area diatur dalam UNCLOS 1982 BAB XI.

Apa manfaat dari adanya batas zona ekonomi eksklusif?

Manfaat dari adanya batas Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) :

Supaya negara asing atau negara lain tidak memanfatkan atau mengambil sumber daya alam yang ada diwilayah tersebut. Menambah luas dari wilayah laut yang dimiliki oleh suatu negara pantai. Membantu dalam memelihara dan mempertegas batas wilayah dari suatu negara.

Zona Ekonomi Eksklusif diatur dalam pasal berapa?

Berhubung dengan hal-hal tersebut, perlu ditetapkan undang-undang sebagai landasan bagi pelaksanaan hak berdaulat, hak-hak lain, yurisdiksi, dan kewajiban-kewajiban Republik Indonesia di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia. - Dasar hukum undang-undang ini adalah : Pasal 5 ayat (1), Pasal 11, Pasal 20 ayat.

Apa sajakah kegiatan yang diperbolehkan dilangsungkan di ZEE?

Yang dapat dilakukan suatu negara dalam batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) adalah:

  • Melakukan eksploitasi dan konservasi sumber daya alam;
  • Melakukan penelitian dan pelestarian lingkungan hidup laut;
  • Melakukan penegakan hukum;
  • Melarang negara asing melakukan pengambilan kekayaan sumber daya alam di wilayah ZEE.
  • Singkatan dari apakah unclos dan apa maknanya?

    Ini adalah singkatan dari United Nations Convention on The Law of the Sea (UNCLOS), yang sering disebut Konvensi PBB tentang Hukum Laut.

    Baca Juga :  30 Berapa Cm

    Menurut Pasal 87 Konvensi PBB tentang Hukum Laut Kebebasan Kebebasan tersebut meliputi apa saja?

    Kebebasan-kebebasan negara di laut lepas adalah kebebasan sesuai pasal 87, yaitu kebebasan berlayar (navigation), penerbangan, memasang kabel dan pipa bawah laut, kebebasan membangun pulau buatan dan instalasi lainya, kebebasan menangkap ikan, dan kebebasan untuk melakukan riset ilmiah.

    Apa yang dimaksud dengan laut teritorial dan kemukakan pengaturannya?

    Perairan teritorial atau laut teritorial, adalah wilayah perairan pesisir yang membentang sejauh 12 mil laut (22,2 km atau 13,8 mil darat) dari garis dasar pantai wilayah darat suatu negara (biasanya diukur pada garis pantai saat surut air laut), sebagaimana didefinisikan oleh Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa

    Bagaimana cara penentuan batas wilayah laut suatu negara?

    Batas laut teritorial ditentukan bahwa setiap negara berhak menetapkan lebar dari laut teritorialnya sampai ke batas 12 mil laut dari garis pangkal pantai (coastal baseline). Dasar yang dipakai untuk mengukur laut teritorial adalah garis pangkal yang biasanya dimulai dari garis pasang surut sepanjang pantai.

    Bagaimana jika ditemukan dua negara yang wilayahnya terlalu dekat dan mempunyai wilayah laut pada batas landas kontinen?

    Jika ada dua negara yang wilayahnya terlalu dekat dan memiliki wilayah laut pada batas landas kontinen yang sama, maka jarak antarpantai kedua negara diukur dan dibagi menjadi dua. Hal semacam ini terjadi di kawasan Selat Malaka yang berada di antara Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

    Wilayah laut Indonesia berbatasan dengan 10 negara apa saja?

    Indonesia sebagai negara kepulauan, perairannya berbatasan langsung dengan 10 negara, yaitu : India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Philipina, Papua Nugini, Palau, Timor Leste dan Australia.

    Baca Juga :  Apa Yang Dimaksud Dengan Hidrologi

    Penetapan ZEE pada wilayah Indonesia terjadi pada masa siapa?

    Mengingat pentingnya laut, pada 21 Maret 1980 Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan pengumuman tentang Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

    Apa saja yang dilarang saat PPKM?

    Kegiatan yang dilarang untuk dilakukan selama masa PPKM diberlakukan:

  • Kegiatan Belajar Mengajar Tatap Muka Dibatasi.
  • 2. Aktivitas Perkantoran Dibatasi.
  • Kegiatan Sosial, Peribadatan, dan Fasilitas Umum Dibatasi.
  • Pengguna Mobil Pribadi Dilarang Berkendara Tanpa Menggunakan Masker.
  • Apa saja yang dilarang untuk dilakukan saat diberlakukannya PPKM?

    Menurut Muhadjir, kegiatan yang dilarang selama PPKM level 3 saat libur Hari Raya Natal 2021 dan tahun baru 2022 adalah:

  • Perayaan pesta kembang api.
  • Pawai.
  • Arak-arakan.
  • Dan kegiatan lain yang mengumpulkan kerumunan besar.
  • Apa saja larangan PPKM?

    Berikut rincian yang diterapkan saat PPKM Level 3 selama libur Nataru:

  • Dilarang melakukan pesta kembang api, pawai, arak-arakan yang mengumpulkan kerumunan besar.
  • Dilarang pulang kampung dengan tujuan yang tidak primer.
  • Dilarang bepergian selama Natal dan Tahun Baru.
  • Negara pantai dapat, dalam melaksanakan hak berdaulatnya untuk melakukan eksplorasi, eksploitasi, konservasi dan pengelolaan sumber kekayaan hayati di zona ekonomi eksklusif mengambil tindakan demikian, termasuk menaiki kapal, memeriksa, menangkap dan melakukan proses peradilan, sebagaimana diperlukan untuk menjamin

    Zona Ekonomi Eksklusif adalah zona yang luasnya 200 mil laut dari garis dasar pantai, yang mana dalam zona tersebut sebuah negara pantai mempunyai hak atas kekayaan alam di dalamnya, dan berhak menggunakan kebijakan hukumnya, kebebasan bernavigasi, terbang di atasnya, ataupun melakukan penanaman kabel dan pipa.


    Leave a Reply 0

    Your email address will not be published. Required fields are marked *